Comscore Tracker

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatan

Melatih otak juga bisa dilakukan saat mandi, lho

Mandi adalah salah satu kegiatan primer di kehidupan manusia selain makan dan tidur. Mandi berguna untuk membersihkan kotoran dan kuman-kuman tak kasat mata yang menempel di tubuh selama seharian.

Meskipun frekuensi mandi memiliki pandangan yang berbeda-beda dari setiap ahli, tapi di Indonesia mandi dua kali sehari sudah menjadi wajib hukumnya.

Mandi di pagi hari untuk membantu bangun dari tidur dan membangkitkan semangat beraktivitas. Sementara mandi di sore hari untuk membantu tubuh rileks dari beban aktivitas sepanjang hari.

Meskipun sudah dilakukan sedari lahir, kegiatan mandi tetap punya mitos-mitos yang menyertainya, mulai dari pantangan mandi malam, pantangan mandi setelah makan, dan lainnya.

Nah, berikut ini adalah 9 tips yang bisa diterapkan saat mandi. Dijamin membuat kegiatan mandimu lebih beresensi dan bermanfaat.

1. Memilih suhu air sesuai kebutuhan

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi kolam air panas (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Memilih suhu air saat mandi punya manfaat tersendiri. Air hangat dapat membantumu rileks. Uapnya pun bisa membantu meringankan gejala pilek, tapi tidak cocok untuk pemilik kulit kering.

Sementara air dingin akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Mandi air dingin juga akan membuatmu terjaga di pagi hari. Namun, air dingin tidak cocok digunakan apabila sedang sakit dan kedinginan.

2. Menyisir rambut sebelum keramas

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi menyisir rambut (pexels.com/cottonbro)

Menyisir rambut sebelum keramas ternyata dapat meminimalisir kerontokan rambut yang terjadi akibat rambut kusut, lho. Selain itu, menyisir rambut juga akan membuatmu lebih mudah mengaplikasikan sampo secara merata dan membilasnya.

3. Menggunakan sampo dengan benar

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi keramas (pexels.com/cottonbro)

Saat mencuci rambut, pastikan kamu menggosoknya dulu dengan air hingga berbusa. Ratakan sampo secukupnya, jangan terlalu banyak untuk menghindari rambut kering sebanyak dua kali.

Pertama, ratakan sambil memijat kulit kepala. Selanjutnya ratakan di rambut dengan cara menyisir dan mengusapnya dengan lembut.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Mandi pada Malam Hari, Gak Selalu Buruk

4. Menggunakan kondisioner

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi kondisioner rambut (unsplash.com/Mathilde Langevin)

Jika kamu tidak menggunakan kondisioner setela keramas, mulai sekarang kamu harus membiasakannya. Sebab, kondisioner berguna untuk menguci keratin yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut.

5. Jangan mandi terlalu lama

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi berendam (unsplash.com/Though Catalog)

Jangan mandi terlalu lama. Pastikan kamu menggunakan waktu mandimu dengan secukupnya. Mandi yang terlalu lama akan menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap virus. Selain itu beberapa masalah kulit juga lebih rentan dirasakan, seperti kulit kering, eksim, gatal-gatal, dan kulit kemerahan .

6. Bersihkan area-area pemicu bau tak sedap

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi mandi (unsplash.com/Hannah Xu)

Saat mandi, pastikan untuk membersihkan beberapa area di tubuhmu yang menjadi pemicu bau tak sedap. Area-area tersebut, seperti ketiak, bokong, dan selangkangan.

Bagian-bagian tubuh tersebut memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Jadi, membersihkannya pun harus secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Cowok Saat Memilih Sabun Mandi

7. Bedakan handuk yang digunakan

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi handuk mandi (unsplash.com/Denny Muller)

Mulailah untuk membedakan handuk untuk mengeringkan rambut dan badan. Lalu, keringkan bagian yang basah dengan lembut. Jangan menggosoknya, tapi lap dengan lembut saja, ya.

8. Gosok gigi dengan tangan non-dominan

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi menggosok gigi (unsplash.com/NCI)

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa manfaatnya kegiatan satu ini? Menggosok gigi dengan tangan non-dominan berguna untuk melatih otak, lho. Kegiatan sepele ini tidak hanya membuat kegiatan mandimu jadi lebih menyenangkan, tapi juga membantu untuk melatih otak dan memperkuat memori. 

9. Mengganti peralatan mandi secara berkala

Kelihatan Sepele, 9 Tips saat Mandi Ini Berguna untuk Kesehatanilustrasi peralatan mandi (unsplash.com/Diana Akhmetianova)

Kamar mandi merupakan tempat bakteri berkembang biak dengan cepat karena temperaturnya yang lembab. Jadi usahakan mengganti shower puff dalam 4 minggu sekali, handuk setiap minggu, dan sikat gigi dalam 3 bulan sekali. Ini supaya peralatan mandimu tidak menjadi sarang kuman.

Terdengar sepele, tapi tidak ada salahnya kalau dicoba. Sebab, hikmahnya mungkin tidak langsung terlihat, tapi terjadi dalam beberapa tahun dari sekarang. Hal yang pasti, jangan malas mandi, ya.

Baca Juga: Jangan Simpan 13 Barang Ini di Kamar Mandi, Bisa Jadi Sarang Kuman

Creamy Cano Photo Verified Writer Creamy Cano

Penikmat K-pop terutama Day6, pecinta film, anime, dan astronomi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya