Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!

Bisa merusak tubuh lho

Setiap harinya seseorang pasti mengeluarkan sisa metabolisme berupa keringat dari dalam tubuhnya. Biasanya hal ini menimbulkan aroma yang kurang sedap. Namun bagi sebagian orang,  beberapa diantaranya menderita phobia yang disebut sebagai Bromidrofobia. Kelainan ini menyebabkan penderitanya khawatir terhdap aroma tubuhnya sendiri. 

Meski bukan phobia yang kasat mata, namun kamu bisa mendeteksi jika seseorang menderita Bromidrofobia dari lima tanda berikut!

1. Setiap berkeringat selalu ingin mandi

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!homesware.co.uk

Wajar saja ketika melakukan aktivitas kamu berkeringat. Hal itu menandakan jika metabolisme tubuhmu berjalan dengan baik. Namun orang yang cemas akan aroma tubuhmu sendiri selalu berkeinginan mandi meskipun dalam kondisi berkeringat tak terlalu banyak. Bahkan orang yang menderita gangguan ini bisa saja mandi hingga lima kali sehari. 

2. Khawatir jika toiletnya tidak wangi

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!womensweekly.com.sg

Orang yang cemas akan aroma tubuhnya sendiri selalu berusaha mencari tempat dan toilet yang wangi. Dengan aroma toilet yang wangi, orang yang phobia terhadap aroma tubuhnya sendiri berharap bisa menutupi kekurangannya dengan aroma penyegar ruangan tersebut. Bahkan dirinya tidak akan percaya diri jika berada di toilet yang tidak wangi.

3. Sering bawa parfum

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!mnn.com

Pernah memiliki teman yang selalu menyemprotkan parfum setiap waktu. Bisa jadi ia menderita kelainan. Baginya, selalu wangi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Bahan ketika ia berjalan di depan orang lain aroma parfumnya sangat kuat. Meski wangi, namun kebiasaan ini membuat orang disekitarnya merasa tidak nyaman, terutama bagi orang lain yang alaergi terhadap bau parfum yang kuat.

Baca Juga: Cek Dulu Deh, 7 Jenis Bau Badan Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Lho!

4. Tidak mau berkeringat

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!chicagohealthonline.com

Berkeringat merupakan proses alamiah tubuh agar racun di dalam tubuh bisa keluar. Namun bagi orang yang selalu cemas akan aroma tubuhnya sendiri, berkeringat bisa jadi hal yang menyeramkan. Mereka selalu menghindari aktivitas maupun ruangan yang bisa membuat dirinya berkeringat dalam jumlah yang banyak.

5. Melakukan scrub tiap hari

5 Tanda Kamu Takut Terhadap Aroma Tubuh Sendiri, Jangan Diabaikan!laurenkelp.com

Melakukan pengelupasan kulit memang diperlukan tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Scrub setiap hari biasanya dilakukan oleh orang yang kurang percaya diri terhdap aroma tubuhnya. Namun jika dilakukan setiap hari bisa merusak tekstur kulit dan bisa mengikis kelembabannya. Mereka berharap scrub bisa mengurangi aroma tubuh padahal faktanya scrub sama sekali tak membantu.

Meski terkesan sepele, sebaiknya kecemasan terhadap aroma tubuh sendiri segara diatasi dengan cara berkonsultasi pada dokter ahlinya. 

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami dan Mudah Diterapkan!

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya