Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktus

Olahan kaktus populer di beberapa negara Amerika Latin

Mendengar kata kaktus, pasti terlintas di pikran sebuah tanaman yang tumbuh di daerah gurun atau tanaman hias di rumah. Kaktus dikenal dengan ciri durinya yang tajam. Tapi ada juga lho beberapa jenis kaktus yang dapat dikonsumsi.

Misalnya saja makanan kaktus yang sudah populer di Amerika Latin, salah satunya di Meksiko. Ada puluhan jenis kaktus yang diolah menjadi makanan. Bukan sekadar makanan biasa, kaktus disukai karena menyehatkan. Nah, berikut  manfaat luar biasa bila mengkonsumsi kaktus.

1 . Antioksidan dan meredakan peradangan

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktuspixabay.com

Kaktus mengandung flavonoid dan fenolik, suatu zat yang banyak ditemukan dalam tanaman obat, yang bersifat antioksidan. Selain itu, kaktus juga mengandung vitamin C, E, A, zat besi, kalsium, hingga karotenoid yang membantu meredakan peradangan dalam tubuh. 

2. Menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktuspixabay.com

Kaktus nopas atau kaktus pir adalah jenis kaktus yang mengandung serat dan pektin. Zat ini sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kaktus juga dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung lho.

3. Menurunkan gula darah

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktuspixabay.com

Kaktus pir berduri juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Sebab, serat yang terkandung dalam kaktus bisa mengurangi penyerapan gula dalam perut dan usus, sehingga, gula darah  dapat terkontrol dengan baik.

Baca Juga: Lagi Menstruasi? Hindari 5 Makanan Ini agar Gak Memburuk

4. Melindungi sel otak

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktuskompas.com

Dalam kaktus, terdapat quercetin, dihydroquercetin, dan quercetin tri-metil eter yang berfungsi sebagai antioksidan aktif. Kandungan ini bermanfaat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel otak.

5. Menangkal sel kanker

Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktusres.cloudinary.com

Daun kaktus sebagai antioksidan dipercaya dapat membantu melindungi sel-sel sehat dari kerusakan oleh radikal bebas. Zat yang terkandung dalam daun kaktus ini ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 5 Makanan Kaki Lima di Bali yang Enak dan Murah, Pasti Bikin Nagih!

Ahmad Sopandi Photo Writer Ahmad Sopandi

ordinary people who want to work follow my Instagram @a_dann09

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya