Comscore Tracker

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan Tubuh

Bagus juga untuk cegah kebotakan

Kacang hijau merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi. Bahkan kacang hijau menjadi menu yang aman dikonsumsi bagi ibu-ibu hamil karena dapat menyehatkan janin.

Ada beberapa nutrisi baik yang terkandung dalam kacang hijau seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi, juga tembaga yang semuanya baik untuk tubuh.

Ada beberapa cara menikmati kacang hijau, salah satunya dengan merebus kacang tersebut. Air rebusan kacang hijau memiliki manfaat sebagai asupan bergizi bagi tubuh.

Biar gak penasaran, berikut ini 5  manfaat air rebusan kacang hijau yang bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan mata

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan TubuhPixabay.com/Insideout1

Jika kamu sering mengalami mata merah karena lelah atau iritasi, mungkin bisa mencoba air rebusan kacang hijau sebagai menu sehatmu. Ini karena air rebusan kacang hijau mengandung vitamin A yang bagus untuk menyehatkan mata yang letih.

Nikmati air rebusan kacang hijau saat kamu telah selesai beraktivitas atau dalam kondisi waktu luang. Jangan sepelekan masalah kesehatan mata, apalagi saat mata sudah mulai menimbulkan gejala sakit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan TubuhPixabay.com/PDPics

Menikmati air rebusan kacang hijau dapat memberi asupan protein untuk tubuh. Sehingga dapat membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka. Protein sendiri berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat luka. Untuk itu, jangan sia-siakan kandungan protein pada kacang hijau sebagai asupan yang menyehatkatkanmu ya.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Sehat dari Kacang Hijau, Dijamin Bergizi! 

3. Baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan TubuhPexel.com/rawpixel.com

Sari kacang hijau atau air rebusan kacang hijau juga bermanfaat bagi penderita anemia atau kekurangan darah. Ini karena adanya kandungan zat besi yang ada pada air rebusan kacang hijau.

Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Ingat, kekurangan darah merah akan membuat seseorang mudah lelah dan pusing, sehingga akan menghambat aktivitas yang kamu lakukan. Untuk itu air rebusan kacang hijau bisa menjadi solusi mengatasi masalah anemia.

4. Melancarkan pencernaan tubuh

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan TubuhPixabay.com/PDPics

Jika kamu mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit, apalagi sampai tidak buang air besar berhari-hari, hal itu tentu berbahaya dan akan merusak sistem perncernaan. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi air rebusan kacang hijau. Ini karena adanya kandungan serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan kacang hijau ini setiap harinya.

5. Membantu menyehatkan rambut

5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan Tubuhnutritionstudies.org

Terkadang tidak sedikit orang yang mengalami kerontokan rambut hingga mengalami kebotakan.

Ada banyak faktor yang membuat rambut rontok, salah satunya karena adanya penyakit atau karena kekurangan vitamin. Untuk itu mengonsumsi air rebusan kacang hijau bisa menjadi solusinya. Hal ini karena air rebusan kacang hijau mengandung zinc yang bagus untuk kesehatan rambut. Zinc dapat membantu menormalkan hormon pada rambut sehingga bisa mengatasi masalah kerontokan.

Demikianlah 5 manfaat mengonsumsi air rebusan kacang hijau bagi kesehatan. Sayangi tubuhmu dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan menyehatkan. Sebab jika tubuhmu sehat, kamu bisa beraktivitas dengan lancar. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Hazelnut untuk Kesehatan dan Kecantikanmu 

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya