Comscore Tracker

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!

Penderita hipertensi wajib merapat!

Darah tinggi bisa memicu penyakit serius yang membuat nyawa terancam. Hal yang harus dihindari oleh penderita hipertensi adalah mengonsumsi makanan asin. Hal ini dilakukan agar peredaran darah lancar dan tidak tersumbat atau menggumpal. 

Eits, ternyata bukan hanya itu aja lho yang harus dihindari. Sebab 5 hal tidak terduga di bawah ini secara mengejutkan bisa menaikkan tekanan darah!

1. Perasaan kesepian

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!unsplash.com/elkuddah

Hal ini bukan tentang seberapa banyak orang yang kalian miliki sebagai teman, namun lebih dari itu. Perasaan kesepian membuat seseorang rentan stres hingga depresi yang menyebabkan ancaman kekahwatiran akan penolakan dan tidak bisa terhubung antar satu sama lain. Ini mengakibatkan tubuh kehilangan kemampuan mengontrol tekanan darah.

2. Konsumsi gula buatan

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!unsplash.com/blakewisz

Sirup jagung tinggi fruktosa yang banyak kita temukan di minuman instan adalah jenis kandungan berbahaya selain garam yang mesti dihindari agar tekanan darah stabil. Lebih baik pilih bahan alami seperti gula merah, gula tebu atau gula batu untuk menggantikan pemanis dalam setiap makanan dan minuman yang ingin dikonsumsi. 

Baca Juga: Obat Hipertensi dan Diabetes, Ini 6 Khasiat Labu Siam bagi Tubuh

3. Sleep apnea

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!healthination.com

Berbeda dari kebiasaan mendengkur yang kerap mengganggu ketenangan saat tidur, sleep apnea merupakan masalah kesehatan yang lebih serius. 

Sleep apnea membuat penderitanya sering kali terbangun karena tersentak pernapasan yang berhenti sesaat. Meskipun napas kembali normal setelah berhenti secara tiba-tiba tetap saja pengaruh buruknya berdampak pada peredaran darah. 

Ketika tersentak dan napas berhenti, sistem saraf akan mengeluarkan bahan kimia yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Karena oksigen yang masuk lebih sedikit dari orang yang tidak menderita sleep apnea maka kondisi ini dapat merusak dinding pembuluh darah dan mempersulit tubuh mengontrol tekanan darah.

4. Kurang mengonsumsi kalium

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!unsplash.com/@louishansel

Tidak mengonsumsi garam secara berlebihan tidak berarti tekanan darah tinggi aman dari bahaya. Pemicu lain yang harus kalian hindari adalah kekurangan mengonsumsi kalium.

Kalium merupakan salah satu zat penting yang bisa menyeimbangkan cairan darah dalam ginjal. Jadi mulai sekarang seimbangkan diet yang baik agar tidak salah kaprah dan malah merugi setelah melakukan tindakan yang dianggap sudah tepat.

5. Dehidrasi

5 Hal Tidak Terduga yang Bisa Menaikkan Tekanan Darah, Waspada!noloneliness.com

Dehidrasi membuat pembuluh darah mengencang. Kemudian ginjal menghasilkan lebih sedikit urin dan memicu pembuluh darah bekerja lebih keras hingga menyebabkan tekanan darah tinggi melonjak drastis. 

Mengetahui hal-hal yang dapat memicu tekanan darah tinggi seperti ini bisa berguna untuk pemeliharaan kesehatan tubuh terlebih bagi penderita hipertensi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You