5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!

Bisa menyehatkan jantung hingga memperlancar peredaran darah

Sebelum dan sehabis beraktiivitas mandi menjadi rutinitas wajib yang menyegarkan tubuh. Mandi juga dapat membuat kulit lembap dan membersihkan kotoran menempel yang bila dibiarkan bisa mengakibatkan berbagai masalah. Selain itu ternyata mandi punya dampak bagus lainnya lho bagi kesehatan tubuh. Kamu udah tahu belum?

1. Menjaga kesehatan sistem peredaran darah dan sistem imun

5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!unsplash.com/@imstefannikolovski

Peredaran tubuh akan terjamin kelancarannya selama kamu rajin mandi. Sebab saat mandi darah akan mengalir lancar dan membuatnya terhindar dari masalah. Ditambah lagi mandi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sebab bakteri akan hilang ketika kita membersihkan tubuh.

2. Memperlancar sistem pernapasan

5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!unsplash.com/@joshrh19

Berendam atau mandi di bathtub dapat memperlancar sistem pernapasan karena bagian dada dan kepala belakang yang ikut terendam dapat memengaruhi pada kapasitas oksigen di paru-paru. 

3. Baik untuk masalah pencernaan

5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!unsplash.com/@oceanswide

Masalah pencernaan dapat teratasi dengan mandi, misalnya masalah wasir atau masalah berat badan berlebihan. Nyeri wasir dapat dihilangkan dengan mandi dan masalah berat badan berlebihan dapat terkontrol dengan baik karena saat mandi kadar gula darah dalam tubuh berkurang sehingga khususnya bagi penderita diabetes lebih mudah mengatur berat badannya. 

Baca Juga: 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan, Ibadah Pun Makin Nyaman

4. Meningkatkan kualitas kesehatan jantung

5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!unsplash.com/@thoughtcatalog

Ketika kita mandi dengan air hangat jantung akan berdetak lebih cepat dan meningkatkan fungsi jantung. Kamu bisa mencoba mandi dengan air hangat saat tubuh terasa lelah sehabis menjalankan aktivitas seharian. Ini pun dapat merelakskan otot tegang dan masalah persendian.

5. Memperbaiki suasana hati

5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!unsplash.com/@zladuric

Mandi dapat meningkatkan kadar produksi hormon serotonin yang berkaitan dengan kebahagiaan. Ini adalah jawaban kenapa setelah mandi kita sering merasa lebih baik, segar dan berada di mood yang bagus.  

Setelah mengetahui beberapa manfaat baik mandi untuk kesehatan tubuh di atas tadi, sekrang kamu gak boleh lagi malas mandi nih. Bakal rugi banyak hal kalau masih mempertahankan budaya malas mandi.

Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You