Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!

Jerawat selalu menjadi masalah utama pada wajah, lho!

Pernahkah kamu berpikir bahwa mengapa wajah kamu tiba-tiba mudah berjerawat? Tentu ini menjadi hal buruk, jerawat bisa memenuhi semua bagian muka kamu sehingga terlihat tidak baik.

Namun semua itu bukan tanpa alasan, jerawat bisa timbul sudah pasti ada penyebabnya baik faktor dari dalam maupun dari luar. Untuk lebih jelasnya, lebih baik kita simak ulasan tentang lima alasan mengapa wajah kamu jadi mudah berjerawat. Jangan dianggap remeh lho, ya!

1. Terlalu sering memegang wajah

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!Pexels.com/Gabb Tapic

Pada umumnya orang akan berulang kali memeriksa wajahnya setiap hari dengan tangan, tujuan utamanya untuk memeriksa apakah wajahnya tersebut berminyak atau penuh dengan debu halus.

Namun ternyata hal ini akan berdampak buruk pada wajah kamu, kotoran dan bakteri yang menempel pada tangan akan ikut menempel pada wajah.

Tentu ini akan meningkatkan risiko wajah kamu dipenuhi jerawat, kebiasaan yang sering kita anggap sepele ternyata menjadi faktor utama timbulnya jerawat-jerawat baru di beberapa area wajah.

2. Mengeringkan wajah dengan handuk

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!Pexels.com/Pedro Sandrini

Kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk setelah mandi atau cuci muka sudah menjadi hal biasa, namun tahukah kamu bahwa ini bukan kebiasaan baik?

Mengeringkan wajah dengan handuk dapat meningkatkan risiko terkena jerawat, apalagi handuk yang dipakai juga untuk mengeringkan badan.

Handuk bisa menjadi sarang bakteri, jika digunakan untuk mengeringkan wajah akan sangat tidak baik bagi kesehatan kulit wajah kamu.

3. Sabun wajah yang digunakan tidak cocok

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!Pexels.com/Burst

Wajah yang secara tiba-tiba muncul banyak jerawat bisa terjadi karena beberapa sebab, salah satunya karena tidak cocok dengan sabun wajah yang digunakan.

Walaupun menurut orang itu sabun wajah terbaik, jika tidak cocok tetap saja akan timbul jerawat. Makanya kamu harus memilih sabun yang tepat, jangan sampai salah pilih hanya karena rekomendasi teman atau karena harganya yang murah di kantong.

Baca Juga: 6 Cara Jitu yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Kehitaman

4. Sering begadang atau jarang tidur

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!Pexels.com/JESHOOTS.com

Tidur memang dikenal sebagai pemulihan stamina dan energi setelah dipakai beraktivitas terutama di siang hari, namun tahukah kamu bahwa tidur juga mampu membuat kamu terhindar dari jerawat?

Tidur yang cukup akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu sehingga tidak rentan terkena bakteri terutama di area wajah. Jadi intinya adalah jangan terlalu banyak begadang untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat.

5. Tidak menjaga pola makan dengan baik

5 Alasan Mengapa Wajah Kamu Jadi Mudah Berjerawat, Harus Waspada Nih!Pexels.com/Criativithy

Siapa sangka ternyata makanan yang kita makan setiap harinya bisa berpengaruh pada kesehatan kulit wajah kita, terutama gangguan kulit seperti jerawat.

Tentu ini harus segera di antisipasi, jika tidak maka jerawat bisa timbul pada wajah kamu secara tiba-tiba dan terus menerus terjadi jika tidak segera di ubah pola makannya.

Itu dia deretan alasan mengapa wajah kamu mudah sekali terkena jerawat. Memang banyak sekali tip dan trik atau cara untuk mengatasi jerawat, namun kamu juga harus tahu penyebab utama mengapa jerawat di wajah bisa timbul.

Baca Juga: 5 Fakta Acne Shaming, Sebabkan Gangguan Mental Akibat Masalah Jerawat

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya