Comscore Tracker

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuh

Bisa bikin awet muda juga, lho!

Jeruk adalah satu dari sekian buah yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan. Selain rasanya yang segar, jeruk memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaatnya bisa kamu rasakan bila mengonsumsinya secara rutin? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhunsplash.com/ Hanny Naibaho

Menurut data dari FoodData Central yang dipublikasikan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sebanyak 100 ml jeruk mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Total energi: 46 kcal 
  • Protein: 0,83 gram 
  • Total lemak: 0 gram 
  • Karbohidrat: 11,7 gram 
  • Gula: 9,58 gram
  • Kalsium: 8 mg 
  • Magnesium: 12 mg 
  • Potasium: 196 mg 
  • Sodium: 6 mg 
  • Vitamin C: 196 mg

2. Antioksidannya melimpah

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhpixabay.com/PhotoMIX-Company

Antioksidan adalah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, antioksidan mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung hingga kanker.

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh "Journal of Agricultural and Food Chemistry" tahun 2005, jenis senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah jeruk antara lain, flavonoid dan karotenoid.

Hal ini juga dibuktikan dengan hasil studi penelitian yang dipublikasikan oleh "Food & Nutrition Research" tahun 2015, bahwa mengonsumsi jus jeruk selama 8 minggu berturut-turut sebanyak 750 ml mampu meningkatkan jumlah antioksidan tubuh secara signifikan.

Baca Juga: Temuan Peneliti UGM: Jeruk Ampuh Banget Cegah Kita dari COVID-19, lho!

3. Mencegah terjadinya penyakit batu ginjal

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhunsplash.com/ Sarah Gualtieri

Batu ginjal adalah kondisi yang menyebabkan kerusakan pada ginjal jika tak segera ditangani. Siapa sangka, ternyata rutin minum jus jeruk mencegah kamu mengalami batu ginjal, lho!

Menurut sebuah laporan dalam "Clinical Journal of the American Society of Nephrology" tahun 2006, dikatakan bahwa mengonsumsi jus jeruk secara teratur bisa meningkatkan pH urine, kondisi basa dalam urine yang mampu mencegah terjadinya risiko batu ginjal.

4. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhpexels.com/Breakingpic

Penyakit kardiovaskuler adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa seseorang. Nah, kolesterol tinggi adalah salah satu yang jadi penyebabnya.

Meski demikian kolesterol ada beberapa jenis, dan tidak semua menyebabkan penyakit. Jenis kolesterol yang sehat adalah high-density lipoprotein (HDL) alias si kolesterol baik, yang tugasnya adalah menyingkirkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal "American Society for Clinical Nutrition" tahun 2000, jus jeruk mampu meningkatkan kadar HDL hingga 27 persen dan menurunkan kadar LDL hingga 20 persen!

5. Sistem imunitas tubuh makin kuat!

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhpexels.com/pixabay

Dilansir Longevity, jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Nah, seperti yang sudah kamu ketahui, vitamin C berdampak besar bagi daya tahan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh kita akan lebih terjaga dari berbagai penyakit, seperti flu dan batuk.

6. Kulit sehat dan glowing

Bisa Cegah Batu Ginjal, Ini 6 Manfaat Mengejutkan Jus Jeruk bagi Tubuhunsplash.com/Noah Buscher

Dilansir NDTV Food,  jus jeruk mengandung antioksidan sekaligus vitamin C alami yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini adalah penyebab kulit menjadi kusam dan mempercepat penuaan dini.

Kandungan vitamin C yang melimpah dari jus jeruk mampu melawan radikal tersebut dan membuat kulitmu jadi sehat, tidak kusam sehingga tampak glowing, dan tentunya kamu bisa terlihat awet muda!

Itulah manfaat baik yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi jus jeruk. Agar tidak merusak atau mengurangi nutrisinya, sebaiknya jangan menambahkan pemanis tambahan, ya.

Perlu diingat, untuk mendapatkan semua manfaat di atas sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, mengonsumsi jeruk saja tidak cukup. Kamu juga harus menjaga pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, tidur cukup, kelola stres dengan baik, dan tentunya menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang.

Baca Juga: 5 Khasiat Buah Jeruk Bagi Ibu Hamil, Bisa Bantu Pertumbuhan Otak Bayi

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

aisyakusumawati21@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya