Comscore Tracker

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu Bahagia

Don't worry, be happy!

Hormon adalah zat kimia di dalam tubuh hasil produksi kelenjar dalam sistem endokrin. Zat kimia tersebut akan menuju ke dalam jaringan dan organ bersama sirkulasi darah. Hormon sendiri berperan sangat penting bagi tubuh, mulai dari untuk mengatur sistem metabolisme, reproduksi, termasuk mood seseorang.

Tahukah kamu jika perasaan bahagia, semangat, hingga kesedihan yang kita rasakan dipengaruhi oleh hormon? Berfokus pada perasaan positif, berikut ini adalah beberapa hormon yang berperan. Simak, yuk!

1. Dopamin

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu BahagiaUnsplash.com/ Seyi Ariyo

Dilansir Healthline, dopamin berperan besar dalam menumbuhkan motivasi. Ketika kamu bekerja keras untuk mencapai tujuan dan berhasil mendapatkannya, perasaan bahagia dan bangga berasal dari dopamin.

Menurut artikel penelitian yang diterbitkan dalam "Jurnal Sosioteknologi" tahun 2018, juga disebutkan bahwa dopamin berpengaruh dalam motivasi atlet agar tetap bekerja keras dan lebih fokus mencapai tujuan.

2. Serotonin

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu Bahagiaunsplash.con/Fernando Brasil

Dilansir Healthline, serotonin terbuat dari asam esensial triptofan. Asam amino banyak ditemukan dalam makanan berupa keju, kacang, dan daging merah. Kekurangan triptofan dalam tubuh bisa membuat kadar hormon serotonin rendah.

Menurut laman Hormone Health Network, rendahnya hormon serotonin bisa menyebabkan gangguan mood, seperti depresi dan kecemasan.

Fungsi dari serotonin ini banyak sekali, lho, berdampak pada setiap bagian tubuh. Mulai dari emosi hingga keterampilan motorik. Serotonin dianggap sebagai penstabil suasana hati alami. Hormon ini dapat membantu tidur, makan, dan pencernaan. Serotonin juga dapat membantu:

  • Mengurangi depresi
  • Mengatur kecemasan
  • Menyembuhkan luka
  • Merangsang rasa mual
  • Menjaga kesehatan tulang

Baca Juga: Gak Hanya Jerawatan, 7 Gejala ini Penanda Hormon Kamu Gak Seimbang

3. Oksitosin

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu Bahagiaunsplash.com/ Candice Picard

Oksitosin adalah salah satu hormon tubuh yang berperan dalam proses reproduksi. Dijuluki sebagai "hormon cinta", oksitosin juga berperan dalam kehidupan percintaan. Kamu yang sedang diselimuti perasaan bahagia dalam sebuah hubungan dengan pasangan tentu memiliki kadar oksitosin yang lebih tinggi.

Hal ini dibuktikan dalam studi dalam jurnal "Psychoneuroendocrinology" tahun 2012. Partisipannya adalah 60 pasangan yang baru menjalin hubungan selama 2,4 bulan, 54 pasangan yang sudah menjalin hubungan selama 6 bulan, dan 43 orang yang masih melajang.

Dari penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa seseorang yang memiliki perasaan kasmaran dengan pasangan memiliki kadar oksitosin yang lebih tinggi. 

4. Endorfin

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu Bahagiaunsplash.com/ Bruce Mars

Kamu pernah merasa bahagia setelah melakukan olahraga? Ternyata hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Mengutip WebMD, endorfin dapat memunculkan energi dan pikiran yang positif dalam tubuh. Diproduksi di sumsum tulang belakang dan bagian tubuh lainnya, endorfin juga bertindak sebagai penenang.

Selain itu, disebutkan juga dengan berolahraga, keuntungan yang bakal dirasakan tubuh adalah penurunan stres dan rasa cemas, serta menumbuhkan rasa percaya diri. Beberapa contoh olahraga yang bisa mencegah depresi antara lain bersepeda, menari, berenang, joging, yoga, bahkan sesimpel berkebun.

5. Melatonin

Jadi Mood Booster, Ini 5 Hormon dalam Tubuh yang Membuatmu Bahagiaunsplash.com/ Kinga Cichewicz

Mengutip informasi dari artikel berjudul "Happiness & Health: The Biological Factors- Systematic Review Article" yang dipublikasikan dalam "Iranian Journal of Public Health" tahun 2014, melatonin berperan dalam menciptakan kebahagiaan dan rasa nyaman.

Selain itu, fungsi penting melatonin dalam tubuh lainnya adalah mengatur tubuh kapan waktunya terjaga dan kapan waktunya tidur.

Itu dia lima hormon yang membantu menciptakan perasaan positif, membuatmu bersemangat dan merasa bahagia.

Agar kadar hormon-hormon tersebut tetap stabil, terapkan pola hidup sehat. Namun, bila kamu mengalami ketidakbahagiaan atau merasa mengalami gejala depresi dalam periode waktu tertentu, misalnya lebih dari tiga bulan, sebaiknya konsultasikan ke ahli kejiwaan agar bisa segera diatasi.

Baca Juga: Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

Aisya Kusumawati Photo Verified Writer Aisya Kusumawati

feel free to give feedback on my published article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya