Comscore Tracker

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lho

Bisa dicoba dimanapun kamu berada

Stres merupakan reaksi yang muncul ketika kita dilanda banyak masalah ataupun tekanan. Stres yang tidak disalurkan dengan benar bisa menjadi masalah baru hingga penyakit serius. Oleh sebab itu penting untuk kita mengetahui mengelola rasa stres agar tidak menganggu kegiatan sehari-hari.

Kalau kamu gak punya banyak waktu untuk berolahraga, coba lakukan lima cara sederhana di bawah ini untuk meredakan stres. 

1. Duduk tegak

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lhopixabay.com/users/Pexels

Duduk tegak bisa menimbulkan banyak dampak positif dibanding posisi duduk membungkuk. Duduk dengan posisi tegak secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri, menangkal kecemasan, dan meredakan stres. 

2. Refleksi diri dan sering bersyukur

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lhopexels.com/i-love-simple-beyond

Bahkan hal sederhana ini bisa menjadi terapi yang bisa meredakan stres. Yap, orang-orang yang merasa bersyukur akan tidur lebih nyenyak, merasa bahagia dan memiliki banyak energi. Kamu bisa melakukan refleksi diri dan daftar hal-hal yang baru yang bisa kalian syukuri keberadaannya. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Stres yang Jarang Terpikirkan, Coba deh!

3. Berjalan di ruang hijau

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lhopexels.com/minan1398

Ruangan tertutup yang sekalipun memiliki sistem ventilasi yang baik pun akan menyebabkan rasa kurang nyaman dibanding ruang hijau terbuka. Berjalanlah di taman untuk meredakan pikiran rumit yang bersarang di kepala kalian. Cara sederhana tadi bisa menenangkan pikiran sebab menurunkan aktivitas wilayah otak yang terkait dengan depresi. 

4. Take a nap

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lhopexels.com/kha-ruxury

Beristirahat di saat pikiran berantakan bukan hal yang salah untuk dilakukan. Ini bukan alibi lari dari masalah, melainkan sebuah kondisi dimana tubuh kita juga butuh jeda untuk bisa kembali segar secara maksimal.

Di saat stres, berpikir secara jernih akan sulit untuk dilakukan. Berbeda halnya ketika kita mengistirahatkan tubuh untuk tidur sebentar. Setelah tidur pikiran dan tubuh akan kembali segar seolah kembali terisi energi penuh. 

5. Mengonsumsi buah dan sayuran hijau

Gak Mesti Olahraga, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Meredakan Stres Lhopexels.com/iamtrangdoan

Konsumsi junk food sering kali jadi ajang pelampiasan rasa stres. Padahal jelas makanan cepat saji tidak memiliki kandungan gizi sebagus buah maupun sayuran yang bisa menetralisir rasa stres dengan sendirinya.

Junk food bisa menimbulkan obesitas karena pola makan yang cenderung tak beraturan saat stres, erbeda dengan sayur atau buah yang bisa memberi asupan mineral, antikoksidan, serta vitamin yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. 

Jangan lupa untuk mempraktikkan cara sederhana tadi saat kamu merasa kurang nyaman dengan berbagai tuntutan yang ada. Tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Khasiat Daun Kucai Selain Anti Kanker, Bisa Redakan Stres

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You