Comscore Tracker

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energi

Enak dan membantumu semakin kekar

Kamu mencari metode work out yang dapat membakar lemak, membuatmu "banjir" keringat, dan mengembangkan otot dengan waktu singkat? Kamu dapat mencoba high-intensity interval training (HIIT). Sesuai namanya, HIIT melibatkan program latihan ekstra keras yang dibarengi dengan jeda istirahat singkat!

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa HIIT dapat menurunkan timbangan dan meningkatkan kebugaran aerobik, anaerobik, serta mengekarkan otot! Jadi, jika kamu hanya memiliki sedikit waktu untuk nge-gym, HIIT tepat untukmu!

Tetapi, latihan saja tidak cukup! HIIT harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang tepat. Mengisi "bahan bakar" tubuh setelah HIIT dapat membantu regenerasi dan tumbuh kembang otot, serta menggantikan energi yang hilang saat HIIT.

Mau coba HIIT di tahun 2021 ini? Kamu pasti bisa! Kami bantu, kok. Inilah lima makanan lezat yang dapat mengisi energi setelah melakukan HIIT!

1. Telur

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energiunsplash.com/KatherineChase

Sering dikaitkan dengan otot kekar, telur memang salah satu makanan terbaik setelah berolahraga, apalagi HIIT. Ini dikarenakan telur mengandung banyak nutrisi, protein, dan lemak sehat. Di samping itu, telur mudah diolah dan dapat dikombinasikan hampir dengan makanan apa pun.

Rahasia umum, telur juga dianggap sebagai sumber "protein lengkap", karena mengandung sembilan asam amino esensial. Oleh karena itu, telur amat berguna untuk memulihkan otot. Telur juga mengandung vitamin B yang dapat membantu produksi energi.

2. Blueberry

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energipixabay.com/Comfreak

Dengan rasa yang menyegarkan, blueberry memiliki serat, vitamin, protein, dan juga kaya akan antioksidan. HIIT dapat menyebabkan stres oksidatif karena kadar radikal bebas dan antioksidan yang tidak seimbang dalam tubuh. Oleh karena itu, perlu asupan antioksidan setelah olahraga, yaitu blueberry.

Berbagai penelitian pun mengungkapkan khasiat blueberry dengan peningkatan waktu pemulihan otot sehabis HIIT. Mau dimakan langsung atau diolah menjadi topping yoghurt, havermut, dan smoothieblueberry kudu dimasukkan ke dalam menu sehabis HIIT!

Baca Juga: Terbalik, 9 Makanan Sehat Ini Jadi Tak Baik jika Terlalu Banyak

3. Alpukat

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energirawpixel.com

Dijadikan bahan es oyen hingga celupan guacamole, alpukat juga dapat kamu konsumsi setelah HIIT. Kaya akan magnesium, alpukat membuat otot pulih lebih cepat. Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium, hingga memenuhi 14 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian. Kalium menyeimbangkan cairan, aktivitas jantung, dan otot lainnya.

Kemudian, alpukat juga adalah sumber asam folat dan vitamin C, K, serta B6 yang adalah senyawa anti-inflamasi. Dengan kata lain, mengonsumsi alpukat dapat mengurangi inflamasi pada tubuh yang diakibatkan dari stres setelah melakukan program HIIT.

Kamu bisa memakannya mentah, dijadikan topping roti, hingga dijadikan salad. Yang penting, alpukat memang benar-benar cocok untuk HIIT!

4. Sayur-mayur berdaun hijau

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energibalanceblog.bistromd.com

Mirip seperti blueberry, sayur-mayur berdaun hijau adalah makanan yang seharusnya tidak terpisahkan setelah program HIIT yang melelahkan. Selain rendah kalori, sayur-mayur hijau ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Berbagai jenis sayur-mayur hijau ini juga tinggi antioksidan, sehingga mengurangi risiko stres oksidatif yang terlepas di tubuh saat program HIIT. Jadi, sayur berdaun hijau apa saja yang bisa kita konsumsi? Ini beberapa sayur berdaun hijau yang populer setelah berolahraga HIIT:

  • Kale
  • Bayam
  • Arugula
  • Selada air

Dari berbagai proses, tidak jarang orang-orang memblender sayur berdaun hijau jadi smoothie. Tidak enak di mata? Baik, kamu bisa mengolah sayur berdaun hijau menjadi salad

5. Protein bubuk

Habis HIIT, Ini 5 Makanan Sedap untuk Kembalikan Energicuredisease.com

Asupan protein penting untuk otot. Masalahnya, memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan protein yang cukup (tidak kurang atau lebih) selama masa pemulihan sehabis HIIT tidaklah mudah! Nah, kalau itu dilemamu, kami berikan pengecualian untuk mengonsumsi protein bubuk berkualitas tinggi!

Selain berguna untuk mencegah kerusakan otot selama program HIIT, bubuk protein juga mudah dikonsumsi, dan membuatmu kenyang lebih lama. Bagi yang mengidap intoleransi laktosa, kamu mungkin ingin memilih protein bubuk yang vegan. Sekadar saran, turunkan juga kadar gula hingga 6 - 8 gram per porsi.

Itulah beberapa makanan lezat yang dapat kamu konsumsi setelah program HIIT yang melelahkan. Selain sedap di lidah, otot pun juga dapat "dikenyangkan" jadi bisa pulih lebih cepat dan semakin kekar. Makin cepat mendapatkan tubuh ideal, deh!

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Gak Pernah Gagal Buat Naikin Mood Kamu

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya