Comscore Tracker

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinya

Memang belum ada obatnya sih, tapi tetap bisa disembuhkan

Bipolar disorder atau gangguan bipolar merupakan penyakit mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan ekstrem. Dengan mengidap penyakit ini, biasanya orang menjadi kesulitan untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari, terutama di sekolah atau di kantor.

Lebih-lebih, hingga saat ini obat khusus untuk para penderita gangguan bipolar masih belum ditemukan. Namun, tidak perlu khawatir. Pasalnya, banyak jenis perawatan yang bisa kamu lakukan untuk merawat para penderita bipolar. Jika kamu atau orang terdekat kamu adalah penderita bipolar, simak beberapa cara untuk mengurangi gejala gangguan bipolar ini.

1. Merubah gaya hidup

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyacbsnews.com

Menurut Healthline, Ada beberapa cara yang berkaitan dengan gaya hidup kamu untuk mengurangi gangguan bipolar. Salah satu contohnya adalah makan dan tidur. Meskipun penderita bipolar relatif kesulitan untuk makan dan tidur, kamu harus memaksakan diri agar tetap rutin untuk makan dan tidur.


Selain itu, kamu juga harus belajar untuk mengenali perubahan suasana hati yang bisa berubah secara tiba-tiba. Kemudian, tinggalkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk kamu seperti mengonsumsi minuman keras dan merokok. Maka dari itu, mintalah teman atau saudara kamu untuk mendukung rencana perawatan yang kamu pilih ini.

2. Melakukan terapi perilaku kognitif

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyacolleearnold.com

Maksud dari terapi ini adalah terapi bicara. Jadi, kamu harus sering-sering menemui terapis kamu untuk berbicara mengenai cara mengelola gangguan bipolar yang kamu miliki.

Dengan demikian, sang terapis bisa membantu kamu memahami pola berpikir dan suasana hati kamu. Oleh karena itu, berbagai strategi perawatan bipolar bisa kamu dapat dari terapi perilaku kognitif.

3. Konsumsi obat-obatan

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara MengatasinyaCNBC

Gangguan bipolar memang belum ditemukan obat khususnya. Namun, kamu bisa mencoba berbagai obat ini setidaknya untuk mengurangi gejala gangguan bipolar yang kamu miliki. Contohnya adalah seperti Lithobid sebagai penstabil suasana hati.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba Zyprexa sebagai antipsikotik, Symbyax sebagai antidepresan sekaligus antipsikotik, hingga Xanax sebagai obat anti kecemasan. Bagaimanapun juga, jangan lupa untuk mendiskusikan ini dengan dokter kamu sebelum benar-benar mulai mengonsumsinya.

Baca Juga: 7 Fakta & Mitos Tentang Gangguan Bipolar yang Harus Kamu Tahu

4. Melakukan terapi ritme sosial dan interpersonal

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyapicdn.net

Terapi ini berfokus pada mengatur dan mengelola kegiatan sehari-hari kamu. Yang pasti, apa-apa saja yang kamu lakukan setiap harinya terkontrol, mulai dari tidur, makan, serta olahraga.

Pasalnya, terapi ini dilakukan untuk menyeimbangkan kegiatan-kegiatan dasar sehari-hari kamu. Rupanya, sekadar menyeimbangkan kegiatan kamu sehari-hari saja sudah berkontribusi terhadap perawatan gangguan bipolar kamu.

5. Perawatan harus secara berkelanjutan

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyahuffingtonpost.com

Dilansir dari Mayo Clinic, para penderita gangguan bipolar harus dirawat secara berkelanjutan seumur hidupnya. Sebab, jika kamu tidak dirawat secara berkelanjutan, maka penyakit yang kamu alami ini akan semakin parah hingga ke level mania. Salah satu hal yang tidak boleh terlewat adalah obat, meskipun kamu sudah merasa lebih baik kamu harus tetap minum obat.

6. Dukungan keluarga

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyatavistockrelationships.org

Mintalah dukungan dari orang terdekat kamu seperti keluarga sendiri. Sebab, dukungan keluarga menjadi salah satu terapi perawatan yang efektif bagi para penderita bipolar. Apalagi mereka adalah orang-orang yang selalu berada di dekat kamu untuk berkomunikasi, membantu, serta memperingatkan tanda-tanda perubahan suasana hati kamu.

7. Rawat inap

Kamu Penderita Bipolar? Jangan Putus Asa, Ini 7 Cara Mengatasinyawisegeek.com

Ini adalah cara terakhir jika gangguan bipolar yang kamu miliki mulai memberikan dampak-dampak berbahaya, seperti ingin bunuh diri. Kalau sudah seperti ini, maka dokter akan merekomendasikan rawat inap agar kamu mendapatkan perawatan psikiatris di rumah sakit. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih tenang dan aman untuk menstabilkan suasana hati kamu.

Nah, itu dia beberapa perawatan yang bisa kamu terapkan untuk diri kamu atau penderita bipolar lainnya. Jangan pernah putus asa ya, sebab semua pasti ada solusinya, termasuk gangguan bipolar sekalipun.

Baca Juga: 11 Hal yang Diinginkan Penderita Gangguan Bipolar untuk Kamu Ketahui

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You