Comscore Tracker

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakit

Wajib dilakuin nih! 

Sebagai organ yang bertugas dalam menyerap limbah dari makanan, biasanya usus besar rentan mengalami berbagai masalah dan kerap menjadi sumber penyakit. Mulai dari diare, sembelit, radang usus, usus buntu hingga yang paling parah seperti kanker usus. Untuk mencegah hal tersebut, tentunya kamu perlu menjaga kesehatan ususmu dengan cara menerapkan pola hidup sehat. 

Nah, berikut sederet tips menjaga kesehatan usus besar berdasarkan nasehat dari pakar medis. Yuk, praktekan sebelum terlambat! 

1. Tingkatkan asupan vitamin D

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitfashionlady.in

Tahu nggak kamu, kalau vitamin D memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan usus besar loh! Sebagaimana studi yang  diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition bahwa vitamin D dapat bekerja dalam mencegah kanker usus. 

Adapun salah satu sumber vitamin D yang baik adalah sinar matahari di pagi hari. Cobalah berjemur selama 15 menit di jam 7 pagi. 

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin D dari makanan, seperti roti, sereal, ikan salmon, susu dan sebagainya. 

2. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitthecorrespondent.in

Selain meningkatkan asupan vitamin D, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat untuk menjaga ususmu agar tetap sehat. Serat dapat membantu membersihkan usus besar dari limbah dan sisa makanan dengan cara melancarkan proses BAB. Idealnya, takaran serat yang dianjurkan sekitar 35 gram perhari. 

Adapun jenis makanan yang mengandung serat tinggi, diantaranya seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat, pisang, pepaya, beras merah, gandum dan sebagainya.

3. Banyak minum air putih

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitparentcircle.com

Jangan pernah malas minum air, sebab air putih memiliki segudang khasiat untuk kesehatan loh! Salah satunya yakni membantu proses detoksifikasi, yakni membersihkan penumpukan lemak dan racun dari dalam tubuh. Apabila kamu mau tubuhmu tetap sehat, baiknya konsumsi air putih sebanyak 2,5 Liter perhari. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan pengonsumsian buah dan sayuran tinggi air, misalnya semangka, belimbing, selada, tomat dan sebagainya.

Apabila kamu kekurangan asupan cairan maka efeknya tubuh akan mengalami dehidrasi. Limbah yang terakumulasi dalam usus juga bisa menyebabkan beragam risiko penyakit seperti diare hingga irritable Bowel Syndrom (IBS).

Baca Juga: Sudah Tahu? 8 Tanda Bahaya Usus Rusak, Ini Perlu Kamu Simak!

4. Sesekali berpuasalah

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitmedicalnewstoday.com

Jika kamu berpikir bahwa berpuasa bikin badan jadi makin lemas dan sakit, kamu salah! Sebaliknya, telah banyak ilmuwan yang menyatakan bahwa puasa memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya terhadap organ pencernaan seperti lambung dan usus besar.

Ya, dengan kamu berpuasa, aktivitas ini membantu proses pembersihan limbah dan sisa partikel makanan dari usus. Sehingga organ tersebut menjadi lebih bersih dan sehat.

Di samping itu, seorang profesor peraih nobel asal Jepang, Yoshinori Ohsumi juga menemukan bahwa berpuasa juga berperan dalam autophagy, dimana dalam proses ini tubuh akan menghancurkan sel-sel yang telah rusak, serta merangsang pembentukan sel baru. Autophagy juga berkaitan erat terhadap pencegahan penyakit kanker dan diabetes tipe 2.

5. Jangan lupa olahraga

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitgloveworx.com

Olahraga menjadi rutinitas harian yang penting dan tak boleh dilewatkan bila kamu ingin memiliki tubuh sehat. Olahraga bisa membantu proses pembakaran kalori dan lemak, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan asupan oksigen ke dalam organ-organ tubuh, termasuk usus besar.

Kamu nggak perlu kok melakukan olahraga yang berat untuk menjaga kesehatan ususmu. Cukup yang ringan aja, asalkan rutin. Misalnya jogging atau jalan-jalan santai di pagi hari, yoga, senam aerobik, atau sesekali pergilah berenang.

6. Jangan pernah menunda BAB (buang air besar)

6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakitorganicfacts.com

Terakhir, yang perlu kamu catat adalah jangan pernah menunda buang air besar atau BAB. Perlu kamu tahu bahwa menyimpan kotoran dalam usus besar bisa memicu penumpukan racun dan menyebabkan beragam penyakit, seperti diare, infeksi usus, radang usus dan sejenisnya. 

Oleh karenanya, usahakan teratur untuk BAB setiap hari. Bila kamu memiliki masalah sembelit atau konstipasi, maka perbanyaklah konsumsi air dan makanan berserat sehingga BAB menjadi lancar.

Nah, jadi itulah sederet cara menjaga kesehatan usus besar yang wajib banget buat kamu ikuti. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Usus Buntu, Benarkah Gak Ada Gunanya?

Amaniya Photo Community Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You