Comscore Tracker

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!

Segera cek ke dokter, ya!

Lingkaran hitam di bawah mata dianggap mengganggu penampilan. Sering disebut sebagai 'mata panda', biasanya gejala ini dianggap sebagai dampak dari kurang tidur. Mata panda memang bisa disamarkan dengan concealer, tapi jangan terkecoh jika tak segera diatasi bisa berdampak serius pada kesehatanmu.

Padahal lingkaran dibawah mata yang menghitam bisa jadi indikasi penyakit berbahaya, lho!

1. Gejala Anemia

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!saatvamattress.com

Anemia biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala. Kekurangan kadar Hb bisa menyebabkan mata menghitam karena aliran darah yang tidak lancar di dalam tubuh sehingga juga berdampak dibawah mata yang terdiri dari bagian kulit yang sangat tipis.

2. Dehidrasi

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!mdpremier.com

Meski gejala dehdrasi ditandai dengan rasa haus, kamu juga perlu waspada jika kantong hitam dibawah mata semakin parah. Kekurangan cairan otomatis akan membuat area mata sangat sensitf dan mudah menghitam. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi cairan minimal dua liter per hari, ya!

Baca Juga: Unik Banget, Ketahui 9 Jenis Warna Bola Mata yang Ada di Dunia Ini!

3. Kurangnya asupan gizi

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!herbalremedials.com

JIka kantong matamu bertahan hingga berbulan-bulan meski sudah cukup tidur, itu menandakan bahwa tubuhmu kekruangan aasupan gizi yang cukup. Mata panda bisa menjadi pertanda kekurangan vitamin C, vitamin A, Vitamin, E dan Vitamin K. Kandungan vitamin tersebut mampu meng-hidrasi area sekitar mata lebih baik.

4. Alergi

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!entclinicsofsa.com

Area tips di sekitar mata rentan akan iritasi. Apalagi jika kamu memiliki tubuh yang sensitif terhadap kondisi sekitar. Lingkaran mata yang menghitam bisa jadi indikasi alergi yang menahun. Bisa karena polusi maupun makanan yang menimbulkan reaksi pada tubuh. 

5. Hepatitis

Sering Disepelekan, 'Mata Panda' Bisa Jadi Indikasi Penyakit Ini Lho!everydayhealth.com

Tak selalu menandakan penyakit yang kasat mata, mata panda juga bisa menjadi adanya gangguan dalam organ tubuh. Bisa jadi fungsi kerja hati tak lagi berfungsi secara optimal. Selain tekstur mata yang menguning, area bawah mata juga terkenda dampaknya dengan muculnya area yang menghitam.

Itu dia penyakit yang bisa saja menyebabkan area sekitar mata menghitam. Segera cek kondisi kesehatan kamu meskipun terkesan sepele. 

Baca Juga: 7 Alasan Matamu Sangat Sensitif terhadap Cahaya, Terasa Silau Banget!

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya