Comscore Tracker

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!

Sayur ini sering kamu lihat di Glodok

Menjelang Hari Raya Imlek, sayur berikut ini mungkin semakin sering kamu lihat terutama di wilayah Glodok. Namanya adalah fumak (Lactuca sativa var. Longifolia Lam).

Namun, di Indonesia, kamu akan mengenal sayuran satu ini sebagai "sawi pahit" karena rasa pahitnya yang lumayan kuat atau "selada wangi" karena harumnya yang menggugah selera.

Selain fumak, orang-orang Indonesia juga menyebutnya siomak. Bentuk dan warnanya hampir mirip dengan sawi pada umumnya, namun mereka berbeda pastinya.

Jika kalian jarang mendengar tentang sayur ini, tidak apa-apa. Fumak memang jarang dikonsumsi di Indonesia, kecuali di restoran-restoran hidangan Tiongkok yang memasaknya dengan lindung.

Jika kamu berkunjung ke penangkaran kuya, sayur inilah yang dijadikan pakan untuk kuya. Di Jepang, sayuran ini dijadikan salah satu topping selada.

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!giphy.com

Namun, kalian harus mengetahui khasiat yang dibawa bersama dengan rasanya yang setelah ditumis, tidak kalah enaknya dengan sayuran lain. Jadi, yuk, kita telusuri manfaat sayuran satu ini.

1. Mencegah anemia

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!verywellhealth.com

Manfaat satu ini adalah yang paling terkenal dari sayur fumak; dan, memang terbukti bahwa sayur fumak dapat mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah! Sayur yang berasal dari "Negeri Panda" ini ternyata memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang kaya, sehingga bermanfaat bagi produksi sel darah merah di tubuhmu.

Selain itu, fumak juga mengandung asam askorbat yang berguna untuk penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, penderita atau mereka yang tak ingin terkena anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi fumak.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!idntimes.com

Manfaat kedua dari sayur fumak yang jarang diketahui orang adalah manfaatnya untuk tulang dan gigi. Selama ini, masyarakat Indonesia hanya percaya bahwa fumak berkhasiat untuk menambah darah. Hal itu benar, namun, sebenarnya, fumak tidak kalah dengan susu.

Mengandung kalsium, mengonsumsi fumak dapat mencegah osteoporosis dan gigi keropos. Oleh karena itu, rakyat Tiongkok percaya bahwa jika mengonsumsi sayur fumak saat masa pertumbuhan, maka seseorang bisa tumbuh tinggi!

Baca Juga: Daging Ayam atau Sapi? Ini Juara yang Kandungan Gizinya Lebih Tinggi!

3. Menyegarkan kulit

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!veganfoodandliving.com

Untuk kaum Hawa yang ingin mendapatkan kulit bercahaya, jangan hanya memakai losion atau krim foundation. Kamu juga dapat mempertimbangkan mengganti sayuranmu dengan fumak.

Diketahui memiliki kandungan mineral dan vitamin C, fumak dapat membuat kulitmu merona dan halus. Kandungan vitamin B kompleks pada sayur fumak diyakini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

4. Menurunkan berat badan

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!dailystar.co.uk

Jika kamu ingin mengonsumsi protein tanpa harus takut timbangan naik, kamu dapat mengalihkan perhatianmu ke protein nabati. Salah satu sayuran yang kaya akan protein nabati adalah fumak.

Selain itu, fumak juga mengandung asam lemak. Asam lemak bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi fumak, kamu dijamin terbebas dari kolesterol tinggi. Terlebih lagi, karena tidak mengandung lemak jahat, fumak mencegahmu dari obesitas.

5. Mengatasi sembelit

Untuk Darah hingga Kulit yang Sehat, yuk Kenali Manfaat Sayur Fumak!menshealth.com

Manfaat terakhir namun bukan akhir dari fumak adalah obat alami sembelit. Jika kamu mengalami kesulitan buang air besar (BAB) atau tinja yang mengeras, kamu mungkin butuh asupan serat.

Fumak memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat memperlancar proses BABmu selain menurunkan kadar kolesterol. Selain serat yang tinggi, fumak juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Selain dengan lindung, fumak biasa dimasak dengan tapai merah (angcao). Apakah kalian tertarik untuk memasak fumak sekarang? Kalau begitu, berikut adalah salah satu resepnya:

https://www.youtube.com/embed/PRtLUweubjw

Itulah tadi beberapa manfaat kesehatan sayur fumak sekaligus contoh cara mengolahnya. Bagi kamu yang belum pernah tahu sayur ini, coba deh!

Baca Juga: 7 Kandungan Makanan yang Bisa Bikin Rambut Kepala kamu Tetap Gondrong

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya