Comscore Tracker

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkan

Kandungan yogurt emang bagus, tapi bukan untuk usir penyakit

Seperti diketahui, sakit seperti panas dan pilek tidak hanya dapat disembuhkan oleh obat saja, melainkan juga minuman sehat seperti jus. Bahkan, banyak orang yang meyakini bahwa yogurt juga dapat menyembuhkan penyakit yang sedang mereka derita. Praktis, mereka berpikiran bahwa dengan mengonsumsi yogurt maka suhu badan mereka akan turun.

Sayangnya, dugaan kebanyakan orang kalau yogurt bisa menyembuhkan penyakit itu salah. Pasalnya, mayoritas penelitian mengatakan jika yogurt sama sekali tidak berperan dalam menyembuhkan penyakit kamu.

Kendati begitu, yogurt tetap cocok untuk dikonsumsi saat sakit. Mau tahu apa saja kandungan-kandungan yang yogurt tawarkan? Simak ulasannya.

1. Tidak dapat kurangi gejala penyakit

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkaneverydayfeminism.com

Wakil presiden penelitian nutrisi untuk National Dairy Council, Mickey Rubin melalui CNN mengatakan bahwa yogurt tidak dapat mengurangi gejala pilek. Lebih-lebih, ungkapannya tersebut didukung oleh banyak penelitian yang juga menyatakan kalau penyakit tidak dapat disembuhkan hanya oleh yogurt.

2. Yogurt merupakan makanan bergizi

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkandnaindia.com

Yogurt memang tidak bisa kamu jadikan andalan sebagai penyembuh panas atau pilek kamu. Akan tetapi, tidak bisa dimungkiri bahwa yogurt adalah makanan bergizi dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Bagaimana tidak, beberapa produk yogurt mengandung bakteri yang menguntungkan bagi manusia, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang mudah dicerna dan baik untuk usus.

3. Lebih baik dijadikan makanan sehari-hari

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkanuprootkitchen.com

Alih-alih memakan yogurt hanya di kala sakit dengan harapan dapat menyembuhkan penyakit, lebih baik kamu memasukkan yogurt ke dalam daftar makanan kamu sehari-hari. Apalagi jika kamu memakan yogurt setiap hari, maka kamu dapat mengurangi risiko penyakit hati hingga memiliki pencernaan yang bagus.

4. Punya zat seng yang sebenarnya bisa sembuhkan pilek

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkanthinkhealthmag.com

Sebenarnya, yogurt bisa saja digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang kamu sedang derita, terutama pilek. Bukan tanpa sebab, yogurt memang mengandung zat seng yang berperan dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh kamu.

Tidak hanya itu, zat seng ini juga bisa digunakan untuk memerangi penyakit kamu. Meski demikian, rata-rata kandungan seng yang dimiliki oleh yogurt hanyalah 2-8 miligram, padahal dibutuhkan 75 miligram seng untuk menyembuhkan kamu dari pilek.

5. Nyaman dimakan saat sakit

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkanhealthline.com

Walaupun tidak bisa menyembuhkan penyakit, yogurt sangat cocok untuk kamu konsumsi kalau sedang sakit. Salah satunya seorang ahli diet bernama Kristi L. King, dia selalu memakan yogurt di saat dia sedang sakit tenggorokan atau pilek. Menurutnya, yogurt sangat halus ketika dimakan sehingga mudah ditelan dan nyaman dimakan.

6. Bagus untuk orang yang sedang diet

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkanhealth.com

Jika kamu adalah pejuang yang sedang melakukan diet, King menyarankan kamu untuk mengonsumsi yogurt selama diet berlangsung. Dia beralasan bahwa dengan yogurt, maka program diet yang sedang kamu langsungkan menjadi diet yang sehat. Tentunya kamu ingin menjalankan diet yang berkualitas, bukan?

7. Bikin lebih jarang sakit pilek

Jangan Salah, Yogurt Itu untuk Mencegah Penyakit Bukan Menyembuhkanjaxfamilysportsmed.com

Menurut Livestrong, yogurt mengandung bakteri yang biasa disebut probiotik. Nah, jika kamu terus mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik setiap hari, selamat, kamu telah mengurangi risiko penyakit pilek. Niscaya kamu akan bebas dari penyakit seperti pilek selama kamu rutin memakan yogurt.

Jadi, begitulah sebenarnya manfaat yang selama ini salah diartikan oleh kebanyakan orang. Makan yogurt untuk cegah kamu dari sakit ya, bukan untuk menyembuhkan penyakit.

Baca Juga: 5 Manfaat Yogurt untuk Tubuh, Bisa Hilangkan Bau Mulut 

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya