Comscore Tracker

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahraga

Nggak perlu biaya mahal untuk punya tubuh bugar!

Di masa pandemi COVID-19 ini, banyak orang yang beraktivitas di rumah. Namun, meski di rumah aja, jangan sampai mengabaikan kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satunya dengan olahraga.

Tanpa perlu pergi ke gym, kamu bisa lho berolahraga di rumah dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar sebagai media workout. Selain mudah, kamu pun tak perlu merogoh kocek dalam untuk punya tubuh bugar seperti para selebgram fitness! Apa saja barang-barang yang bisa kamu pakai? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Botol air mineral

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragafreepik.com

Kamu ingin membentuk otot di lengan? Sebelum membeli dumbbell set, coba, deh, manfaatkan dua botol air mineral 250 ml. Rasanya tak jauh beda dengan mengangkat dumbbell, dan ini pas buat kamu yang masih coba-coba.

Kalau sudah terbiasa dengan botol air 250 ml, kamu bisa pakai botol yang lebih besar, misalnya 1 liter, dan sesuaikan volume air dengan kemampuan. Selain murah meriah, menggunakan botol plastik bekas juga membantu mengurangi pencemaran limbah plastik. Apalagi jenis plastik ini butuh waktu urai hingga 450 tahun!

2. Dinding

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragafreepik.com

Tak butuh peralatan apa pun, cukup andalkan dinding di rumah. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah wall push-up untuk melatih otot lengan. Supaya lebih menantang, kamu bisa memodifikasi gerakan tersebut menjadi single wall push-up (hanya menggunakan satu tangan).

Olahraga jenis ini bisa membantu membakar lemak yang ada di bagian lengan, sekaligus mengencangkan payudara bagi para wanita.

Dengan menggunakan dinding, kamu juga bisa melatih otot paha dengan gerakan wall sit. Caranya cukup dengan berdiri bersandar di dinding, lalu buat gerakan setengah jongkok dengan posisi kaki menekuk 90 derajat. Jaga bahu, punggung atas, dan belakang kepala tetap lurus. Ini bisa dilakukan selama satu menit.

3. Tangga

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragaunsplash.com/Bruno Nascimento

Baca Juga: Olahraga di Rumah, 5 Channel YouTube Ini Pas Buat Inspirasi Workout! 

Kalau ada tangga di rumah, jangan hanya dimanfaatkan buat sekadar naik-turun saja, ya! Manfaatkan, deh, sebagai media workout untuk tubuh bagian bawah.

Caranya gampang, kamu hanya perlu naik turun satu anak tangga secara terus-menerus dalam waktu tertentu. Bila baru pertama kali mencoba jenis workout ini, lakukan selama 30 detik dan rasakan keringat mengalir di sekujur tubuhmu. Bila sudah terbiasa, tantang diri kamu dengan naik turun tangga selama dua menit.

4. Karpet

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragapexels.com/Ketut Subiyanto

Mau yoga di rumah tapi nggak punya matras yoga? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan karpet, lho! Tinggal putar video tutorial yoga yang ada di internet, percaya deh, rasanya tidak jauh beda dengan yoga di atas matras. 

Selain yoga, kamu juga bisa melakukan gerakan plank untuk melatih otot lengan dan perut.

5. Kasur

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragapexels.com/Andrea Piacquadio

Buat kamu tim rebahan, nggak ada lagi alasan untuk malas olahraga, karena kamu bisa melakukannya di kasur!

Kamu bisa mencoba gerakan crunch untuk mengencangkan dan membentuk perut, side leg raises untuk mengencangkan otot paha dan bokong, atau gerakan lainnya. Dengan begitu, rebahanmu akan jadi lebih bermanfaat, bukan?

6. Tali skipping

Tetap Bugar walau di Rumah, Pakai 6 Benda Ini untuk Olahragapexels.com/Dom J

Mungkin sekarang kurang populer, tapi alat yang satu ini ampuh untuk bakar kalori. Kalau rutin dilakukan, skipping bisa membantu menurunkan berat badan.

Variasikan gerakan lompat dengan menyilangkan tali skipping, mengayun tali dari belakang ke depan, dan melakukan gerakan high knee.

Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga skipping juga bisa membantu kamu yang sedang menjalani program peninggian badan.

Meskipun menghabiskan sebagian besar waktu di rumah, tapi jangan sampai lupa menjaga kebugaran tubuh agar kondisi fisik dan mental tetap sehat.

Selain barang-barang di atas, masih banyak, kok, barang-barang lain yang bisa dimanfaatkan sebagai media workout asal kamu kreatif. Supaya lebih seru, ajak pasangan atau anggota keluarga lain di rumah. Yuk, coba sekarang juga!

Baca Juga: Inilah 7 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cocok untuk Kamu Si Kurus!

Adisa Putri Photo Writer Adisa Putri

science enthu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya