Comscore Tracker

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan Lho

Melindungi lebih baik dari pada mengobati

Saat musim hujan udara terasa dingin sehingga dapat menimbul berbagai macam penyakit. Hal ini dapat terjadi jika daya tahan yang menurun, lingkungan dan makanan yang tidak bersih.

Penyakit yang sering menyerang pada saat musim hujan adalah influenza. Namun, ada enam jenis penyakit yang patut diwaspadai pada saat musim hujan.

1. Diare

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan LhoPixabay/ derneuemann

Penyebab dari diare adalah bakteri Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolityca. Bakteri ini berkembang pada lingkungan yang lembab dan kotor. Bagian tubuh yang diserang oleh bakteri ini adalah saluran usus, berasal dari makanan dan minuman kotor. Penderita akan mengalami sakit perut dan buang air besar berulang-ulang dan cair. Jika menderita diare jangan sampai mengalami dehidrasi, karena akan berakibat fatal.

2. Leptospirosis

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan LhoPixabay/ Alexas_Fotos

Leptospirosis berasal dari kuman Leptospira interroge yang terdapat dalam air seni binatang terutama tikus. Kuman akan berkembang biak pada air. Infeksi kuman ini ditularkan melalui kontak kulit dengan air, tanah lembap, atau lumpur yang telah terkontaminasi. Agar dapat terhindar dari penyakit ini cucilah tangan atau mandi setelah terkena air hujan atau genangan air hujan.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana untuk Mencegah  Penyakit Usus Buntu

3. Penyakit kulit akibat dari udara lembap

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan Lhohellosehat.com

Curah hujan dapat menimbulkan kelembapan sehingga bakteri penyebab penyakit kulit akan tumbuh subur. Banjir yang melanda juga dapat sebagai penyebab terjadinya gatal-gatal serta penyakit kulit lainnya. Pseudomonas salah satu penyebab terjadinya gatal-gatal tersebut. Bagian yang terasa gatal akan meradang, perih, dan timbul bintik-bintik berisi cairan.

4. Tifus

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan Lholybrate.com

Bakteri penyebab tifus atau demam tifoid adalah Salmonella Thyphi. Bakteri ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tidak higienis dan telah terkontaminasi oleh bakteri ini. Jika penyakit ini tidak diobati, bakteri salmonella Thyphi akan menyebar ke seluruh tubuh dan memasuki pembuluh darah. Gejala tifus akan semakin memburuk jika telah terjadi pendarah internal atau usus bocor.

5. Demam berdarah

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan LhoPixabay/ skeeze

Genangan air akibat banjir merupakan tempat bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Usahakan tidak terjadi genangan air di sekitar rumah sebagai salah satu usaha pencegahan berkembang biak nyamuk ini.

6. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Waspada, 6 Penyakit Ini Juga Bisa Menyerang di Musim Hujan Lhodreamstime.com

ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan), hingga paru-paru. Jika tidak ditangani infeksi ini dapat menyebar ke seluruh sistem pernafasan sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini dapat berakibat fatal yang berujung kematian.

Menjaga kesehatan sangat penting, terutama dalam menghadapi musim hujan. Salah satu cara mengantisipasi menghadapi musim hujan agar tidak terserang penyakit adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta menjaga kebersihan diri. Dapat juga menambahkan vitamin atau suplemen kesehatan agar tubuh tetap bugar dan dapat beraktivitas selama musim hujan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Hindari Flu Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Keburu Lemas!

Andi Nitha Nahfiah Photo Community Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You