Comscore Tracker

4 Gangguan Psikologis yang Harus Diwaspadai oleh Kamu yang Masih Berstatus Mahasiswa

Jaga psikismu baik-baik ya para mahasiswa!

Dalam universitas, sudah tentu kurikulum mengatur segalanya, sehingga banyak sekali tuntutan yang diberikan oleh universitas kepada para mahasiswanya. Tuntutan-tuntutan ini bukan hanya memengaruhi kondisi fisik mahasiswanya, akan tetapi lebih banyak memengaruhi kondisi psikologis mereka. Mereka yang kuat psikologisnya akan tetap bertahan dan akan menjadi kuat seiring berjalannya waktu, tetapi bagi mereka yang psikologisnya lemah, sudah pasti beberapa gangguan psikologis akan menjangkitnya.

Diantara banyak gangguan-gangguan psikologis yang ada, IDNTimes akan membagikan 4 gangguan psikologis yang kemungkinan besar akan dialami mahasiswa.

1. Homesickness

4 Gangguan Psikologis yang Harus Diwaspadai oleh Kamu yang Masih Berstatus Mahasiswatribunnews.com

Homesickness adalah rasa rindu yang dialami seseorang terhadap rumah atau kampung halaman. Kondisi ini dialami oleh orang-orang yang sedang berada jauh dari rumah. Seperti, tentara yang sedang bertugas di luar pulau dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di universitas. Homesickness pada mahasiswa bisa dikarenakan oleh banyak faktor, mulai karena kenangan indah bersama teman di kampung, kondisi nyaman dengan orang tua, atau kondisi kampung yang tidak didapatkan di lingkungan universitas.

Kondisi ini masih menjadi hal yang normal dalam psikologis mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa rantau yang jarang sekali pulang ke kampung halaman.

2. Bibliophobia

4 Gangguan Psikologis yang Harus Diwaspadai oleh Kamu yang Masih Berstatus Mahasiswaflickr.com

Bibliophobia adalah ketakutan yang sangat hebat (fobia) terhadap buku. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan faktor paling utama adalah karena pengalaman buruk yang dialami seseorang terhadap buku. 

Mahasiswa sangat dituntut untuk membaca banyak sekali buku untuk dijadikann referensi dalam mengerjakan setiap tugas. Hal ini juga bisa saja menjadikan mahasiswa memiliki bibliophobia dalam dirinya. Karena semakin banyak intensitas membaca buku, maka akan semakin besar pula celah untuk terjadinya pengalaman buruk terhadap buku. Hal ini juga dapat ditambah lagi dengan kondisi stress yang dialami mahasiswa.

3. Scolionophobia

4 Gangguan Psikologis yang Harus Diwaspadai oleh Kamu yang Masih Berstatus Mahasiswawikia.com

Scholionophobia adalah ketakutan yang sangat hebat (fobia) terhadap sekolah atau universitas. Hal ini sangat rawan dialami oleh paramahasiswa yang dituntut untuk meluangkan waktunya lebih banyak di universitas. Masih sama, penyebab scholionophobia adalah pengalaman buruk yang terjadi pada diri seseorang terhadap universitas. 

Dengan semakin banyak waktu mahasiswa di universitas, maka semakin besar pula celah untuk terjadinya pengalaman buruk yang dialami mahasiswa terhadap universitas. 

4. Chronophobia

4 Gangguan Psikologis yang Harus Diwaspadai oleh Kamu yang Masih Berstatus Mahasiswawikia.com/

Chronophobia adalah ketakutan yang berlebih terhadap waktu. Penderita chronophobia akan merasakan waktu yang berjalan sangat cepat sehingga ia akan merasa sangat gelisah atau penderita akan merasa waktu berjalan sangat lama. Hal ini bisa disebabkan karena tumpukan deadline yang harus diselesaikan atau juga karena penderita mengalami waktu-waktu sulit dalam hidupnya, seperti masa tahanan.

Fobia inilah yang sering menjangkit mahasiswa. Tuntutan tugas yang harus segera dikumpulkan, membuat para mahasiswa menjadi gelisah dan seakan-akan merasa seperti dikejar oleh waktu. Sehingga menimbulakan kegelisahan dan stress dalam diri mahasiswa.

Jadi, pintar-pintar jaga kondisi psikologismu ya para mahasiswa!

Ahmad Adi Sudrajat Photo Writer Ahmad Adi Sudrajat

quiteaddict and crowdlover. Make some noise!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya