Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim Hujan

Jangan sampai kebangetan, tahu batas yang sehat ya...

Memasuki musim hujan, cuaca yang tak menentu membuat tubuh harus menyesuaikan diri. Mayoritas beberapa orang malas untuk melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan karena suasana yang lembap di musim hujan. Hal lain yang perlu kamu waspadai ialah kondisi berat badan yang cenderung bertambah. 

Apa penyebab berat badan bisa bertambah cukup drastis saat musim penghujan tiba? Berikut hal-hal sepele yang tanpa disadari membuat tubuhmu melar tanpa disadari!

1. Nafsu makan meningkat

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim Hujanvividoctor.com

Kondisi cuaca yang dingin membuat tubuh mudah sekali merasa lapar. Mekanisme tubuh berjalan sedemikian rupa agar tubuh menyesuaikan dengan cuaca dingin. Tubuh lebih mudah kehabisan lemak yang telah disimpan, sehingga hipotalamus di dalam otak akan memberikan sinyal lapar. Maka jangan heran jika tubuhmu hanya bertahan beberapa jam tanpa makanan. 

2. Nonton sambil nyemil

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim Hujansusanmacfarlanenutrition.com

Memang paling meyenangkan jika menghabiskan waktu sambil menonton tayangan favorit di Televisi saat hujan deras. Apalagi jika ditemani dengan berbagai camilan yang menggugah selera. Camilan-camilan tersebut mengandung kalori yang tinggi dan bisa membuat timbangan berat badanmu meningkat drastis. 

Baca Juga: 7 Cara Minum Air Putih yang Tepat untuk Turun Berat Badan dengan Cepat

3. Bosan

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim HujanPixabay.com/Free-Photos

Tak melakukan aktivitas apapun dan didukung oleh suasa hujan, membuat seseorang mudah dilanda rasa bosan. Jika sudah begini, bukan tak mungkin persediaan makanan di dalam lemari es akan lenyap seketika. Atasi rasa bosan saat musim hujan dengan menjauhkan makanan dan lakukan aktivitas yang santai tapi cukup menyibukkan  atau menghibur pikiranmu, seperti membaca buku.

4. Konsumsi makanan instan

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim Hujanthepantry.boxgreen.co

Suasana dingin juga membuat kita malas untuk beraktivitas. Memasak bisa jadi aktivitas yang melelahkan. Tak heran jika makanan instan menjadi favorit semua orang di musim hujan kali ini. Kandungan cita rasa makanan instan yang kaya penyedap rasa dan pengawet bisa membuat tubuh menimbun lemak.  Sekali-kali aja ya!

5. Tidur belebihan

Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim HujanIstockphoto.com/AndreyPopov

Selain rasa lapar, cuaca dingin selalu membuat kita ingin berada di bawah selimut. Kondisi hangat membuat nyaman tubuh. Jika tak diimbangi dengan olahraga rutin, berat badan akan cepat naik. Terutama jika tidur setelah makan, yang berbahaya untuk kesehatan.

Kegiatan mana nih yang paling mendominasi jadwal aktvitasmu di musim hujan kali ini? Meski terasa berat, yuk jaga pola hidup sehat, agar berat badanmu tetap stabil. 

Baca Juga: 9 Trik Menaikkan Berat Badan yang Paling Benar Bagi Si Super Slim

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya