Comscore Tracker

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman 

Jangan lupa selalu terapkan 3M ya!

Aktivitas olahraga di pusat kebugaran atau gym awalnya sempat ditinggalkan di masa pandemi. Para ahli mengatakan gym merupakan salah satu tempat beresiko untuk penularan virus COVID-19.

Namun seiring diterapkannya masa normal baru atau adaptasi kebiasaan baru, olahraga di gym mulai diperbolehkan meski harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat memilih olahraga di gym di masa new normal. Tips-tips ini tentunya berguna untuk mengurangi risiko tertular COVID-19. Apa saja? Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Bawa perlengkapan sendiri 

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman unsplash.com/Danielle Cerullo

Bawa perlengkapan pribadi seperti handuk, baju olahraga, dan botol minum. Jangan lupa juga membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga. Kamu juga bisa tetap memakai masker jika tujuanmu hanya olahraga ringan.

2. Pilih tempat gym yang aman dan menerapkan protokol kesehatan ketat 

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman unsplash.com/Boxed Water Is Better

Pilihlah pusat kebugaran atau gym yang aman. Perhatikan juga apakah gym tersebut selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Lebih baik hindari gym yang terlalu ramai karena bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama Pandemi

3. Semprot alat dengan cairan disinfektan sebelum digunakan 

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman unsplash.com/Anastase Maragos

Jika memungkinkan, semprot alat-alat gym di bagian yang bersentuhan langsung dengan tangan sebelum digunakan. Kamu bisa menyemprotnya menggunakan cairan disinfektan dan jangan lupa dilap hingga kering.

4. Pilih olahraga atau latihan yang ringan hingga sedang 

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman unsplash.com/Trust "Tru" Katsande

Jika kamu bukan atlet, pilihlah olahraga atau latihan yang ringan hingga sedang saja. Olahraga ringan bisa meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Dokter Reisa Broto Asmoro selaku anggota Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan, olahraga berat di masa pandemi sebenarnya tidak disarankan. Pasalnya, pasca berolahraga berat tubuh membutuhkan waktu lama untuk bisa kembali normal. Proses ini membuat kita berisiko terinfeksi COVID-19.

5. Mandi di rumah 

5 Tips Nge-gym di Masa New Normal agar Tetap Sehat dan Aman unsplash.com/kevin Baquerizo

Setelah selesai olahraga di gym, langsung pulang dan pilih mandi di rumah saja. Langsung cuci handuk dan pakaian olahraga. Jangan lupa juga selalu terapkan 3M, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, dan menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Kalau protokol kesehatannya kamu lakukan dengan benar, dijamin aman kok. Kamu pun bisa olahraga, tubuh juga jadi segar bugar. Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: 5 Tips Makan Aman di Restoran saat Masa New Normal

Andry Trisandy Photo Verified Andry Trisandy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya