6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental

Media sosial sudah sepatutnya menjadi hiburan bukan ancaman

Hubungan erat antar kaum millenial dan teknologi tidak perlu diragukan lagi. Hal serupa juga terjadi dengan kehidupan sehari-hari dan aktivitas sosial media pribadi. Sosial media adalah isu terhangat yang tak ada habisnya menarik untuk dibahas. Sebab di balik keseruan yang ada di dalamnya, tersembunyi efek negatif terhadap kesehatan. Kira-kira kamu sudah mengetahuinya belum?

1. Mengubah hasrat makan

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@igormiske

Meskipun tubuh sudah kenyang karena baru saja selesai makan namun pengaruh foto makanan yang tersebar di sosial media dapat membuat seseorang kembali merasa lapar. Hal ini secara tidak langsung sudah memengaruhi kinerja otak dalam memberi sinyal yang salah kepada tubuh. Hingga akhirnya pola makan menjadi berantakan, bertambah dan bisa berujung pada obesitas.

2. Menganggu sifat mandiri

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@freestocks

Semua orang memiliki sifat mandirinya masing-masing, tetapi semenjak ada sosial media interaksi berlebihan terhadapnya membuat manusia kehilangan sifat mandiri. Ini terjadi karena sosial media telah merusak sifat kemandirian seseorang dan memilih bergantung pada orang-orang yang ada di dalamnya.

3. Merusak rasa kepercayaan diri

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@shadex_bona

Kegiatan sehari-hari para influencer, artis atau bahkan teman sendiri besar kemungkinan memberi efek iri. Selalu ada celah di mana perbedaan itu terjadi antara diri sendiri dan orang lain yang ada di sosial media. Melihatnya mungkin membuat kita kesal sesaat tapi lebih jauh dari itu ada perasaan rendah diri yang tertanam pada hati dan itu bisa merusak kepercayaan dirimu dalam dunia yang nyata. 

Baca Juga: 5 Alasan Media Sosial Bisa Membuatmu Menjadi Individu yang Semu

4. Memperluas area abu dalam otak

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@averey

Area abu menempati 40% bagian otak dan berkaitan dengan fungsi memproses informasi. Melebarnya area abu dalam otak akibat sosial media menandakan ada semakin banyak informasi yang diproses. Informasi ini sebagian besar berasal dari hal-hal kurang penting yang akhirnya bisa merusak kemampuan otak itu sendiri. Karena informasi kilat yang biasa kita temui di sosial media akan di kirim kepada organ lainnya yang dapat menimbulkan tindakan yang tidak terduga.

5. Membuat tindakan multitasking yang buruk

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@brucemars

Berada jauh dari gadget dalam waktu singkat saja membuat seseorang bisa menjadi gelisah dan panik bila kehilangan jejak. Ini menunjukan ada efek multitasking yang buruk dan harus segera di atasi. Melakukan tindakan multitasking dapat merusak kinerja otak karena terbiasa tidak fokus dengan satu hal. Akhirnya ini akan memengaruhi cara kita bekerja dan efek mudah stress saat kesulitan berkonsentrasi.

6. Memengaruhi kualitas tidur

6 Efek Negatif dari Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentalunsplash.com/@cristian_newman

Scrolling timeline adalah kegiatan favorit bagi generasi zaman sekarang. Tidak ada hari tanpa membuka sosial media terlebih di malam hari. Saat tubuh lelah dan mencapai waktu beristirahat rutinitas tadi masih terus dikerjakan. Meskipun mata masih mampu untuk terpesona dengan keindahan sosial media namun tidak dengan tubuh.

Perilaku kecanduan sosial media ini telah menganggu jam tidur dan bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Misalnya meningkatkan resiko penyakit diabetes, stroke dan tingkat depresi tinggi karena terlalu banyak pikiran negatif yang bisa muncul saat malam hari.

Mempertahankan sosial media terus menggerus kehidupan hingga kesehatan membuat kita harus bertindak tegas. Jangan sampai hiburan ini menjadi ancaman yang berbahaya bagi diri sendiri ya guys!

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Bijak Bersosial Media yang Mesti Diterapkan

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You