Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!

Jangan takut berkeringat, karena keringat itu tidak berbau

Melakukan kegiatan seharian, terutama cuaca panas mengakibatkan keringat tak terbendung. Produksi keringat yang berlebih mengakibatkan lebih rentang menimbulkan bau yang tidak sedap.

Namun faktanya keringat yang kita keluarkan tidaklah berbau tetapi karena pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keringat berbau. Berikut 5 kebiasaan ini dapat mencegah keringat berbau.

1. Membersihkan lipat tubuh pada saat mandi

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!Pixabay/Stocksnap

Setiap hari kita mandi dua kali. Saat menggosok badan dengan sabun perhatikan bagian-bagian lipatan badan. Pada lipatan badan inilah tempat yang rentang bagi bakteri berkembang biak. Selain itu pergunakan peralatan mandi yang higienis, dari air, sabun, dan handuk. Ganti handuk setiap tiga hari sekali.

2. Jangan memakai baju yang kurang kering atau lembap

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!Pixabay/Stocksnap

Gunakan pakaian yang telah dicuci bersih dan kering. Pakaian yang belum cukup kering dan lembap menyebabkan pakaian berbau dan bakteri berkembang dengan cepat. Bakteri ini akan menempel di badan terkena keringat sehingga mengakibatkan bau badan. Maka jika melakukan banyak aktivitas dalam sehari, berganti bajulah sesering mungkin.

Baca Juga: Bau Badan? Jangan Dibiarkan, Inilah 5 Penjelasan Ilmiah di Baliknya!

3. Mengurangi makan daging merah

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!Pixabay/NjoyHarmony

Daging merah merupakan menu yang lama dicerna oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan lebih lama mengendap pada sistem pencernaan. Pada saat tidak tercerna dan membusuk, daging merah akan melepaskan racun dan gas yang berbau busuk.

Bau ini akan keluar melalui pori-pori kulit, maka dari itu mengonsumsi daging merah berlebih akan mengakibatkan bau badan yang tidak sedap.

4. Mencoba menggunakan deodoran alami

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!silicones.elkem.com

Memakai deodoran sering dilakukan untuk menghilangkan bau badan. Pada dasarnya deodoran hanya berfungsi melawan bau yang diakibatkan oleh adanya bakteri. Bukan mematikan bakteri penyebab bau badan. Sehingga pada saat badan memproduksi banyak keringat dan telah menggunakan deodoran, bau tak sedap akan tetap muncul.

Ada baiknya untuk mencoba menggunakan deodoran alami. Deodoran alami ini lebih bertahan lama dan membuat badan lebih segar tahan lama. Deodoran alami dapat dibuat dengan menggunakan daun sirih direbus kemudian diminum airnya atau daun sirih dihaluskan lalu diberi kapur sirih kemudian dioleskan pada ketiak.

5. Stop merokok dan minuman beralkohol

5 Kebiasaan Ini Bisa Mengatasi Masalah Bau Badan Lho!Pixabay/ geralt

Merokok dan minuman beralkohol dapat merusak metabolisme dalam tubuh yang secara tidak langsung memengaruhi aroma tubuh. Kandungan nikotin dalam rokok dapat diserap oleh kulit dan dapat berpengaruh pada produksi keringat.

Bau badan sangat berperan dalam pergaulan, akibat dari bau badan seseorang akan dikucilkan. Selain itu bau badan juga akan menghilangkan rasa percaya diri. Agar bau badan tidak menghampiri maka mulai saat ini jagalah kebersihan dirimu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami dan Mudah Diterapkan!

A Viva Nahfiah Photo Verified Writer A Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya