Comscore Tracker

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!

Jangan kira cuma sembelit, ya!

Usus kita memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Usus memiliki nama lain GI (gastro intestinal) atau gastrointestinal tract. Semua organ yang terhubung dengan usus memiliki peran masing-masing dalam sistem pencernaan. Selain itu kita juga punya triliunan mikroorganisme; bakteria, jamur, parasit, dan virus yang tinggal di dalam tubuh termasuk usus. Kumpulan mikroorganisme ini disebut mikrobiome.

Mikrobiome mengandung mikroorganisme baik dan jahat yang membantu sistem imun tubuh. Sehingga jika kesehatan usus kita terganggu, maka tubuh juga akan ikut terganggu. Memang apa saja tanda-tanda kesehatan usus terganggu?

1. Konstipasi

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!headtopics.com

Menurut Keri Gans, MS, RDN, CDN, pengarangThe Small Change Diet, jika mengalami konstipasi dan kembung terus-terusan, mungkin makanan kita kurang mengandung serat. Sebaiknya cobalah untuk perlahan-lahan menambah asupan makanan yang tinggi akan serat seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan, dan lebih banyak minum air.

Penambahan asupan makanan secara perlahan bertujuan agar tubuh tidak mudah kembung terhadap asupan serat yang lebih tinggi dan agar tubuh bisa beradaptasi dengan lebih baik. 

2. Diare dan sakit kepala sekaligus

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!bustle.com

Diare dan sakit kepala bisa timbul karena racun, makanan yang dicerna dan bakteri jahat masuk ke dalam jaringan usus. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan dan mengubah bakteria di dalam usus. Lama-lama kondisi ini bisa berujung pada celiac disease, Crohn's disease, dan irritable bowel syndrome.

3. Kelelahan dan lesu yang kronis

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!eatthis.com

Menurut Alicia A. Romano, MS, RD, LDN, CNSC, dari Academy of Nutrition and Dietetics, usus memiliki komunikasi konstan dengan otak kita, dan mikrobiome memiliki peran penting dalam kesehatan mental serta cara kita menghadapi stres. Makanan memberi dampak pada perasaan dan suasana hati kita. Ketika gangguan suasana hati tidak selalu disebabkan oleh kesehatan usus, tapi itu bisa jadi salah satu faktor.

Jika kamu mengalami peruabahan suasana hati yang tiba-tiba, mungkin gak ada salahnya mencoba gaya hidup dan pola makan yang baru.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Bakteri Baik di Usus, Sudah Teruji! 

4. Asam lambung meningkat setiap kali makan makanan tertentu

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!bustle.com

Lambung dan esofagus adalah bagian dari saluran pencernaan, dan bisa saja keduanya memproduksi asam terlalu banyak. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh makan yang terlalu cepat sehingga asam lambung naik sampai menyebabkan sesak napas. Beberapa makanan juga bisa menyebabkan asam lambung meningkat seperti; kopi, cokelat, alkohol, makanan berlemak, dan yang mengandung gula tinggi.

5. Sering sakit atau mengalami infeksi

5 Tanda Ususmu Gak Sehat, Butuh Pembersihan!zdrowie.radiozet.pl

Mikrobiome usus memiliki peran penting dalam imunitas tubuh. Sistem imun yang jelek adalah salah satu tanda bahwa ususmu tidak sehat. Sebuah studio menunjukkan bahwa orang yang memiliki kandungan bakteri usus yang rendah (disebabkan mengonsumsi antibiotic) rentan terhadap penyakit flu.

Usus adalah organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya, sebaiknya kita mulai mengubah pola makan yang tidak sehat dan mengurangi konsumsi makanan-makanan yang tidak bergizi.

Baca Juga: 6 Cara Jaga Kesehatan Usus Besar Agar Gak Mudah Sakit

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya