Comscore Tracker

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!

Suplemen ini manfaatnya banyak banget

Seperti yang kita tahu, kolagen adalah protein yang paling melimpah di tubuh manusia. Kolagen merupakan komponen utama dari jaringan yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit, dan otot. Tidak hanya itu, protein ini juga memiliki banyak fungsi penting pada kulit dan mampu menguatkan tulang.

Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen kolagen telah menjadi populer. Bagaimana tidak, dengan dijadikan suplemen maka kamu bisa mendapatkan kolagen yang mudah diserap. Kesehatan yang ditawarkan oleh suplemen kolagen pun tidak main-main, mulai dari menghilangkan nyeri sendi hingga meningkatkan kesehatan kulit.

Kesengsem dengan beragam kesehatan yang ditawarkan oleh suplemen kolagen? Berikut ini 7 manfaat dari suplemen kolagen untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!freepik.com

Suplemen kolagen memainkan peran dalam memperkuat kulit sekaligus dapat menjaga elastisitas dan hidrasi, demikian dilaporkan oleh Healthline. Seiring bertambahnya usia, tubuh kamu memproduksi lebih sedikit kolagen sehingga menyebabkan kulit kering dan  keriput. Untuk itulah suplemen kolagen dibutuhkan karena mereka merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen.

Menurut beberapa penelitian, peptida atau suplemen kolagen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan kekeringan. Orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5-5 gram kolagen selama 8 minggu mendapati hasil berupa kulit kering lebih sedikit dan peningkatan elastisitas kulit yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

Selain itu, ada juga banyak klaim yang mengatakan kalau suplemen kolagen membantu mencegah jerawat dan kondisi kulit lainnya. Sayangnya pengakuan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah.

2. Meredakan nyeri sendi

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!milehighspine.com

Kolagen turut membantu menjaga integritas tulang rawan kamu, yaitu jaringan seperti karet yang melindungi persendian. Ketika jumlah kolagen dalam tubuh kamu berkurang seiring bertambahnya usia, risiko mengalami gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis meningkat. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan. Mereka yang mengonsumsi kolagen mengalami pengurangan nyeri sendi yang signifikan dan lebih mampu melakukan aktivitas fisik daripada mereka yang tidak menggunakannya.

3. Mencegah tulang keropos

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!pexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Sebagian besar tulang kamu terbuat dari kolagen yang memberi mereka struktur dan membantu membuatnya kuat. Melansir Medical News Today, ketika seseorang menua dan produksi kolagen melambat, tulang bisa menjadi lebih lemah karena orang tersebut kehilangan kolagen yang diperlukan untuk menjaga tulang kuat.

Hal ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan berhubungan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen mungkin memiliki efek tertentu dalam tubuh yang membantu menghambat pengeroposan tulang yang mengarah pada osteoporosis. 

Baca Juga: 7 Penyebab Kulit Ketiak Kerap Gatal dan Menghitam, agar Tahu Solusinya

4. Meningkatkan massa otot

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!giphy.com

Sekitar 1–10 persen jaringan otot tersusun dari kolagen. Protein ini diperlukan untuk menjaga otot kamu kuat dan berfungsi dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarkopenia, sebuah kondisi di mana hilangnya massa otot yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Para peneliti telah menyarankan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine, serta merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga. 

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!amazonaws.com

Para peneliti berteori bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko terkait jantung. Kolagen memberikan struktur ke arteri kamu yang merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuhmu. Tanpa kolagen yang cukup, arteri dapat menjadi lemah dan rapuh.

Hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke. Meski demikian masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk kolagen yang diklaim bisa menyehatkan jantung.

6. Kesehatan rambut dan kuku

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!capitalfm.com

Mengonsumsi kolagen dapat meningkatkan kekuatan kuku kamu dengan mencegah kerapuhan. Selain itu, suplemen kolagen dapat menstimulasi rambut dan kuku kamu untuk tumbuh lebih panjang dan pastinya sehat.

7. Efek samping

Bagus untuk Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!Ilustrasi suplemen atau obat. (IDN Times/Ita Malau)

Saat ini, tidak banyak risiko yang diketahui terkait mengonsumsi suplemen kolagen. Namun, beberapa suplemen kolagen ada yang terbuat dari makanan seperti ikan, kerang, dan telur. Orang yang alergi terhadap makanan ini harus menghindari suplemen kolagen yang dibuat dengan bahan-bahan ini untuk mencegah reaksi alergi.

Selain itu, suplemen kolagen berpotensi menyebabkan efek samping pencernaan, seperti perasaan kenyang berlebih dan mulas. Kendati begitu, suplemen ini aman bagi kebanyakan orang dan para petugas kesehatan pun sering merekomendasikan ini.

Itulah 7 manfaat dari suplemen kolagen untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Yakin, masih mau mengabaikan ini? Dapatkan Suplemen Kolagen di Lazada dan gunakan kode promo Lazada untuk diskon tambahan.

Baca Juga: 11 Kondisi Kulit yang Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Ketahui Macamnya

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya