Comscore Tracker

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmu

Rambut jadi rusak dan (makin) berketombe

Sebagaimana telah diketahui, sampo adalah zat yang dirancang untuk membersihkan rambut. Namun, adakalanya saat kondisi darurat saat sampo tak tersedia, mau tak mau keramas dilakukan dengan sabun batangan. Misalnya saat berkemah, kehabisan sampo di indekos, dan sebagainya.

Sabun batangan sendiri secara umum dirancang untuk membersihkan kulit. Tak sedikit orang yang bertanya-tanya akan efek yang ditimbulkan dari keramas pakai sabun. Agar tak penasaran lagi, berikut penjelasannya.

1. Ketombe pada rambut semakin banyak

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmulifealth.com

Melansir The Beauty Brains, sabun biasanya memiliki kesadahan yang tinggi. Bila kamu keramas dengan sabun, mungkin akan terjadi penumpukan sisa sabun pada rambutmu.

Hal tersebut terjadi karena ion mineral dalam air sadah memindahkan ion natrium dari sabun yang membuat kotoran tidak bisa larut dengan sempurna. Ini yang menyebabkan masih ada sisa sabun atau ketombe yang menempel dan tidak terbilas dengan baik.

2. Rambut cepat rusak dan kekuatan rambut berkurang

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmugeorgiahairinstitute.net

Paparan sinar matahari, alat pemanas, diet, dan perawatan kimiawi dapat membuat rambutmu kering dan rusak. Melansir Healthline, keratin yang terkandung pada sampo merupakan solusinya.

Keratin merupakan protein rambut yang dapat memperbaiki rambut yang kering dan rusak, sehingga dapat membantu memulihkan struktur rambut dengan baik.

Baca Juga: Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut 

3. Rambut terlihat bersisik dan kusam

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmuspy.com

Sabun merupakan bahan yang memiliki skala pH yang tinggi atau alkali. Melansir Women Fitness, bahan alkali pada sabun bisa menyebabkan kekusutan pada rambut.

Sebagaimana telah diketahui, batang rambut memiliki sisik pada bagian permukaannya. Bahan alkali ini dapat memicu sisik pada rambutmu akan berdiri. Inilah yang akan terlihat kusam dan lebih mudah kusut.

4. Rambut lebih sulit diatur

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmufreepik.com/master1305

Melansir Self, sabun biasanya memiliki kandungan conditioner yang lebih sedikit, bahkan tidak ada sama sekali. Berbeda dengan sampo yang berbentuk cair, sehingga lebih mudah untuk menambahkan bahan conditioner ke dalam formula sampo.

Bila kamu ingin rambut mudah mengatur dan lembut, lebih baik untuk menggunakan sampo dibanding sabun. Ini karena sabun berpotensi membuat rambut kering.

5. Pertumbuhan rambut tidak optimal

Sering Keramas dengan Sabun? Ini Efeknya pada Rambutmufreepik.com/master1305

Melansir Healthline, vitamin A, B, C, D, dan E sangat berperan dalam pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Sayangnya, kandungan ini hampir tidak ada pada sabun.

Berbeda halnya dengan sampo karena sebagian besar vitamin tersebut sudah ditambahkan sebagai bahan pembuat sampo yang ada dijual zaman sekarang.

Itulah beberapa dampak dari penggunaan sabun pada rambut. Dapat disimpulkan bahwa keramas dengan sabun lebih baik dihindari saja untuk kesehatan rambutmu yang lebih baik. 

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumu

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya