Comscore Tracker

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Ada yang berhasil ngeluarin peluru cuma gara-gara bersin

Terkadang hidup bisa berubah menjadi malapetaka ketika kesehatan berada di ambang bahaya. Untungnya, para profesional di dunia medis bisa mengupayakan kesembuhan seseorang dengan obat-obatan dan alat-alat medis modern.

Sayangnya, jalan menuju pengobatan nyatanya memiliki cela. Penyembuhan bisa saja gagal oleh infeksi atau reaksi anafilaksis terhadap pengobatan. Dokter juga terkadang menemui penyakit anomali.

Berbagai niat baik untuk kesembuhan nyatanya bisa saja menjadi malapetaka bagi pasiennya. Dan berikut ini cerita dari para pasien dari dunia medis. 

1. Salah diagnosa, wanita ini harus menjalani pengobatan selama dua tahun

https://www.youtube.com/embed/QIK3L7GaF60

Jiwa-jiwa yang dilanda penyakit kanker sering kali merasa tak berdaya. Sayangnya, upaya untuk tetap pulih terkadang malah menambah penderitaan. Memang dibutuhkan semangat dan keinginan yang tinggi agar tetap bertahan.

Karena radiasi dan kemoterapi tak seindah kedengarannya, di balik metode penyembuhan kanker itu ternyata memiliki efek samping seperti kerusakan paru-paru, disfungsi saraf, gangguan jantung, dan gangguan pendengaran.

Seperti kisah berikut ini, dilansir dari The Victoria Advocate pada tahun 2009, Dr. Ahmad Qadri mendiagnosis Herlinda Garcia berusia 54 tahun, menderita kanker payudara stadium IV setelah tumor jinak dikeluarkan dari payudara kirinya. Mendengar hal itu, hati Garcia serasa hancur, ia menulis daftar keinginannya sebelum meninggal, membagikan barang-barang dan merencanakan pemakamannya. Dalam upaya untuk memperpanjang hidupnya, ia melakukan delapan kali kemoterapi. Suaminya dan keempat putranya menyaksikan penderitaan yang dialami Garcia.

Namun anehnya, saat ia menemui dokter kedua, Garcia dinyatakan bebas kanker. Ternyata, Qadri salah membaca tes-tes Garcia dan salah melakukan biopsi. Bagaimana mungkin, selama ini Garcia menghabiskan dua tahun hanya untuk menunggu kematiannya dan terus-terusan mengonsumsi obat-obatan berbahaya.

Antara merasa lega dan kesal, dia menggugat Dr. Qadri. Namun dokter itu meninggal sebelum proses pengadilan selesai, tetapi hakim Texas memberi Garcia ganti rugi 367.000 dolar AS. Sayangnya, uang tidak bisa membeli waktu yang hilang.

2. Lupa ingatan setelah pergi ke dokter gigi

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalaspringvaledental.com

Dilansir dari BBC, seorang prajurit bernama William pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan giginya. Namun setelah dokter gigi memberikan obat bius, ingatan William menjadi kacau. Entah kenapa, ia menjadi tidak mampu mengingat informasi baru lebih dari 90 menit. Ia hanya mengingat peristiwa lama, di pikirannya, setiap hari dia anggap tanggal 14 Maret 2005. Dia bahkan tidak tahu alamat rumah barunya. 

Para ahli kebingungan dengan apa yang dialaminya. Mereka menduga mungkin saja anestesi menyebabkan pendarahan otak, tetapi tes tidak menunjukkan itu. Pemindaian otak dan serangkaian gejala spesifik William juga mengesampingkan amnesia anterograde pada umumnya.

Baca Juga: 7 Negara Ini Tawarkan Perawatan Medis Terbaik di Dunia

3. Pencernaannya terganggu setelah menjalani operasi

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalareadersdigest.ca

Operasi itu membutuhkan kepercayaan yang besar dari pasien. Ahli bedah terkadang membuat kesalahan besar. Seperti yang terjadi pada seorang pasien di Fresno, Pusat Medis Regional Komunitas California.

Seperti yang dijelaskan Houston 13 ABC, seorang pria yang tidak disebutkan namanya, menjalani operasi perut pada tahun 2014 namun berakhir mengerikan. Tubuhnya tidak bisa mengolah makanan atau kotoran dengan baik. Itu karena dokter bedah tak sengaja menempatkan handuk di perut pria itu. Akhirnya pasien itu melakukan operasi kembali untuk mengambil handuk dari perutnya. Pusat medis di denda 86.000 dolar AS akibat keteledorannya.

4. Seorang pria tersadar ketika diotopsi

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalanewshub.co.nz

Seorang warga Venezuela bernama Carlos Camejo menghadapi skenario buruk ketika kesalahan kematiannya membuatnya di otopsi. Dilansir dari Reuters, peristiwa itu terjadi karena kecelakaan mobil pada tahun 2007. Karena alasan yang tidak jelas, petugas medis rupanya menganggap bahwa Camejo akan melakukan otopsi.

Namun, ketika pemeriksa mulai menyayat wajahnya, darah mulai mengalir. Merasa ada yang janggal, petugas otopsi memutuskan untuk menjahit sayatan itu saat Camejo tersadar. Camejo terbangun karena merasakan rasa sakit yang tak tertahankan.

5. Terbakar ketika operasi serviks

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalahealthandmindcare.com

Dikutip dari The Asahi Shimbun, pada tahun 2016 seorang pasien yang tidak disebutkan namanya di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Tokyo mengalami insiden di tengah-tengah operasi serviks.

Dokter sedang mengoperasikan laser namun wanita itu melepaskan gas. Ketika flatus pasien mengenai laser, timbullah semburan api, membuat tirai bedahnya terbakar. Akibat insiden ini, pasien pun mengalami luka bakar yang signifikan.

6. 27 lensa yang menumpuk di mata seorang wanita

https://www.youtube.com/embed/58oHfLZtWK0

Pada laporan tahun 2017 oleh CNN, seorang wanita mengalami gangguan pengelihatan. Ia mengaku bahwa selama 35 tahun menggunakan kontak lensa. Dalam waktu yang lama itu, dia berulang kali memasang lensa baru di matanya karena dia beranggapan kontak lensanya selalu hilang begitu saja tanpa ia sadari.

Dia pun menyadari ada yang salah dengan matanya, karena matanya selalu merah dan kering. Dia pun didiagnosa mengidap katarak di usia 67 tahun dan dokter menyarankan untuk dilakukan operasi katarak. Ketika ahli anestesi mencoba membius matanya, dokter menemukan 27 lensa yang menumpuk dan sudah melengket.

7. Peluru nyasar yang menembus tubuh pasien di rumah sakit

https://www.youtube.com/embed/_nd9I1y4r-4

Dilansir dari WPTV, seorang wanita berusia 62 tahun yang sedang dirawat di rumah sakit tertembak. Kejadian itu terjadi begitu cepat, sebuah peluru menerobos masuk ke dalam ruangan melewati jendela, menembus dua panel, dan melesat ke perut pasien tersebut. Jaksa Wilayah, Jack Whelan mengatakan peluru ditembakan dari kejauhan satu mil. Namun untung saja, Pasien tersebut selamat. 

Penyelidik menentukan bahwa peluru nyasar itu berasal dari senjata petugas polisi. Tidak diketahui sebab pastinya. Tapi kejadian ini menyebabkan kerugian bagi orang yang tidak bersalah. 

8. Tersadar ketika di operasi

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalarebelcircus.com

Warga Swedia bernama Simon Rosenqvist mengalami kejadian buruk ketika sedang operasi pada tahun 2012. Seperti yang dijelaskan The New York Daily News, Rosenqvist menjalani operasi paru-paru selama 50 menit. Namun, tubuhnya menolak untuk bekerja sama, dan Rosenqvist terbangun sekitar sepertiga dari jalannya operasi. Dia sepenuhnya terjaga tetapi tidak dapat memberitahu ahli bedah.

Dia pun merasakan sakit yang luar biasa, namun obat penenang yang begitu kuat telah melumpuhkannya. Otaknya yang kalut meminta untuk bereaksi, tetapi dia bahkan tidak bisa menggerakkan jari kakinya. Begitu obat penenang menghilang, Rosenqvist mampu berbicara kepada staf rumah sakit, "Apa yang sudah kalian lakukan?"

Setelah itu seorang spesialis mengakui bahwa ada tanda-tanda yang salah selama operasi. Namun karena bingung, ahli bedah melanjutkan operasi sesuai prosedur.

9. Peluru yang keluar karena bersin

9 Cerita di Dunia Medis Ini Bikin Geleng-Geleng Kepalaexpress.co.uk

Dikutip dari Telegraph, seorang pria Italia merayakan pergantian tahun baru di Naples. Sialnya, sebuah peluru menembus sisi kanan kepalanya dan bersarang di belakang matanya.

Dia pun segera dilarikan ke rumah sakit. Tetapi sebelum seorang dokter sempat menanganinya, dia pun bersin dan mengeluarkan peluru itu sendiri. Faktanya setiap manusia memiliki lubang di kepala dan fragmen tulang di matanya, namun bersin sambil mengeluarkan peluru itu pasti kejadian yang menyakitkan. Setelah melakukan pengeluaran pria itu menjalani operasi untuk memperbaiki kerusakan.

Hidup memang selalu diiringi oleh kejadian yang tak terduga, seperti sembilan peristiwa aneh yang terjadi di dunia medis. Tapi bagaimanapun juga, hal di atas tidak bisa dianggap sepele, lho. Karena bisa saja membahayakan nyawa. 

Baca Juga: 7 Fakta Medis Sering Membunyikan Persendian, Bahayakah?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya