Comscore Tracker

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah Didapat

Kuku adalah cerminan kesehatan kamu

Jamur kuku atau onikomikosis menyerang kuku tangan dan kaki. Bila jamur kuku menyerang, permukaan kuku akan bergelombang, kuku menjadi berwarna kuning, rapuh, mudah mengelupas, dan kusam. Jamur kuku dapat tumbuh dari dasar kuku kemudian secara perlahan mengangkat kuku sehingga pertumbuhannya tidak sempurna dan kuku dapat menusuk.

Jamur kuku sering menyerang kuku kaki, karena kuku kaki jarang diperhatikan kebersihannya. Jika jamur kuku menyerang, kamu dapat mengobati dengan bahan yang mudah didapat di rumah, yaitu:

1. Obat kumur (mouthwash)

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah DidapatPixabay/ Olichel

Obat kumur bersifat anti jamur sehingga dapat membunuh kuman di dalam mulut. Karena sifat obat kumur anti jamur maka dapat dipakai juga untuk mengatasi jamur kuku. Rendam kuku tangan atau kaki yang terinfeksi jamur kuku pada baskom yang berisi obat kumur ini. Lakukan berulang kali untuk hasil yang maksimal.

2. Baking soda

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah DidapatPixabay.com/Evitaochel

Baking soda selain untuk bahan kue dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku karena dapat menyerap lembap yang mengakibatkan jamur tumbuh dengan subur. Sehingga baking soda sangat efektif mencegah dan memperlambat pertumbuhan jamur kuku tersebut. Jika kuku kaki atau tangan yang terserang, olesi baking soda  pada kuku yang terinfeksi jamur ini dengan cara, beri air pada baking soda hingga berbentuk pasta. Oleskan dan diamkan hingga 10 menit kemudian bilas. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

3. Bawang merah

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah DidapatPixabay.com/Costanzimarco

Bawang merah bersifat anti jamur yang efektif membunuh jamur. Iris bawang merah kemudian gosok-gosok pada kuku yang terinfeksi jamur kuku. Diamkan selama 20 menit kemudian dibilas dengan air. Ulangi hingga beberapa kali.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Melawan Infeksi Jamur Kuku

4. Bawang putih

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah DidapatPixabay.com/ Stevepb

Bawang putih mengandung anti jamur yang tinggi. Parut beberapa siung bawang putih kemudian campur dengan air dalam baskom. Gunakan untuk merendam kaki yang terserang jamur kuku.

5. Kunyit

Mengobati Jamur Kuku dengan 5 Bahan yang Mudah DidapatPixabay.com/ Stevepb

Kunyit bersifat antiseptik dapat mengobati jamur kuku dan mencegah infeksi yang terjadi akibat jamur ini. Campurkan satu sendok kunyit bubuk dengan air hingga berupa pasta. Aplikasikan pasta kunyit pada kuku yang terkena jamur kuku, diamkan hingga 3-4 jam kemudian dibilas. Gunakan berulang ulang.

Karena kuku kaki paling sering mengalami jamur ini maka jagalah kebersihan dan hindari kaki dari kelembapan, jamur senang di tempat yang lembap. Hindari juga meminjam kaos kaki dan sepatu karena jamur kuku bersifat menular. 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Bersih

Andi Nitha Nahfiah Photo Verified Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You