Comscore Tracker

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembali

Yuk, diterapkan!

Gak dipungkiri jika rasa malas selalu hadir saat kita belajar. Rasa malas ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya dari tubuh diri sendiri yang kurang fit. Padatnya aktivitas di sekolah terkadang membuat kamu lupa berolahraga.

Oleh karenanya, kamu perlu melakukan gerakan tubuh yang berguna untuk meraangsang hormon tubuh agar tetap aktif. Seperti lima olahraga berikut yang mampu membuat semangat belajarmu kembali lagi. Yuk, dicek!

1. Tai Chi

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembalifitforme.info

Olahraga Tai Chi asih belum terlalu umum di Indonesia. Padahal olahraga yang melatih penafasan ini bisa memfokuskan pikiranmu. Gerakannya yang ringan namun cenderung cepat juga bisa melepaskan stress. Untuk melakukan olahraga ini sebaiknya d pagi hari. Udara yang sejuk turut mendukung pikiranmu lebih segar.

2. Aerobik

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembalichiropractic.ca

Tak hanya menuntut tubuh terus bergerak, menurut Journal of Physical Therapy Science, latihan aerobik dapat menurunkan level hormon stres alami tubuh, seperti adrenalin dan kortisol. Dua senyawa tersebut membantu me-refresh otak. Terutama gerakan plank dan push-up yang membantu tubuh lebih kuat.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Bikin Kegiatan Olahragamu Semakin Menyenangkan

3. Lari

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembaligreatist.com

Siapa sangka jika lari bisa membuat otak berfungsi dan menyimpan informasi lebih baik. Ketika tubuhmu melakukan gerakan lari, zat cathepsin B yang terdapat di dalam tubuh bisa mempercepat memori serta pembelajaran di otak. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian jurnal ilmiah metabolism cell.

4. Jalan

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembaliradiong.hr

Buat kamu yang gak terlalu suka olahraga dengan kategori keras, berjalan merupakan alternatif yang bisa dilakukan. Sempatkan setiap pagi untuk berjalan selama 30 menit, maka materi pelajaran yang akan diserap otak akan lebih diingat dibandingkan seseorang yang tak melakukan aktivitas berjalan 30 menit setiap harinya.

5. Bermain Catur

Malas Belajar? 5 Olahraga Ini Bikin Semangatmu Kembalibusinessinsider.com

Olahraga yang satu ini memang dipercaya membuktikan kecerdasan seseorang. Butuh taktik yang tinggi agar kamu bisa memenangkan permainan catur. Secara otomatis, otak akan terus terlatih untuk fokus ketika bermain catur.

Ringan dan mudah dilakukan bukan? Yuk, sempatkan olahraga agar otakmu juga terus aktif!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Membuatmu Tetap Fresh, Hai Anak Kantoran!

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You