Comscore Tracker

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!

Punya antioksidan dan berpotensi bantu pengobatan kanker

Siapa yang tidak kenal dengan lenca atau leunca atau black nightshade (Solanum nigrum)? Jika kamu ke daerah Jawa Barat, kamu akan menemukan hidangan leunca yang dicampur dengan oncom atau sebagai lalapan. Rasa pahitnya yang khas berpadu sempurna dengan hidangan lainnya.

Berkerabat dengan kentang, tomat, dan terung dalam famili Solanaceae, leunca tidak cuma dapat mengenyangkan perut. Sayur yang disebut "Ranti" dalam bahasa Jawa ini juga punya khasiat kesehatan dan obat. Apa saja?

1. Kandungan glikoprotein yang berpotensi bantu pengobatan kanker

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi leunca (instagram.com/mbokmi2020)

Menurut studi di India dalam Alternative Medicine Review tahun 2011, leunca dikatakan memiliki kandungan glikoalkoid seperti solamargin, solasonin, dan solanin. Sebagai pertahanan diri alami leunca, solanin beracun karena bertindak bak pestisida alami. Sebaliknya, kandungan solamargin dan solasonin amat berguna untuk tubuh.

Sebagai produk turunan solasodin, senyawa solamargin ternyata berguna untuk beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut. Menurut sebuah penelitian di China yang dimuat dalam International Journal of Oncology tahun 2019, solamargin ditemukan dapat menghambat pertumbuhan kanker perut.

Selain beberapa jenis kanker, kandungan solasonin juga berguna untuk leukemia. Menurut penelitian di China yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Oncology pada 2021, kandungan solanin dari leunca dapat menghambat perkembangan leukemia monolitik akut.

Meski temuan ini menjanjikan, konsultasikan dengan atau dokter terlebih dulu mengenai konsumsi leunca bila mau menjadikannya pengobatan pendukung kanker.

2. Bersifat antibakteri

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi leunca (instagram.com/ranto3373)

Bukan cuma sayurnya, daun leunca juga memiliki kandungan antibakteri yang andal. Dengan kata lain, mengonsumsinya dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri patogen. Salah satunya adalah terhadap Escherichia coli (E. coli).

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di Sumatra Utara yang dimuat dalam Jurnal Farmasimed (JFM) tahun 2020. Hasilnya, daun leunca ditemukan memiliki sifat antibakteri ampuh terhadap E. coli.

3. Memiliki antioksidan tinggi

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi leunca (headtopics.com)

Selain antibakteri, leunca juga ditemukan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berguna untuk membersihkan tubuh dari zat radikal bebas dan mencegah penyakit kronis akibat stres oksidatif.

Menurut penelitian bertajuk "Pemanfaatan Buah Leunca (Solanum nigrum L.) dalam Pembuatan Minuman Sari Buah" tahun 2018, leunca dikatakan mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, alkaloid, kuinon, dan tanin. Kadar antioksidan leunca berada di tingkat IC50, membuatnya tergolong sumber antioksidan yang baik.

Daun leunca juga menunjukkan potensi antioksidan. Menurut penelitian di Italia yang dimuat dalam jurnal Foods tahun 2019, daun leunca dapat mencegah kerusakan sel dan memulihkan sel dari stres oksidatif.

4. Mengobati diare dan melancarkan pencernaan

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi diare (premierhealth.com)

Manfaat pertama yang bisa diambil dari leunca adalah untuk diare. Hal ini dibuktikan melalui uji hewan tahun 2016 di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes), Bandung. Penelitian ini melibatkan tikus ras Swiss webster dengan diare akibat minyak jarak dan buah leunca (Solanum americanum Mill.).

Saat direbus, leunca dapat menurunkan frekuensi buang air besar, memperbaiki konsistensi tinja, dan menurunkan bobot tinja. Meski baru melibatkan hewan, hasil potensi leunca untuk diare ini terbukti menjanjikan untuk diujikan pada manusia.

Selain itu, berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia Kemenkes, leunca memiliki kandungan serat sebanyak 2 gram. Digabungkan dengan makanan berserat lainnya, dijamin pencernaanmu lancar.

Baca Juga: #GiziLokal: Manfaat Daun dan Buah Kersen bagi Kesehatan

5. Baik untuk saraf

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi saraf manusia (neurological.org.nz)

Siapa sangka kalau leunca baik untuk saraf? Sebuah pengujian hewan di Meksiko tahun 1998 bertajuk "Neuropharmacological activity of Solanum nigrum fruit" mencari tahu mengenai manfaat leunca untuk saraf.

Hasilnya, ekstrak etanol pada leunca menunjukkan potensi sebagai obat depresan untuk sistem saraf pusat. Penelitian ini juga berbasis pada uji terhadap hewan. Meski begitu, penelitian ini mengundang uji khasiat leunca lebih mendalam terhadap saraf manusia di masa depan.

6. Melindungi kinerja hati

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi organ hati atau lever (badgut.org)

Hati atau lever adalah salah satu organ vital yang harus dijaga. Bekerja keras tak kenal waktu, kerusakan hati sering kali berujung pada kematian. Nah, leunca ternyata memiliki khasiat protektif untuk lever!

Menurut sebuah penelitian di China yang dimuat dalam Journal of the Chinese Medical Association tahun 2016, kandungan leunca terbukti melindungi hati dari kerusakan. Ini karena leunca melindungi keutuhan hepatosit dalam hati, sehingga terjadi detoksifikasi hati dan hati lebih sehat.

Selain itu, penelitian terbaru di India yang dimuat dalam jurnal Clinical Phytoscience tahun 2019 juga menjelaskan lebih lanjut manfaat leunca untuk hati. Ternyata, leunca dapat melindungi hati dari hepatoksisitas akibat karbon tetraklorida (CCl₄) dengan meningkatkan protein dan tingkat energi pada jaringan hati.

7. Melawan osteoporosis

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi osteoporosis (medscape.com)

Umum terjadi pada kaum hawa di usia senja, osteoporosis biasanya disebabkan oleh produksi sel pemecah tulang (osteoklas) yang lebih dari sel pembentuk tulang (osteoblas). Ini karena hormon estrogen memperpanjang usia osteoklas. Leunca bisa menjadi solusi untuk osteoporiosis.

Menurut penelitian tahun 2012 di Universitas Indonesia, leunca memiliki kandungan isoflavon sebagai fitoestrogen yang bisa digunakan menjadi bahan estrogen. Akhirnya, etanol 96 persen dari leunca ditemukan dapat menghambat produksi osteoklas (osteoklastogenesis).

8. Membantu pengobatan epilepsi

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi epilepsi (medvisit.io)

Di benua Afrika, leunca digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. Rakyat Nigeria menggunakan leunca sebagai obat untuk epilepsi. Apakah teruji secara sains? Pada tahun 2008, ilmuwan Nigeria menguji ekstrak daun leunca untuk melihat efek antikejang leunca pada ayam dan tikus.

Hasilnya, ekstrak daun leunca memiliki potensi untuk epilepsi, terutama jika ditambahkan dengan amfetamin. Meski temuan ini baru berlaku pada ayam dan tikus, hasilnya bisa menjadi dasar untuk menguji manfaat leunca dan daunnya untuk epilepsi pada manusia.

9. Mengobati skorbut

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!ilustrasi skorbut atau scurvy (healthline.com)

Menurut National Health Service (NHS), skorbut (scurvy) terjadi akibat kekurangan vitamin C yang ekstrem. Selain mudah memar, skorbut terlihat dari gusi yang sering berdarah dan gigi tanggal. Oleh karena itu, konsumsi vitamin C dapat mencegah dan menyembuhkan skorbut.

Data Komposisi Pangan Indonesia Kemenkes mencatat bahwa kandungan vitamin C pada leunca berkisar 17 miligram (mg). Terkesan minim? Setidaknya leunca bisa dijadikan salah satu bahan makanan asli Indonesia yang bisa kamu konsumsi sebagai sumber vitamin C.

#GiziLokal: 9 Manfaat Kesehatan Leunca, Lalapan Super!infografis manfaat leunca (IDN Times/Aditya Pratama)

Ampuh menjaga tubuh dan menyembuhkan penyakit, itulah beberapa manfaat leunca, bahan lalapan hidangan Nusantara, untuk kesehatan. Segar dan memiliki segudang manfaat, yuk, sering-sering mengonsumsinya!

Baca Juga: #GiziLokal: Manfaat Mengonsumsi Andaliman untuk Kesehatan

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya