Comscore Tracker

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lho

Wajib banget kamu hindari nih biar aman dan selalu sehat!

Zaman sekarang bukan cuma teknologi yang semakin modern dan canggih, tapi penyebaran penyakit juga berkembang pesat. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan cepat saji, merokok, dan malas berolahraga yang membuat penyakit akan semakin mudah menyerang tubuh.

Jenis penyakit yang muncul juga gak main-main, umumnya penyakit serius seperti obesitas, kanker dan stroke mudah tercipta dari gaya hidup yang berantakan. Sering dianggap enak dan gemar dikonsumsi para millennials, gak disangka beberapa makanan di bawah ini ternyata bisa memicu penyakit kanker nih. Kamu sudah tahu belum?

1. Soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Ben Kolde

Soda bersifat asam dan itu bisa menyerap nutrisi dari makanan lain yang kita konsumsi secara bersamaan. Soda juga minuman yang dipenuhi dengan pemanis buatan, pewarna, serta bahan kimia lain. Kandungan yang ada di dalam soda tidak baik untuk tubuh namun sangat disukai sel kanker.

2. Gula halus

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Debby Hudson

Sirup jagung fruktosa tinggi (High-fructose corn syrup atau HFCS) dan gula olahan lainnya merupakan salah satu penyebab tertinggi kanker. Gula halus dan makanan yang dibuat menggunakannya dapat memicu peningkatan insulin secara drastis. Bukan hanya itu gula halus juga memberi makan pertumbuhan sel kanker.

Fakta yang meresahkan ini awalnya ditemukan pada tahun 1931 oleh Otto Warburg, peraih Nobel dalam bidang kedokteran. Warburg menemukan bahwa untuk berkembang biak, sel-sel kanker tumbuh subur pada pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung fruktosa tinggi dalam gula halus.

3. Daging olahan dan daging merah

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Alex Guillaume

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of BMC Medicine, para peneliti menulis bahwa garam dan bahan kimia yang berlebihan yang digunakan untuk membuat daging olahan berbahaya bagi kesehatan. Dilakukan pengujian pada efek dari konsumsi daging olahan dan daging merah terhadap resiko kanker dan kematian.

Partisipan yang yang makan 160 gram atau lebih daging olahan ternyata memiliki peningkatkan risiko kematian dini sebanyak 44 persen dalam 12 tahun, berbeda dengan mereka yang makan 20 gram atau kurang.

Dan ketika mengkonsumsi per100 gram daging merah setiap hari, risiko kanker kolorektal dapat meningkat sebesar 17%. Kanker kolorektal sendiri merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon).

Baca Juga: Sering Gak Sadar, 5 Makanan Gurih Ini Ternyata Pemicu Kanker Payudara

4. Makanan asin

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Emmy Smith

Makanan asin pada umumnya mengandung bahan pengawet, seperti nitrat yang berfungsi agar makanan bisa awet dan bertahan lebih lama. Namun sayangnya kandungan racun seperti itu bisa menyebabkan kerusakan pada sel dan menyebabkan penyakit kanker.

Bahkan pada makanan asin yang dimasak dengan suhu tinggi, nitrat akan berubah menjadi nitrit dan jauh lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh.

5. Susu

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Vera Cho

Meskipun kalsium sangat bagus untuk kekuatan tulang, para ahli menemukan hubungan antara asupan kalsium tinggi dan perkembangan kanker prostat. Karena produk susu yang kaya kalsium dapat menurunkan jumlah D3 1,25-dihydroxyvitamin, yang merupakan hormon yang secara aktif melindungi pria terhadap sel kanker prostat,.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Epidemiologi di Harvard School of Public Health, telah ditemukan hubungan yang jelas antara konsumsi tinggi produk susu dan kalsium dengan perkembangan kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dengan tingkat konsumsi susu tertinggi lebih mungkin mengembangkan kanker prostat daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

6. Makanan kaleng

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhoyouthvillage.co.zw

Hampir semua makanan kaleng dibuat dengan bahan kimia yang disebut bisphenol-A, atau BPA. Menurut Breast Cancer Fund paparan yang sangat kecil terhadap BPA saja bisa meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme, dan diabetes tipe-2.

Khususnya pada tomat kaleng, karena tomat memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan BPA larut dari lapisan kaleng ke dalam buah. Bahaya banget kan?

7. Alkohol

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Yutacar

Penyalahgunaan alkohol juga termasuk sebagai penyebab utama kanker. Meskipun di sisi lain ada kebenaran yang menyatakan bahwa alkohol dalam jumlah sedang atau rendah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, namun terlalu banyak mengkonsumsinya dapat menyebabkan gagal jantung, stroke dan kanker.

Dalam sebuah meta-studi, para ahli yang bekerja di WHO menyimpulkan bahwa konsumsi  alkohol yang berlebihan adalah penyebab utama kanker mulut, kerongkongan, hati, usus besar, mulut, rektum dan payudara wanita. 

8. Makanan tinggi lemak jenuh

Gak Nyangka! 8 Makanan Ini Ternyata Dapat Memicu Penyakit Kanker Lhounsplash.com/Fancycrave

Sebuah analis pada tahun 2015 yang melibatkan 52 studi dan diterbitkan dalam jurnal Medicine melaporkan bahwa wanita paska menopause dengan asupan lemak jenuh tertinggi memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi sebesar lebih dari 30 persen dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit. 

Supaya kita terhindar dari penyakit serius yang bisa berujung pada kematian seperti kanker, rubah pola makan jadi lebih sehat dan aman. Sayang banget kan jika masa muda kalian terganggu karena penyakit yang timbul akibat pola makan yang buruk?

Baca Juga: Hargai Diri dan Lakukan 7 Hal ini untuk Membangun Healthy Self-Esteem

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You