Comscore Tracker

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Terbukti bisa melawan virus dan bakteri!

Digunakan di berbagai masakan dunia, dari pasta hingga daging panggang, oregano (Origanum vulgare) dianggap sebagai salah satu rempah pokok. Rempah asli dari kawasan Asia Tengah, Asia Selatan, dan Mediterania ini menghadirkan cita rasa yang khas pada hidangan dengan rasa gurih dan manis yang halus di lidah!

Banyak tersedia di pasaran, rempah ini menyimpan segudang nutrisi penting. Berbagai penelitian mengungkapkan manfaat oregano dalam mengurangi peradangan atau inflamasi dan berbagai potensi menjanjikan lainnya!

Sudah biasa menggunakan oregano dalam masakanmu? Berita baik, inilah berbagai manfaat oregano untuk kesehatan yang sudah terbukti secara sains!

1. Kaya akan antioksidan

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk Kesehatanbulgarianspices.com

Senyawa radikal bebas adalah salah satu beban berat tubuh. Ke mana pun kita pergi, pasti terpapar dengan senyawa merugikan satu ini. Berbagai penelitian mengiyakan bahwa penumpukan senyawa radikal bebas di tubuh bisa menyebabkan penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular hingga kanker.

Nah, berbagai penelitian menemukan kandungan antioksidan tinggi pada oregano, baik segar maupun olahan. Sebuah penelitian di Rusia dalam jurnal Applied Biochemistry and Microbiology tahun 2011 menyatakan bahwa minyak esensial oregano mengandung senyawa antioksidan carvacrol dan thymol untuk mengusir radikal bebas.

2. Antibiotik yang baik

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk Kesehatanpixabay.com/ariesa66

Oregano memiliki daya penghancur untuk bakteri yang merugikan. Bahkan, penelitian di Pakistan yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2009 menyatakan bahwa rempah ini mampu melawan setidaknya 23 bakteri jahat.

Penelitian di Polandia dalam jurnal Medycyna Doświadczalna i Mikrobiologia tahun 2012 juga membuktikan khasiat oregano dalam bentuk minyak esensial, yaitu dapat menghambat pertumbuhan Escherichia coli (E. coli) dan Pseudomonas aeruginosa (P. aeruginosa).

Tim peneliti di Yunani tahun 2015 membandingkan manfaat antibiotik minyak esensial oregano dengan minyak esensial sage (Salvia officinalis) dan timi atau thyme (Thymus vulgaris). Hasilnya, thyme menduduki peringkat pertama dan oregano menduduki peringkat kedua.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa penelitian yang ada terbatas pada penelitian tabung reaksi dengan ramuan oregano dalam jumlah terkonsentrasi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk tahu khasiatnya pada manusia.

Baca Juga: Bisa Bantu Obati Hipertensi, Tambahkan 10 Rempah Ini ke dalam Masakan

3. Berpotensi mencegah kanker

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk Kesehatanpixabay.com/M W

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, penumpukan senyawa radikal bebas adalah salah satu penyebab kanker. Karena oregano kaya akan antioksidan, jadi rempah ini bisa membantumu mencegah kanker dibarengi pola hidup sehat dan menghindari pemicu kanker.

Menurut studi observasi tabung reaksi di Italia yang dimuat dalam jurnal Nutrition and Cancer tahun 2009, ekstrak oregano dapat mencegah pertumbuhan dan membunuh sel kanker pada kanker usus besar.

Mendukung hasil tersebut, tes tabung reaksi lain di Tiongkok dalam jurnal Anti-Cancer Drugs tahun 2015 menyatakan bahwa komponen antioksidan carvacrol dapat menekan pertumbuhan dan mencegah penyebaran atau metastasis sel kanker usus besar.

Meski begitu, temuan tersebut masih sebatas uji tabung reaksi dengan ramuan oregano dan senyawanya dalam dosis tinggi. Studi pada manusia dibutuhkan untuk mengetahui efeknya.

4. Antivirus yang baik

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk Kesehatanmedicalmagazine.gr

Selain bakteri, beberapa observasi tabung reaksi juga menemukan bahwa oregano dan senyawanya dapat mencegah invasi virus! Lagi-lagi, senyawa antioksidan carvacrol dan thymol yang berperan penting dalam khasiat ini.

Sebuah studi tabung reaksi di Amerika Serikat (AS) yang dimuat dalam Journal of Applied Microbiology menyatakan bahwa carvacrol "mematikan" Norovirus, virus yang menjadi biang kerok gangguan pencernaan, hanya dalam 1 jam.

Selain Norovirus, riset tabung reaksi di Taiwan dalam jurnal Planta Medica tahun 2012 juga menemukan bahwa senyawa carvacrol dan thymol bisa melawan herpes simplex virus hingga 90 persen hanya dalam 1 jam. 

Walaupun demikian, temuan tersebut masih butuh penelusuran lebih lanjut, terutama bagaimana oregano memengaruhi infeksi virus pada tubuh manusia.

5. Mengurangi inflamasi

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk KesehatanTanaman oregano. pixabay.com/photosforyou

Inflamasi sebenarnya adalah respons imun tubuh terhadap penyakit atau cedera. Akan tetapi, jika inflamasi terjadi berlebihan, ini bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga penyakit autoimun. Nah, manfaat terakhir oregano di daftar ini adalah menekan inflamasi!

Senyawa antioksidan pada oregano dapat menetralkan radikal bebas, sehingga inflamasi dapat ditanggulangi. Menurut uji coba terhadap tikus di Brasil yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food tahun 2012, senyawa carvacrol dikatakan mampu mengurangi pembengkakan akibat inflamasi hingga 57 persen.

Sebelumnya, penelitian terhadap tikus di Slowakia yang dipublikasikan dalam jurnal Mediators of Inflammation pada 2007, campuran minyak esensial thyme dan oregano dapat mengurangi penanda inflamasi pada tikus dengan radang usus besar atau kolitis.

Lagi-lagi, masih dibutuhkan penelitian terhadap manusia untuk benar-benar membuktikan efektivitasnya. 

Cita Rasanya Khas, Ini 5 Manfaat Oregano untuk KesehatanOregano segar. pixabay.com/Evgen orlova

Kesimpulannya, oregano memiliki manfaat antioksidan yang dapat mencegah penumpukan senyawa radikal bebas dalam tubuh. Artinya, rempah ini berpotensi mencegah berbagai penyakit kronis. Selain itu, oregano juga memiliki potensi antibiotik dan antivirus.

Itulah ulasan mengenai berbagai manfaat oregano untuk kesehatan, bumbu dapur yang cukup umum ditemui di dapur. Untuk menu makan selanjutnya, jangan lupa menambahkannya ke dalam masakanmu, ya!

Baca Juga: Pandemik, 10 Bumbu Dapur Ini Bisa Meningkatkan Imun Tubuhmu Lho!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya