Comscore Tracker

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!

Susu itu udah mencakup banyak banget nutrisi

Jakarta, IDN Times - Dewasa ini, banyak orang khususnya anak muda yang memiliki aktivitas padat sehari-hari, baik itu untuk kuliah maupun bekerja. Terlebih, hal ini juga tidak lepas dari penggunaan transportasi umum yang mereka pilih, seperti KRL yang membuat mereka harus berjalan kaki ke stasiun hingga berlari mengejar jadwal keberangkatan kereta. Praktis, energi mereka terus terkuras dengan jadwal seperti itu setiap harinya. 

Jika kamu memiliki aktivitas yang padat seperti itu, pastinya kamu juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup sehari-hari. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang aware akan kebutuhan tersebut karena mengaku tidak sempat untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki nutrisi tinggi di pagi hari. Padahal, tanpa disadari kamu bisa mendapatkan nutrisi yang tinggi dan simple hanya dari meminum susu saja. 

Dengan demikian, susu menjadi hal yang sangat krusial bagi kamu yang memiliki aktivitas padat. Mau tahu khasiatnya dan kenapa susu bisa sangat penting buat kamu? Baca sampai habis ya!

1. Susu punya semua nutrisi yang kamu butuhkan

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!thoughtco.com

Seorang dokter gizi yang juga sekaligus motivator bernama Diana F. Suganda mengungkapkan bahwa laki-laki berusia 19-29 tahun membutuhkan energi sebesar 2.725 kalori per harinya. Sementara itu, energi yang dibutuhkan wanita per harinya sebesar 2.250 kalori. Tidak hanya itu, orang-orang yang punya tingkat aktivitas tinggi juga membutuhkan nutrisi lain seperti protein, lemak, karbohidrat, hingga serat.

Untuk itu, Diana memperingatkan untuk tetap menjaga kebutuhan nutrisi tersebut dengan meminum susu yang jelas-jelas kaya akan nutrisi. Menurutnya, kalau tidak terpenuhi, kamu tidak akan bisa fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Contoh paling gampang yang sering ia temukan adalah orang-orang yang kurang asupan nutrisi tidak mampu berkonsentrasi dalam setiap meeting.

2. Susu lebih baik daripada jus

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!sempersismamedikal.com

Usut punya usut, rupanya susu lebih baik daripada jus buah soal kandungan nutrisi. Bukan tanpa sebab, susu memang mengandung banyak protein, kalori, lemak, vitamin, serta karbohidrat. Jadi, kalau kamu minum susu walaupun segelas saja, semua kebutuhan kamu sudah terpenuhi, walaupun normalnya kamu membutuhkan 2 gelas susu dalam sehari.

Di lain sisi, jus buah yang kebanyakan orang anggap sebagai minuman sehat masih kalah dari susu. Hal ini tak lepas dari kandungan karbohidrat dan protein yang sangat sedikit di dalam jus sehingga tidak bisa dijadikan tumpuan buat kamu memenuhi nutrisi setiap hari.

3. Kalau sedang buru-buru, pastikan tetap minum susu

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Kalau kamu bukan tipe orang yang biasa sarapan ataupun sedang terburu-buru karena telat, pastikan tetap memenuhi asupan nutrisi kamu dengan minum segelas susu. Apalagi kini banyak produk susu yang tersedia dalam bentuk kotak dan botol yang sudah siap minum seperti Nutriboost, Ultra Milk, atau Frisian Flag sehingga membuat kamu mudah meminumnya. Yakin sesak-sesakan, berdiri di KRL tanpa energi yang cukup? 

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Kopi Setiap Hari, Cegah Kanker dan Bikin Panjang Umur 

4. Artis seperti Refal Hady pun mengaku selalu minum susu

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Bukan hanya pejuang KRL atau transportasi umum saja yang punya tingkat mobilitas tinggi, melainkan juga artis yang sering bermain dalam berbagai film seperti Refal Hady. Pasalnya, Refal juga menyatakan kalau dia membutuhkan asupan nutrisi tinggi karena setiap harinya harus shooting film, menghadiri acara, hingga berpindah-pindah lokasi.

Maka dari itu dia memilih susu untuk memenuhi nutrisinya. Sebelum berangkat ke lokasi shooting, Refal mengutarakan kalau dia selalu menyempatkan minum susu yang kaya akan protein, zat besi, dan mineral.

5. Susu telur madu juga bisa jadi pilihan

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!youtube.com

Sebelum memulai hari, bukan hanya susu kemasan seperti Nutriboost saja yang bagus untuk nutrisi, melainkan juga susu telur madu. Kepada IDN Times, Refal mengungkapkan kalau sebelum dia dijemput pukul setengah 5 pagi, dia selalu disediakan susu telur madu oleh ibunya sebagai tambahan energi. Refal berpesan untuk menggunakan telur ayam kampung apabila ingin mendapatkan khasiat yang super.

Jika terlambat, dia memilih untuk membawa susu telur madu tersebut sebagai bekal saja untuk dikonsumsi pada siang hari. Yang pasti, Refal selalu mempersiapkan susu yang punya nutrisi seimbang karena harus berpindah-pindah lokasi yang membuatnya cukup lelah.

6. Jangan sampai kelebihan susu

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!hygeia-analytics.com

Meskipun sehat, tapi segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dokter Diana pun memperingatkan para anak muda untuk tidak mengonsumsi susu secara berlebihan.

Kalau bisa, jangan sampai minum susu lebih dari 400ml setiap harinya. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka karbohidrat yang masuk ke tubuh justru akan berubah menjadi lemak.

Bagaimana itu bisa terjadi? Di dalam tubuh, kamu juga memiliki storage khusus karbohidrat. Berhubung susu juga mengandung karbohidrat, maka kamu tidak boleh meminumnya secara berlebihan karena nanti tempat penyimpanan karbohidratnya akan kepenuhan. Dari situ lah lemak tercipta sehingga membuat badan kamu membengkak.

7. Banyak orang memilih minum susu di luar daripada di dalam rumah

Kamu Perlu Minum Susu jika Aktif Bergerak, Pejuang KRL dan Busway nih!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Berdasarkan survei, Senior Brand Manager-Dairy, PT Coca-Cola Indonesia, Hans Kristian Kusuma, menjelaskan kalau sekarang para pejuang KRL atau orang-orang yang punya tingkat aktivitas padat lebih memilih minum susu di luar rumah. Padahal, pada tahun 2017, jumlah orang yang minum susu di dalam rumah setara dengan yang di luar. Namun, hasil riset tahun lalu mengatakan kalau itu sudah berubah sehingga susu kemasan lebih dibutuhkan daripada susu bubuk.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu tahu seputar pentingnya susu bagi tubuh kamu. Kalau tidak cukup nutrisi, bagaimana bisa kamu punya cukup energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari yang padatnya bukan main?

Baca Juga: 7 Khasiat Luo Han Guo, Manfaat Sehatnya Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya