Comscore Tracker

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salah

Rupanya keringat keluar karena punya alasan lain loh...

Berolahraga memang menjadi salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan oleh manusia untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuhnya. Bahkan, tak jarang banyak orang yang berolahraga dengan keras agar manfaatnya terasa, salah satu tolak ukurnya adalah dari seberapa banyak keringat yang keluar.

Sayangnya, jika kamu berpikiran bahwa ada kaitan antara seberapa keras kamu berolahraga dengan jumlah keringat yang keluar, maka kamu salah. Sebab, keringat keluar karena ada alasan lain, meskipun memang ada yang keluar karena berolahraga. Mau tahu apa itu? Simak ulasannya.

1. Suhu tubuh meningkat

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahmuscleandfitness.com

Banyak penelitian terkini melaporkan kalau kamu berolahraga, maka suhu tubuh kamu akan cepat meningkat, apalagi jika cuacanya sedang dalam kondisi panas. Maka dari itu keringat bisa keluar banyak karena harus membantu kulit kamu tetap dingin. Ketika keringat keluar, mereka akan menguap dan membuat kulit kamu jadi lembap lagi.

2. Banyak keluar di ketiak atau selangkangan itu wajar

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahsweatblock.com

Seperti kita tahu, keringat itu berasal dari kelenjar apokrin dan ekrin. Nah, jika kamu merasa saat berolahraga keringat kamu banyak yang keluar di daerah ketiak atau selangkangan, itu adalah keringat apokrin.

Jadi, wajar kalau kamu merasa berkeringat sekali setelah berolahraga. Jangankan berolahraga, panas-panasan saja ketiak kamu pasti sering basah.

3. Berat badan juga jadi alasan

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahwallstreetotc.com

Semakin berat seseorang, maka peluang banyaknya keringat yang keluar juga besar. Apalagi kalau sedang dalam kondisi berolahraga di mana kebanyakan orang gemuk ingin membakar kalori dan lemak yang menumpuk. Selain itu, tubuh orang berbadan berat itu juga lebih panas loh.

Baca Juga: 8 Bagian Tubuh Ini Gak Disangka Adalah Produsen Keringat Terbesarmu

4. Orang yang bugar lebih sering berkeringat

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahhealthncure.org

Jika kamu adalah orang yang konsisten dalam berolahraga, selamat, maka kamu memiliki sistem pengatur panas tubuh yang lebih efisien dibandingkan orang yang malas berolahraga. Dengan demikian, tak usah kaget kalau kamu lebih sering dan cepat berkeringat daripada orang lain. Itu pertanda bahwa tanpa berolahraga keras pun kamu akan tetap cepat berkeringat.

5. Bukan kalori yang terbakar, tapi air

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahweightlossresources.co

Jangan pernah berharap secara sembarangan ketika keringat yang keluar dari tubuh kamu banyak, kemudian kamu akan jadi cepat kurus karenanya. Tidak, tidak, itu hanyalah air yang berada dalam tubuhmu, bukan kalori yang terbakar. Bagaimanapun juga, meskipun mayoritas yang terbakar adalah air, kamu tetap membakar sedikit kalori karena telah berolahraga.

6. Jangan takut useless kalau keringat yang keluar sedikit

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahmojomultiplier.com

Meskipun olahraga tidak ada kaitannya dengan seberapa keringat yang keluar, namun jangan takut sia-sia kalau olahraga yang kamu lakukan hanya menghasilkan sedikit keringat. Pasalnya, itu bukan berarti olahraga kamu useless, tapi ada alasan lain. Contohnya adalah seperti keringat kamu dapat menguap dengan cepat, atau karena tempat berolahraga kamu itu ber AC, atau berada dekat kipas angin, atau cuaca saat itu sedang sejuk.

7. Detak jantung dan tekanan darah juga berkontribusi

Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salahwoman.thenest.com

Ketika sedang berolahraga, tekanan darah dan detak jantung kamu akan meningkat, demikian dilansir dari Greatist. Praktis, hal tersebut dapat menyebabkan kamu jadi mengeluarkan keringat lebih banyak. Apalagi kalau jenis olahraga yang kamu lakukan seperti mengangkat beban, maka kamu bakal banyak banget mengeluarkan keringat.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu jangan kepedean dulu kalau keluar banyak keringat pertanda olahraga kamu sukses. Sebab, yang paling penting adalah kamu harus terus konsisten dalam berolahraga, niscaya dampaknya akan terasa.

Baca Juga: 9 Fungsi Keringat Bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orang

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya