Comscore Tracker

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan

Kamu sering mengalami?

Tidur adalah kebutuhan pokok setiap manusia agar selalu sehat dan terjaga daya tahan tubuhnya. Selama tidur tubuh seakan recharge energi dan membuat efek segar saat bangun tidur di pagi hari.

Tidur yang normal umumnya berkisar 8 jam untuk orang dewasa dan 9-13 jam untuk anak-anak. Tetapi kamu sadar gak nih jika beberapa kebiasaan saat tidur di bawah ini merupakan pertanda dari masalah kesehatan lho. Kira-kira apa saja ya?

1. Mendengkur keras

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@all_who_wander

Ini sangat berkaitan dengan sleep apnea. Mendengkur keras di waktu tidur menandakan penyakit serius yang mesti ditangani, sleep apnea umumnya mengganggu aktivitas di pagi hari karena kualitas tidur malam yang terganggu.

Sleep apnea membuat penderitanya mengalami pemberhentian napas secara tiba-tiba selagi tidur selama beberapa saat. Jika dibiarkan tentu kebiasaan saat tidur tersebut dapat berujung pada masalah kesehatan yang fatal. 

2. Susah tidur

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@nataliafigueredo

Jika kamu merasa kesulitan tidur mungkin ini menandakan tubuh kekurangan zat besi. Rajin mengonsumsi sayur bayam, telur atau cokelat agar masalah ini dapat teratasi. Namun akan berbeda masalah jika kalian merasa sulit tidur karena posisi kaki tidak bisa diam dan tidak nyaman.

Kedua ciri tersebut dapat mengindikasikan penyakit Restless legs syndrome atau sindrom kaki gelisah. Sehingga membuat kaki banyak bergerak dan deep sleep sulit dicapai. 

3. Mengigau

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@annhwa

Kebiasaan mengigau yang membuat seseorang bisa tidur sambil berjalan bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan tertentu atau rasa stres berlebihan. Hindari pula untuk mengonsumsi alkohol sebelum tidur karena dapat memicu terjadinya hal ini. Tangani kebiasaan mengigau dengan menenangkan diri atau meditasi singkat sesaat sebelum tidur. 

Baca Juga: Lakukan 5 Rutinitas Malam Ini Agar Kualitas Tidurmu Maksimal

4. Tidur terlalu lama

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@kalegin

Insomnia adalah sebutan bagi mereka yang kekurangan atau kesulitan tidur. Tetapi bagi kalian yang menjalani waktu tidur terlalu lama maka kondisi tersebut dinamai Hypersomnia. Keadaan tersebut menjadi tanda tubuh minim bergerak sehingga kekurangan energi berlebihan.

5. Banyak bergerak saat tidur

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@yrss

Gerakan berlebihan saat tidur bisa menunjukkan tanda-tanda penyakit restless legs syndrome seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Batas normal waktu tertidur seseorang adalah 15 menit.

Kalau kamu melewati batas waktu maksimal hingga setengah jam, berarti kemungkinan besar itu termasuk insomnia. Konsumsi makanan yang dapat membuat tubuh lebih mudah terlelap bisa jadi jalan keluar guys.

6. Mudah tertidur

6 Kebiasaan saat Tidur Ini Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatanunsplash.com/@snik3rs

Kebiasaan terakhir adalah terlalu mudah untuk tidur. Memang ini menjadi kabar baik karena mempercepat tidur pulas dan waktu istirahat yang berkualitas. Namun, ini dapat menjadi gejala bahwa tubuh sudah terlalu lelah dan butuh waktu istirahat lebih lama. 

Jadi, apa kalian pernah merasakannya guys? Jika iya, perbaiki pola hidup dan jika perlu minta bantuan dokter untuk mengatasinya.

Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak, Siapkan 7 Benda Ini di Kamarmu

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You