5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!

Banyak konsumsi gula banyak dampak buruknya untuk tubuh

Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa berdampak buruk untuk tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun kita semua tahu bahwa hampir semua produk makanan dan minuman yang dijual mengandung gula di dalamnya, sehingga perlu kebijakan diri sendiri untuk membatasi gula dalam konsumsi. Ada banyak alasan kenapa gula buruk untuk tubuh dan kesehatanmu. 

Mulai dari tidak adanya kandungan nutrisi di dalamnya, dapat meningkatkan berat badan, hingga menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Di balik rasa manisnya yang nikmat ada banyak alasan kenapa gula tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak. Berikut satu-persatu penjelasannya tentang alasan kenapa gula itu buruk untukmu. Yuk disimak! 

1. Tidak mengandung nutrisi di dalamnya

5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!ilustrasi gula (pexels.com/Mark Youso)

Gula adalah kalori kosong, yang mana jika menambahkannya ke makanan atau minuman secara signifikan cuma akan meningkatkan kandungan kalorinya tanpa menambah nutrisi apapun. Tubuh biasanya mencerna makanan dan minuman tersebut dengan cepat sehingga tidak menjadikannya sumber energi yang baik. Berbeda dengan makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan, dimana tubuh mencernanya dengan lebih lambat sehingga menjadikannya sumber energi yang tahan lama. 

2. Meningkatkan berat badan

5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!ilustrasi gemuk (pexels.com/Andres Ayrton)

Risiko terbesar dari mengonsumsi gula berlebih ialah penambahan berat badan. Makanan dan minuman manis biasanya mengandung banyak kalori di dalamnya, sehingga semakin banyak memakannya maka berat badan pun semakin mudah bertambahnya bahkan dengan olahraga teratur sekalipun. Karena tubuh mencerna dengan cepat makanan yang mengandung gula buatan, membuat rasa lapar jadi tak terkontrol dan akibatnya asupan kalori secara keseluruhan jadi melebihi yang dibutuhkan tubuh. 

Baca Juga: 5 Waktu Terbaik untuk Cek Gula Darah

3. Penyebab diabetes

5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!ilustrasi diabetes (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Gula memang bukan satu-satunya penyebab diabetes, akan tetapi terlalu banyak mengonsumsinya jelas meningkatkan risiko terkena diabetes. Itulah kenapa sebagian besar orang yang konsumsi gulanya berlebihan cenderung lebih tinggi risiko diabetesnya dibanding mereka yang membatasi asupan gulanya. Jadi kalau gak mau terkena diabetes, hindarilah makanan yang jadi pemicunya, dan gula adalah salah satunya. 

4. Merusak gigi

5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!ilustrasi sakit gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Konsumsi gula dapat menyebabkan kerusakan gigi, yang mana salah satu risikonya membuat gigi berlubang. Setelah makan gula, bakteri di mulut membentuk lapisan tipis plak di atas gigi. Bakteri ini bereaksi dengan gula yang ada dalam makanan dan minuman, reaksi ini memicu pelepasan asam yang merusak gigi. Makanya gak heran kalau orangtua sering menasihati anak-anak untuk langsung sikat gigi sehabis makan yang manis-manis, karena dampak dari gula bisa merusak gigi. 

5. Meningkatkan risiko penyakit jantung

5 Alasan Gula Buruk untuk Kesehatan, Bikin Diabetes dan Sakit Jantung!ilustrasi pasien (pexels.com/RDNE Stock Project)

Mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan kronis, yang mana kedua hal ini merupakan pemicu penyakit jantung. Efeknya memang gak langsung terasa dan terjadi pada tubuh, akan tetapi seiring berjalannya waktu dengan konsumsi gula berlebih dalam jangka panjang. Maka dari itu kalau mau sehat cukup konsumsi gula sewajarnya saja, bahkan kalau bisa dibatasi. 

Gula alami memang bisa menjadi sumber energi harian bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan gula nya pun merupakan gula buatan tentu efeknya justru buruk untuk tubuh. Yang mana alasan-alasannya sudah dijelaskan pada lima poin di atas tadi, jadi bijak-bijaklah dalam membatasi konsumsi gulamu, ya! 

Baca Juga: 7 Faktor yang Memengaruhi Seberapa Sering Kamu Perlu Cek Gula Darah

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya