Comscore Tracker

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare 

Dengan mengetahuinya, kita bisa tahu cara menghindarinya

Jika kamu mengalami diare atau sakit perut yang membuat buang air besar menjadi tidak normal dan lebih sering, salah satu penyebab terbesarnya adalah bakteri salmonella. Bakteri ini menyebabkan infeksi yang disebut infeksi salmonella atau salmonellosis.

Tentunya kamu tidak ingin terusan mengalami diare dan tidak ingin mengulanginya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui sumber berkembangnya bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut. Sehingga, kamu lebih waspada dan lebih memperhatikan kesehatan.

1. Daging sebagai tempat huni

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare unsplash/LukasBudimaier

Daging adalah salah satu tempat bernaung dan berkembangnya bakteri Salmonella. Daging disenangi karena bakteri ini senang berada di zat yang mengandung protein. Sehingga, daging sapi, daging kambing, daging ayam dan unggas lainnya yang biasa kita makan berpotensi memiliki bakteri Salmonella. Bahkan, tak hanya daging, telur dan susu pun yang berasal dari ayam yang juga mengandung protein, pun terdapat bakteri penyebab diare tersebut.

2. Pemupukan tanaman sayur dan buah-buahan

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare recyclenation.com

Bakteri Salmonella memang banyak bersemayam di daging, telur dan susu. Akan tetapi, hal itu tidak menutupi kemungkinan keberadaan bakteri itu pada makanan tumbuhan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal itu dikarenakan pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan ternak, sementara pada tubuh hewan tersebut ada bakteri Salmonella.

Baca Juga: Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!

3. Air yang mengaliri tanaman sayur dan buah-buahan

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare pixabay/3345408

Selain pupuk, air sebagai kebutuhan tanaman untuk tumbuh juga bisa terkontaminasi bakteri dari pupuk. Air itu kemudian mengalir ke tanaman konsumsi lainnya sehingga bakteri Salmonella menyebar dan menjangkiti tanaman tersebut.

4. Proses memasak juga jadi peluang berkembangnya bakteri Salmonella

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare pixabay/089photoshootings

Memasak di rumah memang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, persiapan bahan makanannya harus sangat diperhatikan agar tidak menjadi sumber infeksi, atau terjangkit dengan bakteri Salmonella.

Karena bakteri Salmonella banyak di daging dan makanan protein lainnya, jauhkan jenis makanan atau minuman lain dari makanan tersebut. Misal, sayur dan buah-buahan, atau minuman seperti jus.

Jika makanan dan minuman tersebut disajikan dekat daging yang belum dibersihkan, mereka bisa dijangkiti bakteri Salmonella tanpa kita sadari sehingga menyebabkan perut sakit karena meminumnya.

5. Tangan yang digunakan untuk melakukan banyak hal

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare unsplash/@hannaholinger

Tangan adalah alat alamiah yang kita miliki untuk memproses makanan. Sering, saat menyiapkan makanan dan minuman, kita menggunakan tangan telanjang. Termasuk membersihkan daging dan makanan protein yang adalah tempat bernaung bakteri Salmonella.

Tak hanya itu, makanan lain pun diproses dengan tangan telanjang. Oleh karena itu, kebersihan tangan harus sangat diperhatikan agar tidak menjadi media penyebaran bakteri Salmonella. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memproses daging sebelum memasaknya, jika kemudian ingin memproses makanan dan minuman lainnya.

Tak hanya membersihkan daging atau makanan protein, kebersihan tangan juga mutlak pentingnya jika kamu baru saja membuang sampah atau bagi yang punya anak mengganti diaper anak yang dipenuhi kotoran. Karena, bakteri Salmonella juga ada pada kotoran manusia.

6. Hewan peliharaan juga tempat tumbuhnya bakteri

6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare pixabay/ivoxis

Bagi yang senang memelihara hewan seperti anjing, kucing, burung atau hewan lainnya, kebersihan hewan-hewan tersebut harus selalu diperhatikan. Bakteri Salmonella tentu saja juga ada pada hewan peliharaan terutama kotorannya.

Jangan pernah lalai membersihkannya dan tempat tinggalnya. Pun, yang paling utama adalah tangan yang menyentuh hewan tersebut dan membersihkan segala keperluannya. Segera mencuci tangan setelahnya, dan pastikan tidak memasukkan jari-jari ke mulut jika tidak ingin terinfeksi Salmonella.

Itulah 6 penyebab kita bisa terinfeksi bakteri Salmonella. Biar terhindar, jagalah kebersihan diri dan lingkunganmu ya!

Baca Juga: Sering Diare? Buruan Lakukan 5 Tindakan Ini Biar Cepat Hilang

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You