Comscore Tracker

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diare

Bukan cuma sakit perut lho!

Mengalami diare merupakan hal yang paling meresahkan. Kondisi tersebut membuat tubuh tidak nyaman karena harus buang air besar dalam waktu yang singkat. Banyak faktor yang menyebabkan diare, bisa karena faktor makanan maupun karena gaya hidup yang kurang higienis. 

Gejala awal diare identik dengan rasa mulas dan diketahui saat feses sudah mencair. Padahal banyak gejala lain yang bisa menjadi penyebab diare. Di antaranya lima hal berikut ini.

1. Nafsu makan menurun

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diarebariatricstudy.com

Jika tiba-tiba kamu mendadak malas makan padahal kondisi psikologismu baik-baik saja, kamu perlu waspada jika kamu akan diare. Tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga timbul rasa malas untuk mengonsumsi makanan. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat sehingga bisa memadatkan feses seperti pisang dan roti.

2. Timbul haus terus menerus

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diarehealthline.com

Rasa haus bukan cuma karena faktor dehidrasi. Ketika tubuh sudah terpenuhi asupan cairan yang cukup , namun kamu tetap haus hal ini menandakan gejala diare segera tiba. Rasa haus menjadi pertanda diare jika diimbangi dengan kelelahan yang luar biasa dan tubuh merasa tidak bertenaga.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Mencegah Terjadinya Diare, Dijamin Ampuh!

3. Perut terasa kembung

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diarethehealthsite.comw

Bukan hanya rasa mulas, perutmu bisa terasa kembung menjelang diare. Bakteri di dalam usus besar yang berfungsi memfermentasi karbohidrat, serat atau protein tidak mampu mencerna  dengan sempurna. Kembung juga disebabkan oleh gas yang menumpuk sehingga perut terasa sesak. Kondisi kembung juga menyebabkan tubuhmu selalu ingin buang angin. 

4. Tiba-tiba mual

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diareverywellhealth.com

Mual umumnya hanya dianggap tubuh mengalami demam. Hal tersebut menandakan kamu mengalami gastroenteritis, yaitu peradangan pada lambung dan usus akibat infeksi bakteri ataupun virus.

Kerongkongan akan terasa mengering dan timbul rasa mual yang disertai sakit kepala. Mual yang menjadi pertanda diare biasanya bisa berlangsung singkat namun dengan frekuensi yang bisa terjadi dalam kurun waktu beberapa jam saja.

5. Mengalami demam

5 Sinyal Lain dari Tubuh Ini Menandakan Kamu akan Diaremydr.com.au

Jika kamu tiba-tiba mengalami demam, maka sebaiknya segera atasi karena hal ini menandakan kamu akan segera diare. Apalagi jika demam dengan temperatur yang naik turun drastis. Tubuh ditandai dengan demam merupakan respon alami melawan peradangan akibat serangan bakteri penyebab diare tersebut.

Yuk, segera tangani jika kamu mengalami salah satu dari gejala di atas. Konsumsi makanan yang higienis dan kaya serat agar kamu terhindar dari diare.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Saat Diare Melanda

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You