Comscore Tracker

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!

Salah satu jenis diet yang gak ribet, lho

Ada banyak sekali diet yang bisa dipilih berdasarkan tujuan, preferensi, kebutuhan, maupun kondisi tubuh. Salah satu jenis diet yang populer adalah metode intermittent fasting atau puasa intermiten. Selebritas seperti Beyoncé, Jimmy Kimmel, dan Ben Affleck melakukannya. 

Pada dasarnya intermittent fasting adalah jenis diet yang lebih mengontrol jam dan kebiasaan makan harian daripada mengatur tipe makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan.

Diet ini memungkinkan periode puasa, yang mana pada periode ini tidak boleh ada kalori yang masuk ke tubuh. Selepas periode tersebut, baru boleh makan dan minum. Diet ini tergolong simpel dan banyak digemari. 

Bagi kamu yang ingin atau sedang menjalani intermittent fasting, ikuti tips berikut ini agar upayamu tersebut sukses optimal!

1. Iringi intermittent fasting dengan diet rendah karbohidrat

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!freepik.com/master1305

Mengombinasikan intermittent fasting dengan diet rendah karbohidrat ternyata bisa membuat diet makin efektif. Diet rendah karbohidrat ini dilakukan di antara periode puasa. Caranya adalah dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan menggantinya dengan makanan seperti kacang kacangan, ikan, telur, dan sebagainya. 

Perhatikan juga dengan pemilihan minuman. Sebisa mungkin hindari minuman berkalori, seperti bubble tea, sirop, teh manis, dan sebagainya.

Berdasarkan laporan studi dalam jurnal Obesity Reviews tahun 2014, diet rendah karbohidrat bisa mencegah peningkatan nafsu makan dan tentunya mengurangi rasa lapar.

Manfaat lainnya bersumber dari laporan dalam jurnal PLOS One tahun 2015, diet rendah karbohidrat juga terbukti efektif dalam menurunkan berat badan bagi orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: 6 Cara Populer untuk Puasa Intermiten, Dijamin Berhasil

2. Konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!pixabay.com/Couleur

Berdasarkan laporan metaanalisis yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One tahun 2015, memilih makanan padat gizi setelah melewati periode puasa juga merupakan langkah yang tepat untuk memaksimalkan dietmu.

Makanan yang perlu kamu pilih adalah yang tinggi kandungan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Dengan ini, kadar gula darah tubuhmu tetap stabil dan juga mencegah terjadinya kekurangan nutrisi selama diet.

Pola makan sehat bergizi seimbang akan berkontribusi pada penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!pexels.com/nappy

Melansir Women's Health, ketika kamu sedang dalam periode puasa, perbanyak minum minuman yang tidak mengandung kalori, misalnya kopi tanpa susu dan gula, teh tanpa gula, dan sebagainya. 

Menurut ahli diet asal New York, Amerika Serikat (AS), Michal Hertz, MA, RD, CDN, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah dianjurkan, khususnya dengan air putih.

Hertz merekomendasikan untuk memasang pengingat sepanjang hari, terutama setelah periode puasa, untuk minum lebih banyak cairan. Usahakan untuk terhidrasi setidaknya 2-3 liter air setiap harinya.

4. Hindari puasa penuh 24 jam

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!unsplash.com/Waldemar Brandt

Ada beberapa metode untuk melakukan intermittent fasting. Masing masing memiliki durasi puasa yang berbeda beda. Ada yang 16 jam, 18 jam, hingga 20 jam. Bahkan, ada yang menjalaninya hingga 24 jam.

Faktanya, diet dengan puasa 24 jam tidak terlalu efektif. Ini berdasarkan temuan penelitian dalam jurnal JAMA Internal Medicine tahun 2017. Penelitian tersebut membandingkan kelompok yang menjalani puasa dengan durasi yang sangat lama, yaitu 24 jam, dengan kelompok yang menjalani diet dengan mengurangi kalori secara normal.

Hasilnya, tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok tersebut dalam hal tekanan darah, denyut jantung, trigliserida, glukosa puasa, insulin puasa, dan resistansi insulin.

5. Hindari binge eating

Ingin Sukses Menjalani Intermitten Fasting? Lakukan Tips Ini!Ilustrasi binge eating. freepik.com/wayhomestudio

Melansir Psychology Today, beberapa penelitian menemukan adanya hubungan antara menunda makan selama berjam-jam dan peningkatan risiko episode makan berlebihan alias binge eating. Tentu ini adalah salah satu efek samping dari diet yang mesti diwaspadai.

Seperti dijelaskan di laman Healthline, kamu bisa mencegah binge eating dengan cara berikut:

  • Singkirkan makanan tidak sehat di dapur
  • Perbanyak menyimpan makanan sehat yang dapat meningkatkan kualitas diet seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar intermitten fasting yang kamu jalani sukses. Akan lebih baik lagi bila kamu mengonsultasikannya dulu ke dokter sebelum menjalani diet tersebut. Tujuan adalah untuk mengatur strategi dan pola makan yang sesuai dengan tujuan dan kondisi kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: Viral Diet Ekstrem, Ini 12 Bahaya Terbiasa Gak Makan Sayur

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya