Comscore Tracker

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker

Bermanfaat banget untuk tubuh

Siapa yang tidak tahu kuaci? Makanan ringan yang kerap menjadi jajanan favorit anak-anak hingga orang dewasa. Makanan ini sering jadi camilan orang-orang saat asyik menonton pertandingan sepak bola, atau mereka yang sedang duduk santai bersama keluarga. Kuaci atau biji bunga matahari ternyata memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi.

Adapun manfaat kuaci bagi tubuh berasal dari berbagai kandungan positif yang terdapat pada kuaci. Setiap 28 gram kuaci diantaranya mengandung 164 kalori, 2,4 gram serat, 5,8 gram protein, 47 persen vitamin E, 27 persen mangan, dan 23 persen magnesium. Yuk simak 5 manfaat makan kuaci bagi kesehatan berikut ini.

1. Mencegah kanker

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kankerlensalovebird.com

Selain mengandung vitamin dan protein, ternyata kuaci juga mengandung beberapa mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya selenium. Kandungan mineral ini dalam biji bunga matahari dapat menghambat sel kanker. Mineral selenium ini bisa menjadi penangkal bagi tubuh dari berbagai ancaman kanker seperti kanker usus besar, kulit, kemih dan prostat. Selain itu selenium juga membantu meningkatkan perbaikan DNA atau Asam deoksiribonuklea pada tubuh.  

2. Menyehatkan jantung

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kankerbusegamazao.co.tz

Pada kuaci terdapat vitamin E yang dapat melindungi diri dari penyakit jantung. Sebagaimana diketahui, vitamin E memiliki manfaat sebagai antioksidan bagi tubuh kita
dalam menyingkirkan kolesterol jahat yang masuk ke tubuh, karenanya dinilai dapat menurunkan risiko kematian dari penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kankerkeywordbasket.com

Dalam biji bunga matahari terdapat kandungan mineral lainnya yakni magnesium. Kandungan ini berguna untuk kesehatan tulang dan produksi energi di dalam tubuh manusia. Karena kaya akan kandungan mineral, kuaci cocok menjadi camilan bergizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu magnesium yang terdapat dalam kuaci juga baik bagi kesehatan otot seperti otot jantung.

Baca Juga: Mengenal Quinoa, Biji-bijian yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

4. Bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah KankerUnsplash.com /Matt Briney

Pada biji bunga matahari juga terdapat senyawa yang bermanfaatkan sebagai antioksidan alami bagi tubuh, dengan begitu dapat menghilangkan molekul yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Senyawa tersebut adalah polifenol seperti asam klorogenat, asam quinic, dan asam caffeic. Dalam hal ini asam klorogenat dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

5. Membantu menstimulasi pertumbuhan rambut

5 Manfaat Makan Kuaci Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kankerblog.tokotanaman.com

Adanya kandungan zinc dalam kuaci ternyata dapat membantu menumbuhkan rambut. Zinc juga bisa mencegah kerontokan rambut sehingga baik untuk menjaga kesehatan rambutmu. Selain menstimulasi pertumbuhan rambut, zinc juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka hingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah 5 manfaat makan kuaci yang baik bagi kesehatan. Makanlah camilan enak ini dengan tidak berlebihan ya, sebab jika berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh seperti merusak gigi, kenaikan berat badan hingga gangguan usus.

Baca Juga: Mengenal Quinoa, Biji-bijian yang Bisa Jadi Pengganti Nasi

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You