Comscore Tracker

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Ini

Gak harus pakai obat pencahar

Sembelit bisa dialami oleh siapa saja. Terutama bagi seseorang yang kurang asupan sayur dan buah. Namun bagi yang tak suka mengonsumsi sayur, hal ini menjadi dilema tersendiri. Daripada meminum obat pencahar yang benyak mengandng bahan kimia, kamu bisa menggunakan enam minyak esensial berikut yang terbukti berkhasiat dan pastinya alami.

1. Minyak lavender

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Iniorganicfacts.net

Salah satu minyak esensial yang dipercaya mampu memberikan ketenangan ini ternyata bisa mengatasi sembelit. Kandungan linalool yang berfungsi sebagai antiseptik mampu menghalau bakteri di dalam pencernaan. Caranya cukup mudah, oleskan minyak lavender ke area perut dan diamkan beberapa saat. Keinginan untuk buang air besar seketika akan muncul. 

2. Minyak lemon

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Inisilhouettescafe.com

Istilah minyak lemon mungkin masih terdengar asing bagi sebagaian orang. Namun khasiatnya ternyata sangat besar untuk memperbaiki pencernaan. Antioksidan yang ada di dalam lemon mampu mengatasi sembelit sehingga veses lebih lunak. Untuk khasiat terbaik, hirup aroma minyak lemon menggunakan diffuser

3. Minyak peppermint

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Inird.com

Kandungan peppermint bisa mengendurkan otot-otot pencernaan yang tegang sehingga kontraksi usus bisa kendur. Campurkan minyak peppermint dnegan minyak kelapa dnegan perbandingan 1:3, usapkan pada area perut dengan arah melingkar agar khasiatnya meresap.

Baca Juga: Tetap Awet Muda, 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Lawan Penuaan Dini

4. Minyak jahe

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Iniallthingsbeingeco.ca

Jahe mampu merangsang pergerakan usus agar lebih aktif di dalam tubuh. Inilah alasan mengapa jahe sangat disarankan untuk penderita sembelit. Rendam handuk dalam air hangat yang diberi tetesan minyak jahe. Kompres area perut hingga rasa sembelit hilang dan BAB lancar kembali. 

5. Minyak chamomile

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Inizliving.com

Minyak chamomile mampu untuk mengendurkan otot perut yang tegang. Untuk menggunakannya, kamu perlu mencapur minyak chamomile dengan minyak kelapa. Usap dan lakukan gerakan searah jarum jam. Lakukan hal ini selama tiga jam sekali agar khasiatnya meresap. 

7. Minyak Adas

Sembelit Tapi Gak Suka Makan Sayur? Atasi Pakai 6 Minyak Esensial Ininaturalfoodseries.com

Biji tanaman adas dipercaya sebagai obat pencahar alami. Khasiatnya semkin teruji jka dijadikan dalam bentuk minyak yang diambil sari patinya. Gunakan diffuser untuk menghirum aromanya. Lakukan kegiatan ini tiga kali sehari hingga BAB lancar kembali. 

Itulah minyak esesial yang bisa mengatasi sembelit kamu tanpa harus mengonsumsi buah dan sayur. Meski ampuh, namun jangan lupakan asupan vitamin buah dan sayur agar penernaanmu tetap sehat. 

Baca Juga: 10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enak

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You