Comscore Tracker

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!

Bebas kolesterol

Telur ayam kerap menjadi lauk sarapan pagi yang nikmat untuk disantap. Ada berbagai kreasi mengolah telur yang banyak disukai orang seperti telur dadar, telur mata sapi, hingga telur setengah matang.

Gak heran kalau telur menjadi favorit semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain rasanya yang enak, ternyata telur kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dari putih telur. Ini karena putih telur mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh kita.

Pada putih telur terdapat kandungan protein yang lebih kaya dibandingkan kandungan kalorinya yang rendah.

Berikut IDN Times kasih ulasan beberapa khasiat atau manfaat putih telur yang ternyata baik untuk kesehatan dan menjaga pertumbuhan otot tubuhmu. Simak yuk penjelasan lengkapnya dibawah ini!

1. Membantu pertumbuhan otot pada tubuh

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!Unsplash.com /Niyas Khan

Memakan putih telur dapat membantu pertumbuhan otot yang kuat serta sehat. Ini karena putih telur kaya akan protein yang baik untuk memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi rutin putih telur, akan membantu siapa saja untuk memperbaiki jaringan ototnya.

Namun perlu diingat, untuk membentuk pertumbuhan otot tidak bisa mengandalkan konsumsi putih telur saja. Kamu harus mengimbanginya dengan meminum air putih serta olahraga teratur, khususnya olahraga untuk membentuk otot.

2. Baik untuk menurunkan berat badan

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!Pixabay.com/geralt

Putih telur juga berkhasiat menurunkan berat badan. Ini karena kandungan lemak yang rendah pada putih telur, sehingga sangat dianjurkan untuk menjadi menu bagi siapapun yang menjalankan program diet.

Kandungan protein yang ada pada putih telur dapat mengontrol tubuh terhadap asupan kalori, apalagi putih telur kaya akan protein dan rendah kalori. Karenanya, mengonsumsi putih telur dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh Dilewatkan

3. Tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk tubuh

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!Pixabay.com/Couleur

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi penderita diabetes, sebab putih telur bebas dari kolesterol yang menjadi momok bagi pengidap penyakit gula.

Untuk itu tips memakan telur agar sehat adalah dengan tidak memakan kuning telurnya, melainkan hanya memakan putih telurnya saja.

Adapun kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi sehingga akan semakin membuat kolesterol seseorang bertambah jika mengonsumsinya secara berlebih.

4. Membantu menghindari risiko penyakit kanker

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!Unsplash.com /Ken Treloar

Manfaat lain dari memakan putih telur yakni dapat menjaga tubuh dari risiko kanker. Hal ini karena adanya kandungan selenium pada putih telur.

Ada beberapa risiko kanker yang bisa menyerang perempuan dan laki-laki saat ini. Salah satunya kanker prostat yang kerap menyerang kaum adam. Putih telur dinilai efektif untuk membantu seseorang menghindari risiko kanker tersebut.

5. Dapat meningkatkan sel darah merah

5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Otot!www.halodoc.com

Adanya kandungan zat besi pada putih telur dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Nutrisi ini tentu sangat penting bagi tubuh.

Sebab jika tubuh kekurangan zat besi, maka dapat terkena anemia atau kekurangan darah. Untuk itu mengonsumsi putih telur menjadi solusi untuk meningkatkan produksi sel darah merah. 

Demikianlah 5 manfaat putih telur yang dapat kamu konsumsi bagi kesehatan tubuh. Selagi muda, penting untuk menjaga kesehatan dimulai dari mengonsumsi makanan yang dapat memberi nutrisi penting pada tubuh.

Baca Juga: Kaya Akan Protein, Ini 7 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Tubuh

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Wendy Novianto

Just For You