Comscore Tracker

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran 

Jangan asal makan!

Semakin hari pilihan santap kuliner di luar rumah semakin banyak. Sejumlah pengusaha kuliner seakan berlomba menghadirkan tempat makan yang menarik dan makanannya enak serta direkomendasikan kelezatannya.

Kita sebagai konsumen tentu juga ingin mencoba menikmatinya sebagai variasi kebutuhan perut sehari-hari atau sekadar ingin menambah pengalaman.

Namun, kita tidak boleh egois terhadap selera lidah dan pemenuhan pengalaman kekinian belaka. Aspek kesehatan juga tetap harus diperhatikan agar pemenuhan kebutuhan pokok ini benar-benar nikmat dan tidak menimbulkan penyesalan.

Berikut ini tips sehat dalam menikmati makanan di rumah makan atau kafe yang dapat dipraktikkan dengan mudah.

1. Pilih tempat yang ada ruangan khusus tanpa asap rokok

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran newsonjapan.com

Makanan dan minuman boleh enak, tapi kenikmatannya akan terasa kurang bila tempat makan tersebut dipenuhi asap rokok. Selain berdampak buruk bagi kesehatan di masa yang akan datang, kenyamanan saat menikmati makanan pun bisa terganggu karena kita makan dan minum tentu saja sambil menghirup udara sekitar.

Bukan tidak mungkin bila sedang enak-enaknya makan, asap rokok terhirup dan mengganggu saluran pernapasan hingga terbatuk. Jelas kondisi ini sangat tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, utamakan ketersediaan ruangan tanpa asap rokok atau adanya ruangan khusus merokok ketika memilih tempat makan, agar makan lebih nyaman dan fokus.

2. Pilih yang open kitchen atau memiliki dapur terbuka

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran uxdesign.cc

Kebersihan dapur juga sangat memengaruhi kesehatan makanan yang disajikan. Namun, sering kita tidak mengetahui hal tersebut karena dapur berada di ruangan khusus yang tertutup dan terkesan rahasia.

Bila dapur terbuka, kita bisa memantau bagaimana kebersihannya dan proses yang terjadi di dalamnya. Apakah juru masaknya bersih, apakah proses memasaknya bersih dan apakah dapur tersebut bebas dari lalat yang membawa kotoran dari luar atau sampah di sekitar.

Baca Juga: Kenalan Sama Kue Bingke, Jajanan Khas Pontianak yang Legit & Ngangenin

3. Carilah yang memiliki fasilitas wastafel atau tempat mencuci tangan

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran news.nationalgeographic.com

Meskipun makan dengan sendok, garpu atau pisau, kebersihan tangan tetap harus diperhatikan. Tak jarang tangan membawa berbagai bakteri dan virus tanpa disadari setelah menyentuh banyak hal sebelum makan.

Untuk itu, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan tempat makan yang memiliki wastafel atau fasilitas mencuci tangan sangatlah direkomendasikan. Jangan lupa pula untuk menyabuninya agar bersih secara optimal.

4. Pesanlah makanan tanpa MSG (penyedap) dan sedikit garam

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran sbs.com

Penyedap rasa atau monosodium glutamat (MSG) yang juga kita kenal sebagai micin adalah zat yang harus diminimalisasi pengonsumsiannya. Alasannya, micin berpotensi menjadi zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, tapi bisa mengendap dan mendatangkan kondisi kesehatan yang buruk bagi tubuh. Dampaknya mungkin tidak terasa dalam waktu dekat, tapi bisa nanti diam-diam tanpa kita ketahui.

Untuk itu, jika memungkinkan pesanlah makan makanan tanpa penyedap buatan ketika di rumah makan, atau setidaknya kurangi porsinya. Bisa juga dengan memintanya terpisah agar bisa ditakar sendiri jika butuh penyedap tambahan.

Selain micin, garam pun juga disarankan untuk dikurangi agar tidak berlebihan pada tubuh. Sejatinya, beberapa jenis bahan makanan sudah mengandung garam alami di dalamnya yang mengandung yodium, seperti ikan laut dan makanan lainnya.

Alternatif lainnya, makanan yang dijual dengan penyedap tambahan alami juga lebih disarankan. Tentunya ini akan jadi lebih nikmat, tidak hanya untuk saat makanannya dimakan, tapi juga untuk masa depan.

5. Pesanlah minuman tanpa banyak gula dan kurangi es

Untukmu yang Doyan Jajan, Ini 5 Tips Sehat Makan di Restoran lipton.com

Jika makanan disarankan tanpa mecin dan sedikit garam, minuman pun juga harus disediakan dengan kondisi yang sehat. Diantara caranya adalah mengurangi gula dan kalau bisa tanpa gula atau pemanis buatan. Dampaknya bisa jadi sangat buruk bagi tubuh, apa lagi jika tak tahu ada potensi penyakit tertentu dalam tubuh.

Begitu juga dengan es, jika tidak terlalu butuh, tidak usah dikonsumsi. Ingat, salah satu cara untuk sehat adalah menjaga gizi makanan, dan mengurangi makanan berisiko penyakit.

Kamu sendiri termasuk orang yang suka jajan di luar? Gunakan cara di atas untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkan

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You