Comscore Tracker

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahui

Baik untuk kesehatan jantung, lo!

Tahukah kamu ada buah unik yang bernama melon tanduk? Ya, melon tanduk (Cucumis metuliferus) atau dikenal sebagai kiwano merupakan buah asli Afrika Selatan. Buah ini juga banyak dibudidayakan di Afrika sub-Sahara, Australia, Selandia Baru, dan beberapa wilayah Asia.

Penduduk Afrika banyak yang mempergunakan daun dan akar dari tumbuhan ini. Namun, bagian yang sangat bernilai adalah buahnya. Bagaimana tidak, manfaat kesehatan dari nutrisinya banyak sekali! Ingin tahu khasiat seputar melon tanduk? Berikut ini ulasannya!

1. Membantu menurunkan berat badan

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahuiilustrasi timbangan badan (pixabay.com/geralt)

Menurut laporan dalam Journal of Food Composition and Analysis tahun 2007, buah ini telah diteliti mengandung lebih dari 80 persen air. Ia memiliki kemampuan untuk membuatmu kenyang tanpa menambah berat badan.

Orang yang mencoba menurunkan berat badan sering mengonsumsi kiwano untuk mencegah rasa lapar karena buah ini rendah kalori dan lemak. Konsentrasi nutrisinya yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahuiilustrasi tulang yang sehat (yourhealth.net.au)

Susu adalah minuman yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan tulang. Namun, faktanya melon tanduk juga memiliki manfaat serupa.

Berdasarkan sebuah laporan dalam Journal of Food Composition and Analysis tahun 1992, melon tanduk dikonsumsi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium, untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Mineral lainnya yang ada dalam buah ini termasuk zink, yang penting untuk perkembangan, pertumbuhan, perbaikan, dan integritas tulang.

Baca Juga: 10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetes

3. Mengurangi risiko kanker

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahuiilustrasi sel kanker (cancercenter.com)

Dilansir Organic Facts terdapat konsentrasi tingkat tinggi alfa-tokoferol yang ditemukan pada melon tanduk.

Senyawa tersebut merupakan bentuk antioksidan kuat dari vitamin E. Ini sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembuluh darah, serta baik untuk menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan suasana hati

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahuiilustrasi suasana hati yang baik (pexels.com/andreapiacquadio)

Penelitian telah menghubungkan beberapa senyawa organik dalam melon tanduk dengan pengaturan hormon, terutama adrenalin dan hormon stres lainnya.

Bila kamu menderita stres kronis atau merasa cemas, mengonsumsi beberapa melon tanduk bisa membantu menenangkan pikiran dan mengembalikan suasana hati menjadi tenang dan relaks.

5. Mencegah kehilangan elektrolit

5 Khasiat Melon Tanduk bagi Kesehatan, Jarang Diketahuiilustrasi melon tanduk (pexels.com/olharuskykh)

Melon tanduk merupakan jenis buah yang mengandung kandungan air serta elektrolit. Dilansir WebMD, elektrolit yang ada dalam melon tanduk membantu sel tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Elektrolit, merupakan mineral penting seperti kalsium, natrium, dan kalium, membantu kinerja saraf dan otot pada tubuh. Ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan gangguan pada fungsi normal tubuh dan efek paling parah bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa.

Itulah beberapa manfaat melon tanduk untuk kesehatan. Selain itu, daging buahnya cukup manis dan menyegarkan. Penasaran ingin mencobanya?

Baca Juga: Pengganti Suplemen, Cobalah Sering Makan 12 Buah Ini Agar Tetap Sehat!

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya