Comscore Tracker

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinya

Siang hari mengantuk, malam hari malah segar...

Seperti yang kita tahu, pandemi COVID-19 yang melanda dunia mengubah hidup semua orang. Bagaimana tidak, banyak sekali pola kehidupan yang berubah, mulai dari metode bekerja, sekolah, hingga pola tidur sekalipun. Ya, banyak orang yang merasa stres dan cemas berlebihan akibat virus corona sehingga menyebabkan dirinya kesulitan tidur.

Dengan demikian, dunia terasa terbalik ketika kamu baru bisa tidur di pagi hari alih-alih malam hari. Pola tidur yang berantakan seperti itu pun bisa membuatmu jadi lebih tidak produktif. Untuk itu, simak beberapa cara memperbaiki pola tidur yang berantakan gara-gara pandemi virus corona!

1. Singkirkan hp jauh-jauh

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara MemperbaikinyaPexels/mikoto.raw

Melansir CNN, kamu harus menyingkirkan hp sejauh mungkin apabila ingin kembali tidur normal di malam hari. Pasalnya, di masa pandemi COVID-19 ini, banyak sekali orang yang lebih terikat dengan hp-nya masing-masing. Mereka jadi lebih rutin mengecek berita, menghubungi teman melalui media sosial, serta bermain game.

Menurut pelatih tidur yang juga co-founder dari The Slumber Yard Matthew Ross, melakukan kontak dengan hp terus-menerus di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Selama hp mu masih bisa terjangkau oleh tangan, pikiranmu akan terus cemas karena ingin sekali buka hp untuk memeriksa berita seputar COVID-19. Praktis, kamu harus tegas untuk menyingkirkan hp ketika sudah masuk jam tidur.

2. Lakukan peregangan sebelum tidur

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyapexels.com/Pixabay

Selain itu, Ross juga merekomendasikan kamu untuk melakukan beberapa latihan peregangan ringan sekitar 15 hingga 30 menit sebelum pergi tidur. Selama masa pandemi ini, sering kali otot kamu menjadi tegang dan kencang karena stres. Maka dari itu dibutuhkan peregangan sebelum tidur.

Ketika kamu sudah melakukannya, otot akan mengendur. Kondisi ini membuat tubuhmu menjadi lebih santai sehingga nyaman untuk dibawa tidur.

3. Gunakan penutup mata

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyasourcing4u.co.uk

Penutup mata atau masker mata juga bisa membantumu tidur di malam hari. Penutup ini akan membuat matamu menjadi gelap, dan banyak pengguna penutup mata yang bersumpah kalau mereka jadi lebih mudah tidur apabila menggunakan penutup mata. 

Tidak hanya itu, Jason Piper selaku pendiri Build Better Sleep juga mengatakan kalau kamu bisa mematikan lampu ruangan untuk menambah kegelapan. Dengan tidur yang berkualitas, niscaya kamu bisa mengatasi stres, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan mood selama wabah virus corona.

Baca Juga: Tak Hanya Insomnia, 7 Gangguan Tidur Ini Bisa Dialami Selama Karantina

4. Buat suasana hening

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyapexels.com/Pixabay

Lingkungan tidur yang tenang adalah suatu keharusan untuk istirahat malam yang baik, demikian dilaporkan oleh Healthline. Otak kamu akan terus memproses suara, bahkan saat kamu tidur sebentar. Suara keras bisa mengganggu dan membuat kamu sulit untuk tertidur di malam hari.

Untuk menghilangkan suara keras, jauhkan televisi dari kamar tidur dan matikan sebelum tidur. Selain itu, pastikan untuk mematikan hp atau gunakan mode silent supaya tidak ada lagi notification dari pacar atau gebetan.

5. Jangan telat makan

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyapexels.com/Pixabay

Makan malam yang terlambat dapat membuat kesulitan tidur, jadi makanlah dua hingga tiga jam sebelum tidur. Kebiasaan ini akan memberi tubuh kamu cukup waktu untuk mencerna makanan. Makan malam di waktu yang sama setiap hari juga akan membuat tubuhmu terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Meski demikian, memilih makanan yang akan dimakan di malam hari juga merupakan sesuatu yang penting. Makanan berat dan berlemak tinggi dapat mengganggu tidur karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

6. Jangan minum kopi

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyapexels.com/Vlada Karpovich

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi. Sebagai stimulan, kafein membutuhkan waktu beberapa jam, jadi minumlah cangkir terakhir kamu sebelum sore hari tiba. Jadi, yang terbiasa minum kopi di malam hari, jangan harap bisa tidur cepat ya.

7. Buat suasana tidur senyaman mungkin

Tidur Berantakan Selama Pandemik COVID-19? Simak 7 Cara Memperbaikinyacloudymoody.com

Tempat tidur yang nyaman adalah lingkungan tidur terbaik untuk istirahat malam yang nyenyak. Kasur dan bantal tua dapat menyebabkan sakit dan nyeri, membuatmu sulit untuk mendapatkan kualitas tidur. Secara umum, para ahli menyarankan untuk mengganti kasurmu setiap 10 tahun dan bantal setiap dua tahun.

Tidak hanya kasur dan bantal, suasana kamar seperti pencahayaannya juga perlu kamu perhatikan. Selain itu, pastikan nyalakan AC supaya suhu kamar jadi dingin untuk membantumu tidur di malam hari.

Itulah beberapa tip memperbaiki pola tidur yang berantakan selama pandemi COVID-19. Apakah kamu termasuk orang-orang yang jam tidurnya terganggu juga?

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: 7 Masalah Tidur Umum Ini Ternyata Indikasi Gangguan Kesehatan Serius

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya