Comscore Tracker

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak Dini

Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Alergi kondisi medis yang banyak terjadi. Anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalaminya. Bentuk reaksinya pun beragam, mulai dari batuk, pilek, gatal-gatal, hingga sesak napas. Pemicunya pun bermacam-macam, seperti makanan, udara dingin, debu, bulu binatang, dan lain-lain.

Orang tua wajib tahu, ternyata kemunculan alergi pada anak-anak bisa dicegah sejak dini. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Pemberian ASI ternyata berperan dalam pencegahan alergi

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak DiniIlustrasi menyusui. pexels.com/NIKOLAY OSMACHKO

Air susu ibu (ASI) dikenal memiliki segudang manfaat untuk bayi, tak terkecuali dalam mencegah alergi.

Menurut sebuah laporan yang dirilis dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2016, disebutkan bahwa ASI memiliki sifat antialergi dan mengandung imunoglobulin yang mampu meningkatkan toleransi bayi terhadap zat pemicu reaksi alergi, yakni alergen.

2. Asupan makanan ibu berpengaruh pada ASI

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak Dinimedicaldaily.com

Kandungan ASI yang diterima oleh bayi yang tengah menyusui dipengaruhi oleh asupan makanan Ibu. 

Masih merujuk dari laporan dalam jurnal yang sama, ibu yang banyak mengonsumsi telur, susu sapi, dan kacang-kacangan selama menyusui bisa meningkatkan risiko alergi pada bayi.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mudah Mengobati Mata Bengkak karena Alergi

3. Jauhkan anak dari asap rokok, ya!

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak DiniIlustrasi berhenti merokok. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Reaksi alergi dapat timbul dalam berbagai bentuk, seperti gatal, batuk, pilek, hingga sesak napas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Disorders & Therapy tahun 2016 menjelaskan bahwa asap rokok memegang peranan penting dalam memicu timbulnya reaksi alergi, khususnya dalam bentuk sesak napas atau yang dikenal dengan sebutan asma.

Anak-anak yang kerap menghirup asap rokok terbukti memiliki kadar imunoglobulin E yang tinggi dalam tubuh. Imunoglobulin E ialah jenis antibodi yang meningkat dalam tubuh kala terjadi reaksi alergi.

4. Yuk, kurangi konsumsi makanan berlemak!

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak Dinifreepik.com/pvproductions

Makanan cepat saji, daging merah, serta susu berlemak merupakan makanan dan minuman yang kerap dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarakan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Therapeutics and Clinical Risk Management tahun 2016, makanan dan minuman tersebut mengandung kadar asam lemak jenuh yang tinggi.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor risiko bagi anak untuk mengalami alergi. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan berlemak dapat menjadi salah satu cara pencegahan alergi pada anak.

5. Membersihkan rumah secara rutin agar bebas dari tungau

Bunda, Ini 5 Cara Mencegah Timbulnya Alergi pada Anak Sejak DiniIlustrasi membersihkan kasur. unsplash.com/Volha Flaxeco

Menurut keterangan dari American Academy of Allergy Asthma & Immunology, paparan tungau dapat meningkatkan risiko anak untuk terkena alergi.

Jadi, cara untuk mencegahnya adalah dengan mencuci seprai kasur, selimut, serta sarung bantal dan guling secara rutin karena tungau dapat bersarang di tempat tidur. 

Selain itu, tungau juga bisa berada di sofa, karpet, tirai, boneka, dan sebagainya. Maka dari itu, membersihkan seisi rumah secara rutin juga diperlukan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya alergi pada anak sejak dini. Namun, bila anak sudah mengalami gejala-gejala alergi, jangan patah semangat, segera konsultasikan ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: 7 Penyebab Alergi yang Paling Umum, dari Debu hingga Makanan

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya