Comscore Tracker

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang Kambuh

Jangan sampai aktivitas terhambat akibat wasir yang kambuh

Wasir atau dalam bahasa medis hemoroid adalah penyakit yang disebabkan pembesaran pembuluh darah pada area anus, penderita akan merasakan panas pada sekitar anus, sulit atau sakit pada saat duduk hingga berdarah pada saat buang air besar.

Bagi penderita wasir penting memilih makanan yang akan dikonsumsinya agar tidak kambuh. Berikut Makanan yang harus dihindari bagi penderita wasir sedang kambuh.

1. Makanan pedas

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang KambuhPexels.com/ icon0.com

Makanan pedas memang nikmat bagi yang menyukai. Tetapi bagi penderita wasir harus berhati-hati karena makanan pedas memicu asam lambung naik. Dengan demikian akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan. Makanan pedas akan semakin memperburuk keadaan sekitar usus besar dan anus yang membengkak.

2. Makanan olahan

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang KambuhPexels.com/ Photo Mix Ltd

Termasuk makanan olahan yaitu sosis, keju, daging asap, junk food. Makanan tersebut sedikit kandungan seratnya. Sehingga mengakibatkan sembelit. Feses yang keluar akan keras dan anus akan semakin sakit saat buang air besar sehingga wasir semakin membengkak.

Baca Juga: 6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemia

3. Makanan asin

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang KambuhPexels.com/ Ronmar Lacamiento

Kadar garam yang terdapat pada makanan asin menyebabkan penyusutan cairan. Sehingga menimbulkan pembengkakan pada pembuluh darah. Demikian juga pembuluh darah sekitar anus sehingga wasir akan semakin parah.

4. Makanan gorengan

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang KambuhPexels.com/ Chan Walrus

Makanan gorengan sulit dicerna sehingga memperlambat proses pencernaan secara keseluruhan, akibatnya sulit untuk buang air besar karena feses yang mengeras.

5. Daging

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Wasir Sedang KambuhPexels.com/ Malidate Van

Sama dengan makanan gorengan, daging juga sulit untuk dicerna, terutama daging merah. Akibat dari sulit dicerna maka feses akan mengeras. Feses yang keras dan lama tidak dikeluarkan akan mengakibatkan wasir semakin parah pada saat buang air besar.

Jika kamu telah menderita wasir maka hindari makanan tersebut di atas, demikian juga saat wasir kamu sedang kambuh. Pada saat wasir sedang kambuh segala aktivitas kamu akan terhambat tentunya. Yuk, jaga kesehatan!

Baca Juga: 5 Makanan Untuk Atasi Sembelit, Wajib Dikonsumsi Selama Ramadan

Andi Nitha Nahfiah Photo Verified Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You