Comscore Tracker

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuh

Bahaya banget nih kalau terus dibiarkan

Menjadi kota paling berpolusi di Asia Tenggara membuat Jakarta terlihat tak lagi aman untuk kesehatan. Bagaimana tidak, polusi kendaraan, polusi asap rokok, dan polusi lainnya bercampur menjadi satu menyerang tubuh setiap hari.

Padahal bahaya polusi terhadap kesehatan tubuh itu gak main-main lho, berikut ancaman polusi udara terhadap tubuh!

1. Meningkatkan risiko penyakit autisme

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@mickaeltournier

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yuming Guo dari Monash University's School of Public Health and Preventive Medicine, polusi udara bisa meningkatkan risiko autisme pada anak.

Kemungkinan terjadinya risiko autisme pada anak akibat polusi udara dapat dialami ibu hamil yang tinggal di tempat berpolusi. Udara yang kotor membuat perkembangan otak anak dapat terganggu terlebih pada saat kehamilan memasuki trisemester ketiga. 

2. Merusak kesehatan jantung dan paru paru

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@averey

Kesehatan jantung dan paru-paru akan terancam akibat masalah lingkungan yang berpolusi. Berbagai penyakit serius membayangi gangguan jantung serta paru-paru karena polusi yang buruk akan masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dan tubuh sehingga udara buruk masuk ke paru-paru dan jantung menerima akibat berupa arteri yang menjadi kaku dan menghambat peredaran darah.

Baca Juga: Anti Macet & Polusi, 10 Negara ini Penduduknya Paling Sedikit di Dunia

3. Menurunkan tingkat kesuburan pria

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@jairph

Para pekerja kantoran di ibukota yang menggunakan kendaraan bermotor atau sering melakukan kegiatan di luar ruangan harus waspada. Polusi udara yang buruk dapat merusak kesuburan pria melalui kualitas sperma yang menurun. Ini diakibatkan oleh paparan polusi buruk yang terhirup secara bebas. 

4. Membuat tulang rapuh

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@janromero

Efek polusi udara dalam merusak kekuatan tulang terjadi seperti efek rokok menggerogoti kesehatan. Tidak terasa dan kasat mata namun hasilnya nyata, paparan polusi dapat membuat tulang rapuh dan terjadinya osteoporosis. Polusi udara berpengaruh pada produksi hormon paratiroid yang mengatur sumber kalsium untuk tulang lebih rendah.

5. Berbahaya bagi ginjal

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@averey

Paparan polusi udara yang buruk ternyata memiliki kaitan dengan penyakit gagal ginjal. Mereka yang tinggal di tempat dengan kualitas udara yang buruk lebih mudah terkena penyakit ginjal karena polusi tadi dapat memasuki aliran darah. Dari aliran darah yang kotor ginjal akhirnya juga ikut terkena dampaknya selagi menyaring darah-darah kotor tersebut. 

6. Menyebabkan penuaan dini

Bisa Sebabkan Autisme, Ini 6 Ancaman Polusi Udara Terhadap Tubuhunsplash.com/@pieschwarzler

Penuaan dini dan perubahan pigmentasi kulit yang terjadi terlalu cepat adalah efek samping polusi terhadap kesehatan kulit. Elastisitas mudah terkikis karena polusi dapat merusak sel-sel kulit dan mengganggu kemampuan kulit merawat secara alami. Kemudian bintik hitam, keriput dan kulit kering pun perlahan akan muncul.

Memanfaatkan fasilitas umum demi mengurangi polusi dari asap kendaraan pribadi bisa menjadi aksi sederhana yang menyelamatkan bumi dari tingginya polusi udara lho guys.

Baca Juga: 4 Efek Samping Polusi Suara Bagi Kesehatanmu, Waspada Ya!

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You