Comscore Tracker

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Coba

Pahami tips meditasi yang mudah untuk dipelajari

Belajar meditasi merupakan suatu tren yang sedang populer dewasa ini. Banyak cara dan jalan yang ditawarkan untuk memulai belajar meditasi, karena memang manfaat meditasi yang telah teruji secara ilmiah. Namun demikian bagi pemula, seringkali belajar meditasi menjadi sesuatu hal yang sulit.

Dikarenakan umumnya orang tidak mendapat instruksi yang formal dan tepat tentang meditasi, dan melakukan hal-hal yang sebenarnya menyulitkan kita untuk hidup secara meditatif. Berikut di bawah ini adalah tips-tips meditasi untuk pemula yang sangat sederhana dan dapat dipraktekkan oleh semua orang.

1. Hanya sadar saja

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Cobapexels.com

Intisari dari melakukan meditasi sebenarnya adalah hanya sadar saja. Ya, hanya sadar saja secara alamiah. Kita umumnya menjalani hidup dengan kurang sadar. Pikiran kita terhanyut ke masa lalu ataupun masa depan, kita tidak benar-benar hadir di saat ini.

Demikian esensi belajar meditasi adalah mengemballikan Kesadaran kita untuk beristirahat menikmati saat ini. Ketika kita sedang makan, maka sadari saja aktivitas makan.

Ketika kita sedang minum, sadari saja aktivitas minum. Kemudian ketika kita bernapas, sesekali cobalah untuk menyadari napas. Apa pun aktivitas kita dapat menjadi media untuk berlatih Kesadaran. Apa pun yang sedang terjadi, sadari saja. Itulah meditasi.

2. Pendek-pendek tetapi sering

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu CobaDokumentasi Pribadi

Ketika bermeditasi, pikiran kita akan mengembara ke sana kemari. Pengenalan kita akan kesadaran tidak akan bertahan lama, itu tidak apa-apa. Salah satu instruksi yang cukup inti dalam belajar meditasi adalah pendek-pendek tetapi sering. Wajar bahwa pikiran kita akan ke mana-mana. Yang perlu kita lakukan adalah kembali menyadari apa yang kita lakukan, meskipun hanya satu detik atau dua detik, tidak apa-apa.

Kita hanya perlu kembali kepada napas kita, atau kembali mengistirahatkan batin pada terdengarnya suara. Atau kita hanya perlu kembali pada proses menyadari bagaimana telapak kaki kita menempel pada tanah, dan kegiatan apa pun yang sedang berlangsung di saat ini dan di sini.

3. Tidak perlu mengosongkan pikiran

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Cobapexels.com

Salah satu tips belajar meditasi yang jarang diketahui orang adalah bahwa kita tidak perlu mengosongkan pikiran. Kita juga tidak perlu untuk menolak arus perasaan. Justru belajar meditasi adalah sarana bagi diri kita untuk mengekspresikan secara sadar apa yang perlu diekspresikan oleh batin kita di sini dan di saat ini.

Apabila ada pikiran, sadari saja dan sesekali kembali istirahatkan perhatian kita pada nafas. Bahkan mengistirahatkan perhatian pada pikiran itu sendiri juga boleh. Kita tidak hanyut kepadanya, justru kita berpikir secara sadar. Menyadari pikiran sebagai bagian dari arus hidup kita.

Apabila ada perasaan apa pun yang muncul juga seperti itu. Kita hanya menyadari saja bahwa perasaan itu muncul. Kita tidak hanyut kepadanya maupun tidak menolaknya. Menyadari apa adanya di sini dan di saat ini. Melalui berbagai jembatan sederhana seperti menyadari napas, menyadari suara, ataupun menyadari langkah kaki ketika berjalan.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi dari Segi Medis, Gak Cuma Kurangi Stres

4. Bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Cobapexels.com

Salah satu keistimewaan dalam belajar meditasi adalah bahwa keilmuan ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Benar-benar tidak ada yang bisa menghalangi metode meditasi. Karena meditasi pada esensinya adalah mengenal kesadaran, yakni bagian terbaik dari diri kita yang memungkinkan terjadinya segala pengalaman-pengalaman.

Kuncinya sekali lagi adalah "hanya sadar saja" dan "pendek-pendek tetapi sering". Ketika mengantuk, kita bisa menyadari proses mengantuk. Ketika capek, juga kita bisa menyadari proses capek yang ada di tubuh kita. Pada faktanya, itu akan menyehatkan tubuh kita dan merilekskan tubuh kita juga.

Semua kegiatan baik eksternal maupun internal benar-benar dapat digunakan untuk sarana belajar meditasi. Kuncinya hanya menyadarinya saja, dan memang kesadaran itu awalnya tidak akan bertahan lama dan perlu untuk direpetisi sesering mungkin.

5. Manfaat terbesar meditasi

5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu CobaDokumentasi Pribadi

Dengan melakukan latihan belajar meditasi yang sangat sederhana di atas, kita sebenarnya telah mau untuk menyentuh bagian terbaik dari diri kita. Karena esensi meditasi itu adalah mengenal kesadaran. Sedangkan kesadaran inilah yang memungkinkan terjadinya berbagai pengalaman. Kesadaran inilah adalah sumber segala arus energi yang baik seperti cinta kasih dan welas asih.

Dengan berlatih kesadaran juga kita membuka ruang yang lebih luas, untuk kita tidak terhanyut dengan arus neurotik pikiran dan perasaan kita. Dengan berlatih kesadaran ada jeda antara arus pikiran dan perasaan kita, sehingga kita memiliki pilihan-pilihan yang lebih luas ketika bertindak.

Istilah psikologisnya, ada jeda antara stimulus dengan respons. Kita menjadi sadar bahwa kita memiliki banyak pilihan, dan bisa mengambil pilihan-pilihan hidup dengan sadar adalah sebuah berkah yang begitu indah.

Baca Juga: 10 Potret Memesona Raline Shah Pakai Batik Endek saat Meditasi di Bali

Andreas Pasolympia Photo Writer Andreas Pasolympia

Happiness Coach Mindfulness | Communication | Human Development

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya