Comscore Tracker

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat Ini

Memenuhi kebutuhan sosial di tengah pandemi COVID-19

Tahun 2020 segera berakhir, dan hampir setahun dunia masih berperang dengan SARS-CoV-2, virus corona strain baru penyebab COVID-19. Meskipun beberapa vaksin sudah mulai digunakan, tetapi kita tetap harus disiplin melakukan protokol kesehatan seperti:

  • Memakai masker saat keluar rumah
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 menit
  • Menjaga jarak 1,8-2 meter
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Hindari kerumunan dengan tetap di rumah saja bila tidak ada keperluan mendesak

Berbagai liburan dan hari raya telah dilalui tahun ini sendiri. Eh, tidak sendiri, deh. Dengan adanya aplikasi video call seperti Zoom, Google Meet, dan Facebook Room, kamu masih bisa bertatap muka - walau secara virtual - dengan orang-orang terdekat. 

Meskipun begitu, tak bisa dimungkiri bahwa komunikasi secara virtual bikin capek sendiri. Kenapa? Kerja pun pakai video conference yang bisa melelahkan, apalagi kalau koneksi internet lambat atau terganggu, pembicaraan pun jadi terputus-putus dan bikin kesal. Selain itu, tidak semua orang suka berbicara secara virtual dan lebih senang berinteraksi secara langsung.

Bagaimanapun juga, manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain, terutama secara fisik. Nah, tidak perlu bosan, melansir situs Medical News Today, kamu bisa mengubah interaksi non-fisik dengan keluarga, pacar, dan sahabat dengan cara-cara di bawah ini.

1. Membuat klub buku bersama

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat IniTumpukan buku (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Membaca buku adalah kegiatan pribadi yang menarik minat beberapa orang. Nah, kamu bisa menentukan satu judul untuk dibaca bersama keluarga, pacar, dan sahabat. Sesudahnya, kamu bisa membicarakan hal-hal yang kamu dapat dari buku atau materi yang kamu baca tadi.

Dengan membaca judul yang sama, kamu memiliki topik obrolan baru yang membuatmu aktif mengobrol! Kalau bosan dengan video call, kamu bisa membuat grup dalam aplikasi pesan. Dengan begitu, kamu bisa tetap berdiskusi dengan nyaman.

2. Ikut kelas fitness online

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat IniFitness secara virtual di rumah. thevirtualfitnesssystem.com

Kala pandemik, banyak gym atau studio olahraga yang tidak beroperasi atau membatasi kegiatannya. Meski begitu, jangan jadikan itu alasan untuk kamu stop berolahraga. Kamu tetap bisa ikut kelas online atau sambil menonton video tutorial yang sangat mudah diakses dengan koneksi internet.

Cara lainnya, kamu juga bisa mengajak keluarga, pacar, atau sahabat untuk ikut kelas fitness tertentu. Bisa senam aerobik, zumba, yoga, atau olahraga lainnya. Dengan begitu, kamu lebih semangat mengikuti kelas bersama-sama!

Kamu juga bisa mencoba aplikasi fitness tertentu dan minta keluarga, pacar, dan sahabat juga mengunduhnya. Jadi, kamu akan tetap semangat olahraga sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca Juga: Cara Mencuci dan Mensterilkan Baju Orang Sakit agar Gak Tertular

3. Mencoba resep masakan baru

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat Inifreepik.com/freepik

Memasak adalah kegiatan sosial di berbagai kebudayaan. Mengobrol, curhat, dan berdiskusi semuanya dapat dilakukan saat menjajal satu resep masakan. Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah mencoba memasak resep baru! Kamu pun juga dapat mengajak orang-orang yang kamu sayangi memasak bersama (di dapur masing-masing).

Setelahnya, kamu bisa membagikan hasilnya dengan keluarga, pacar, dan sahabat nun jauh di sana. Nah, apalagi kalau rasanya enak, kamu bisa berbagi resep, deh, entah via suara atau video. Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi tentang improvisasi resep dengan temanmu untuk dicoba suatu hari nanti!

4. Bermain game atau nonton film bersama-sama

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat Iniunsplash.com/Thibault Penin

Bermain game sendiri memang menyenangkan karena dapat menikmati story. Yuk, coba bermain secara multiplayer di tengah pandemik. Rasakan perbedaannya karena kamu tidak merasa sendiri lagi. Selain konsol dan PC, kamu bisa mengunduh game di smartphone-mu dan mengajak bermain orang-orang yang dekat denganmu.

Oh, kamu tidak ingin terlalu capek bermain game? Kamu bisa mencoba mengajak keluarga, pacar, dan sahabat menonton satu judul film dan seri yang sama. Aplikasi videostreaming seperti Netflix menawarkan playback dan group chat via extension "Teleparty" di Google Chrome, lho. Tunggu apa lagi, yuk nonton bareng!

5. Mengirimkan hadiah atau donasi

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat IniIlustrasi donasi/mucglobal.com

Ada kepuasan sendiri saat memberikan seseuatu kepada mereka yang membutuhkan, terutama di masa pandemik COVID-19 seperti sekarang ini. Jadi, kamu bisa "menghangatkan" sanubari dengan mengirimkan donasi kepada mereka yang membutuhkan atau mengirimkan hadiah pada keluarga, teman, dan sahabat.

Kamu juga dapat mengirimkan hadiah seperti puzzle, mainan rakitan, dan kerajinan lain untuk dikerjakan bersama-sama. Sehabis itu, kamu dapat mengunggah foto hasil jadinya diikuti dengan hasil yang dikerjakan keluarga, pacar, dan sahabatmu. Selain menyibukkan diri, kamu juga jadi lebih dekat!

6. Telepon via suara daripada video

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat Inipexels.com/Magnet.me

Saran terakhir, nih. Kalau memang video call bikin kamu merasa canggung, mungkin kamu lebih nyaman kalau "berjumpa" via suara atau lewat telepon. Tidak jarang, beberapa orang lebih nyaman berbicara via suara tanpa video, seperti mengirimkan voice note atau mengirimkan rekaman video dirinya kepada keluarga, pacar, dan sahabat.

Selain itu, mungkin kamu ingin rehat sejenak dari video call dan "berolahraga jari" dengan mengobrol via chat. Dengan begitu, kamu pun juga tidak merasa terpaksa untuk menjawab, kan?

Capek Nge-Zoom Terus? Coba 6 Cara Bersosialisasi tanpa Video Chat IniVideo call dengan orang tercinta. pexels.com/Edward Jenner

Menjaga tali silaturahmi dan hubungan sosial di masa pandemi COVID-19 adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan mental. Tidak jarang rasa kesepian dan jauh dengan mereka yang kamu sayangi dapat menguras energi, mental maupun fisik. Kalau dibiarkan terus, kamu berisiko mengalami depresi dan kecemasan.

Apa pun metodenya bisa kamu gunakan untuk menjaga hubunganmu tetap erat dengan orang-orang terdekat, salah satunya lewat video call. Namun, kalau kamu merasa lelah dengan cara tersebut, kamu bisa mencoba cara-cara di atas. Tetap ceria, patuh terhadap protokol kesehatan, serta berdoa semoga pandemik COVID-19 segera berakhir.

Baca Juga: 5 Manfaat Berpikir Positif bagi Kesehatan Mental di Era New Normal

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya